Vitaquin

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Nama Generik: Vitaquin Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa vitaquin digunakan?

Vitaquin adalah salah satu merek obat yang tersedia dalam bentuk krim. Dalam obat ini, terkandung bahan aktif utama berupa hydroquinone.

Obat ini biasanya digunakan untuk mencerahkan kembali kulit yang menghitam atau kulit yang belang. Biasanya, kondisi ini disebut dengan hiperpigmentasi, melasma, bintik hitam, dan masih banyak lagi. Kondisi ini umumnya disebabkan karena kehamilan, penggunaan pil kontrasepsi, obat hormon, atau cidera pada kulit.

Obat ini hanya bisa dibeli atau didapatkan dengan resep dokter. Jadi, jika Anda hendak membelinya di apotek, Anda tidak bisa membelinya secara bebas.

Bagaimana cara penggunaan vitaquin?

Untuk mendapatkan manfaat dari obat ini secara maksimal, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tata cara penggunaan obat yang tepat, seperti berikut.

  • Ikuti petunjuk penggunaan obat yang terdapat pada kemasan atau yang telah diberikan dokter melalui catatan resep.
  • Sebelum mengoleskan krim obat ini ke area yang bermasalah, cobalah untuk menggunakan obat ini pada area kulit yang tidak mengalami masalah dan tunggu hingga 24 jam untuk melihat apakah ada gejala efek samping yang serius. Jika Anda mengalami efek samping seperti kulit mengelupas, kulit gatal, hingga membengkak, jangan gunakan obat dan segera beri tahu dokter.
  • Jika Anda sudah memastikan bahwa obat ini aman untuk kulit Anda, Anda baru boleh mengoleskan obat ini di area yang bermasalah.
  • Gunakan obat ini dua kali dalam sehari atau sesuai dengan dosis yang telah ditentukan oleh dokter pada catatan resep.
  • Obat ini hanya boleh digunakan di area kulit. Jangan dikonsumsi.
  • Hindari penggunaan obat ini di area mata atau di bagian dalam mulut dan hidung. Jika obat ini tidak sengaja mengenai area-area tersebut, siram dengan air dalam jumlah banyak.
  • Penggunaan obat ini akan membuat Anda lebih sensitif terhadap matahari. Oleh karena itu, saat menggunakan obat ini, gunakan tabir surya dan hindari paparan sinar matahari yang berlebih.
  • Untuk mendapatkan manfaat penggunaan obat ini secara maksimal, gunakan obat ini secara rutin setiap hari.

Bagaimana cara penyimpanan vitaquin?

Jika Anda ingin menggunakan obat ini, Anda juga harus mempelajari cara penyimpanan obat, termasuk:

  • Obat ini paling baik disimpan di dalam tempat dengan suhu ruang. Jangan menyimpannya di tempat yang terlalu dingin atau terlalu panas.
  • Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari atau cahaya langsung.
  • Jauhkan pula obat ini dari tempat yang lembap, seperti di dalam kamar mandi.
  • Jangan menyimpan obat ini di dalam freezer hingga membeku.
  • Jauhkan obat ini dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.
  • Kandungan utama dari obat ini, hydroquinone, tersedia dalam berbagai merek lain. Merek lain mungkin memiliki tata cara penyimpanan yang berbeda dengan vitaquin.

Sementara, jika Anda sudah tidak menggunakan obat ini lagi, atau jika obat sudah habis masa berlakunya, Anda harus segera membuang obat ini. Tetapi, ketahui tata cara yang tepat dan aman untuk membuang produk obat karena dapat mencemari lingkungan.

Jangan membuang obat bersama dengan sampah rumah tangga lainnya, karena dapat mencemari lingkungan. Tetapi, jangan pula membuang obat ini di toilet atau saluran pembuangan air lainnya.

Jika Anda tidak yakin mengenai cara membuang obat yang aman, tanyakan kepada apoteker mengenai cara membuang obat yang tepat.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis vitaquin untuk orang dewasa?

Dosis dewasa untuk masalah kulit (kloasma, melasma, bintik hitam, hiperpegmentasi)

Gunakan dengan cara dioleskan di area yang bermasalah sebanyak dua kali dalam sehari.

Bagaimana dosis vitaquin untuk anak-anak?

Dosis anak-anak untuk masalah kulit (kloasma, melasma, bintik hitam, hiperpegmentasi)

Untuk anak usia 13 tahun ke atas: Gunakan dengan cara dioleskan di area yang bermasalah sebanyak dua kali dalam sehari.

Dalam dosis apa vitaquin tersedia?

Vitaquin mengandung 5% hydroquanine, tersedia dalam bentuk krim 15 gram. 

Efek Samping

Apa efek samping yang mungkin terjadi dari penggunaan vitaquin?

Sama halnya dengan penggunaan obat-obatan lain, penggunaan vitaquin juga dapat menimbulkan gejala efek samping obat. Gejala ini bisa berupa kondisi kesehatan yang ringan hingga yang cukup serius.

