Ryzodeg

Ryzodeg

Ryzodeg adalah obat yang digunakan untuk menangani diabetes melitus pada orang dewasa, remaja, dan anak-anak dari umur 2 tahun. Ketahui lebih lanjut mengenai penggunaan, aturan pakai, dan informasi terkait lainnya pada ulasan berikut.

Golongan obat: Obat Diabetes

Kandungan obat: Insulin degludec 2,56 mg, insulin aspart 1,05 mg

Apa itu Ryzodeg?

Ryzodeg adalah kombinasi dari dua jenis insulin buatan, yaitu insulin aspart dan insulin degludec.

Lebih tepatnya, obat ini terdiri atas 70 persen insulin degludec dan 30 persen insulin aspart. Itulah sebabnya, obat ini juga dikenal dengan nama Insulin Ryzodeg 70/30.

Penggunaan obat ini dapat membantu menjaga kadar gula darah pada pasien dengan diabetes, baik itu diabetes tipe satu maupun diabetes tipe dua.

Namun, insulin ini tidak diperuntukkan penggunaannya bagi pasien dengan diabetes ketoasidosis.

Insulin aspart yang terkandung dalam Ryzodeg merupakan fast-acting insulin yang dapat bekerja dengan sangat cepat.

Sementara itu, insulin degludec merupakan long-acting insulin yang memiliki masa kerja dalam tubuh lebih lama.

Kombinasi kedua insulin ini mulai bekerja dalam 10 – 20 menit setelah injeksi dilakukan dan mencapai puncak masa kerjanya dalam satu jam.

Ryzodeg juga dapat bekerja selama 24 jam atau bahkan lebih. Insulin kombinasi seperti Ryzodeg disebut juga insulin premix.

Sediaan dan dosis obat Ryzodeg

aturan pakai sediaan injeksi

Ryzodeg tersedia dalam bentuk cairan yang jernih dan bening untuk injeksi dengan kekuatan 300 unit/3 ml (30 unit/ml, 70 unit/ml), 90 unit/3 ml. Kemasan 5 pena yang sudah terisi masing-masing 3 ml.

Melansir dari MIMS, dosis obat ini disesuaikan dengan sediaan, kegunaan, dan usia pasiennya dengan rincian sebagai berikut.

  • Diabetes melitus tipe 1. Dosis awal, yakni 60 – 70% kebutuhan harian dosis insulin. Gunakan sekali dalam sehari pada kombinasi dengan insulin kerja cepat, kemudian dilanjutkan dengan dosis yang besarnya disesuaikan secara individual.
  • Diabetes melitus tipe 2. Dosis awal, yakni 10 unit dosis harian total dilanjutkan dengan dosis yg disesuaikan secara individual.

Ryzodeg dapat diberikan satu atau dua kali dalam sehari.

Namun, dosis Ryzodeg dapat disesuaikan, ditunda, atau dihentikan tergantung pada jumlah darah dan bagaimana Anda mentolerir obat selama setiap siklus pengobatan.

Oleh karena itu, pastikan Anda selalu mengikuti petunjuk dokter ketika menggunakannya.

Efek samping obat Ryzodeg

Dapatkan bantuan darurat medis jika Anda mendapati gejala reaksi alergi Ryzodeg yang ditandai dengan gatal, ruam, bersin-bersin, kelelahan, kesulitan bernapas, hingga bengkak pada wajah, bibir, atau lidah.

Segera hubungi dokter jika Anda mengalami seperti kondisi di bawah ini.

  • Kelebihan cairan, ditandai dengan penambahan berat badan, bengkak pada tangan dan kaki, perasaan napas yang memendek.
  • Kekurangan kalium, ditandai dengan kram pada kaki, konstipasi, detak jantung tak beraturan, dada berdebar, rasa haus yang berlebihan, buang air kecil yang menjadi lebih sering, kesemutan atau mati rasa, lemah, dan perasaan lemas.

Beberapa efek samping yang umum terjadi akibat Ryzodeg meliputi berikut ini.

  • Rendahnya kadar gula darah.
  • Gatal atau ruam pada kulit.
  • Penebalan pada area kulit yang menjadi titik injeksi.

Ingatlah bahwa dokter Anda meresepkan obat tertentu karena menilai manfaatnya yang lebih besar daripada risiko efek samping yang mungkin muncul.

Hampir semua obat memiliki efek samping, tetapi dalam banyak kasus, jarang yang memerlukan perhatian serius.