Efek samping yang paling sering terjadi di antaranya:

  • Iritasi ringan yang terjadi pada area kulit
  • Dermatitis
  • Kulit kering
  • Kulit kemerahan
  • Reaksi inflamasi

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena efek samping di atas akan hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Jika efek samping semakin memburuk atau tidak segera membaik, beri tahu dokter. Ada pula efek samping obat yang cukup serius, seperti:

  • Kulit merasakan sensasi seperti terbakar
  • Kulit kekeringan hingga retak dan berdarah
  • Kulit mengelupas
  • Kulit berubah menjadi warna biru atau hitam

Jika Anda mengalami gejala efek samping seperti yang baru disebutkan di atas, hentikan penggunaan obat dan hubungi dokter agar segera mendapatkan perawatan medis.

Peringatan & Pencegahan

Apa yang harus diketahui sebelum menggunakan vitaquin?

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan vitaquin, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu mengenai aturan dan peringatan yang harus Anda ketahui, seperti:

  • Jangan menggunakan obat ini jika Anda memiliki alergi terhadap vitaquin atau kandungan utamanya, yaitu hydroquinone.
  • Tanyakan kepada dokter atau apoteker apakah obat ini aman digunakan jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu seperti gangguan liver, masalah ginjal, asma, atau jika Anda menggunakan obat antibiotik.
  • Jangan berikan obat ini kepada anak yang usianya di bawah 12 tahun tanpa pengawasan medis.
  • Jangan menggunakan obat ini di luka yang terbuka atau masih basah, kulit yang baru terbakar matahari, kulit kering, atau kulit iritasi.

Apakah vitaquin aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui?

Masih belum dapat diketahui dengan pasti apakah obat ini aman untuk digunakan oleh ibu hamil dan menyusui.

Namun, vitaquin masuk ke dalam risiko kehamilan kategori C oleh Food and Drugs Administration (FDA) atau setara dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Indonesia. Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •     A= Tidak berisiko,
  •     B= Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •     C= Mungkin berisiko,
  •     D= Ada bukti positif dari risiko,
  •     X= Kontraindikasi,
  •     N= Tidak diketahui

Oleh karenanya, tanyakan kepada dokter atau apoteker jika Anda ingin menggunakan obat ini. Pastikan Anda telah mengetahui potensi manfaat dan risikonya. Hanya gunakan obat ini jika Anda benar-benar membutuhkannya.

Interaksi

Obat-obatan apa yang dapat berinteraksi dengan vitaquin?

Interaksi antar obat bisa terjadi jika Anda menggunakan vitaquin bersamaan dengan obat luar lainnya. Jika berinteraksi, ada beberapa hal yang mungkin terjadi, di antaranya cara kerja obat bisa berubah. Selain itu, ada juga kemungkinan efek samping meningkat. Di sisi lain, interaksi antar obat yang terjadi mungkin menjadi bentuk pengobatan terbaik untuk kondisi Anda.

Maka dari itu, beri tahu dokter mengenai segala jenis obat yang Anda gunakan, mulai dari obat resep, non resep, multivitamin, produk herbal, hingga suplemen makan. Jangan mengubah, memulai, atau menghentikan dosis penggunaan obat tanpa sepengetahuan dokter.

Apa makanan dan alkohol yang dapat berinteraksi dengan vitaquin?

Makanan dan alkohol juga dapat berinteraksi dengan obat yang Anda gunakan. Namun, mengingat obat ini hanya obat luar, kemungkinan terjadi interaksi amatlah kecil. Meski begitu, Anda tetap harus menanyakan kepada dokter untuk mendapatkan info lebih lanjut.

Apa kondisi kesehatan yang dapat berinteraksi dengan vitaquin?

Selain obat dan makanan, kondisi kesehatan Anda juga bisa berinteraksi dengan vitaquin. Interaksi yang terjadi mungkin berakibat buruk pada kondisi Anda atau justru meningkatkan efek samping penggunaan obat.

Namun, vitaquin yang hanya digunakan di area kulit ini mungkin tidak bisa berinteraksi dengan kondisi kesehatan yang terjadi di dalam tubuh Anda.

Tanyakan kepada dokter atau apoteker apakah obat ini aman untuk digunakan. Beri tahu dokter segala jenis kondisi kesehatan yang Anda telah atau sedang Anda alami saat hendak menggunakan obat.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan dalam kondisi gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan jika melewatkan satu dosis?

Jika Anda melupakan satu dosis penggunaan obat ini, segera gunakan dosis yang terlupa. Namun, jika waktu telah menunjukkan untuk menggunakan dosis berikutnya, lupakan dosis yang terlewat dan gunakan dosis berikutnya sesuai jadwal biasanya. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Direview tanggal: April 20, 2016 | Terakhir Diedit: November 8, 2019

Sumber