Daftar di atas bukan merupakan daftar lengkap mengenai efek samping yang terjadi. Mungkin saja ada efek samping lain yang belum disebutkan di atas.

Diskusikan dengan dokter Anda mengenai efek samping yang Anda khawatirkan akan terjadi.

Peringatan dan perhatian saat pakai Ryzodeg

masalah kulit suntik insulin

Ada hal-hal penting yang perlu Anda ketahui tentang pemakaian obat Ryzodeg. Berikut adalah hal-hal penting tersebut.

  • Beri tahu kepada dokter jika memiliki alergi terhadap insulin aspart atau insulin degludec, dan sedang mengalami hipoglikemia.
  • Informasikan seluruh riwayat kesehatan Anda secara lengkap, baik penyakit yang pernah diderita maupun yang sedang diderita.
  • Beri tahu dokter jika memiliki penyakit ginjal atau hati, hipokalemia, atau kadar kalium yang rendah dalam darah, dan diabetes ketoasidosis.
  • Jangan melakukan aktivitas yang membutuhkan kewaspadaan tinggi, seperti menyetir, setelah melakukan injeksi sebelum mengetahui bagaimana respons tubuh.
  • Informasikan kepada dokter jika sedang mengonsumsi pioglitazone atau rosiglitazone (terkadang bercampur dalam obat yang dikombinasikan dengan glimepiride atau metformin). Mengonsumsi obat-obatan oral diabetes tertentu bersamaan dengan Ryzodeg bisa meningkatkan risiko penyakit jantung serius.
  • Beri tahu dokter jika sedang hamil atau merencanakan kehamilan. Penggunaan obat diabetes saat hamil hanya diizinkan apabila manfaatnya lebih besar dibandingkan dengan risiko yang mungkin menimpa pada janin.
  • Konsultasikan dengan dokter terkait penggunaan obat ini saat hamil dan menyusui. Dokter Anda mungkin akan memberikan alternatif pengobatan diabetes lain selama hamil

Apabila Anda ragu untuk memastikan kondisi tersebut, konsultasikanlah dengan dokter untuk menjalani pemeriksaan medis terlebih dahulu.

Apakah Ryzodeg aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Studi yang dilakukan pada hewan telah memperlihatkan adanya efek samping pada janin. Namun, belum ada studi terkontrol pada wanita ataupun ibu menyusui mengenai penggunaan Ryzodeg.

Konsultasikan dengan dokter Anda terkait pemberian obat ini. Obat ini hanya boleh diberikan jika manfaatnya melebihi besarnya risiko terhadap janin.

Menurut Food and Drugs Administration (FDA) Amerika Serikat, obat ini diketahui masuk ke dalam risiko kehamilan kategori C (mungkin berisiko).

Obat ini juga diketahui ikut mengalir keluar bersamaan dengan ASI pada percobaan yang dilakukan ke hewan.

Kendati begitu, tidak diketahui apakah kombinasi suntik insulin ini juga ikut keluar melalui ASI pada manusia.

Konsultasikan dengan dokter Anda terkait penggunaan Ryzodeg saat menyusui.

Interaksi obat Ryzodeg dengan obat lain

insulin degludec

Beberapa obat tertentu tidak bisa dikonsumsi bersamaan karena dapat menimbulkan interaksi obat.

Interaksi obat dapat menyebabkan obat yang Anda konsumsi tidak dapat bekerja dengan baik atau meningkatkan risiko terjadinya efek samping.

Meski begitu, terkadang dokter meresepkan kedua obat secara bersamaan jika dibutuhkan.

Dalam keadaan itu, dokter akan melakukan penyesuaian dosis dan memberikan arahan kepada Anda mengenai petunjuk mengonsumsi obat.

Berikut adalah daftar produk yang mungkin berinteraksi dengan insulin Ryzodeg.

Daftar di atas bukan merupakan daftar lengkap dari produk yang mungkin berinteraksi.

Sampaikan kepada dokter jika Anda menggunakan produk di atas dan seluruh produk yang Anda konsumsi termasuk yang diresepkan ataupun tidak diresepkan, vitamin, dan obat herbal.

Perlu Anda ketahui, buang produk ini bila masa berlaku obat telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi.

Konsultasikan kepada apoteker atau instansi pembuangan sampah setempat mengenai bagaimana cara aman membuang obat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

Apt. Seruni Puspa Rahadianti, S.Farm.

Farmasi · Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita


Ditulis oleh Adhenda Madarina · Tanggal diperbarui 01/08/2022

Iklan
Iklan
Iklan
Iklan