home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Aturan Minum Obat Cefadroxil 500 mg

Aturan Minum Obat Cefadroxil 500 mg

Obat cefadroxil 500 mg dapat mengobati berbagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri selama dikonsumsi sesuai aturan pakai dan dosis yang aman. Hal ini penting karena pengonsumsian obat sefadroksil yang sembarangan bisa berisiko menyebabkan efek samping bagi kesehatan.

Cefadroxil 500 mg termasuk jenis obat keras yang memerlukan resep dokter. Ada banyak merek obat-obatan yang mengandung cefadroxil. Selalu ingat untuk memeriksa kandungan dan membaca aturan pemakaian obat yang tertera pada kemasan.

Cara pakai obat cefadroxil 500 mg

Pastikan untuk membaca petunjuk pada kemasan obat dan mengikuti anjuran dokter dalam mengonsumsi cefadroxil. Jangan mengubah dosis cefadroxil kecuali disarankan oleh dokter Anda. Sangat disarankan untuk menghabiskan semua dosis yang sudah diberikan oleh dokter, walau Anda sudah merasa sehat. Hal ini dilakukan untuk mencegah kembalinya infeksi.

Minumlah cefadroxil dengan air putih. Jangan mengunyah atau membuka kapsul cefadroxil. Cefadroxil bisa diminum sebelum atau sesudah makan. Untuk memaksimalkan keefektifannya, konsumsi cefadroxil tiap hari pada jam yang sama. Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya.

Ketika tidak sengaja melewatkan dosis cefadroxil, segera minum begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan mengganti dosis yang terlewat dengan menggandakan dosis cefadroxil pada jadwal berikutnya. Jangan berbagi antibiotik dengan orang lain. Obat yang Anda konsumsi belum tentu cocok dengan orang lain dan bahkan bisa membahayakan kesehatan mereka.

Dosis yang dianjurkan untuk obat cefadroxil 500 mg

Di apotek, obat cefadroxil tersedia dalam bentuk tablet untuk dewasa dan sirup untuk anak-anak. Masing-masing memiliki komposisi pada obat tablet yaitu cefadroxil 500 mg. Sementara untuk cefadroxil sirup tersedia dalam cefadroxil 125 mg untuk setiap 5 ml. Berikut dosis cefadroxil 500 mg yang dianjurkan.

  • Obat infeksi pada saluran pernapasan atas. Dosis dewasa yang dianjurkan adalah tablet 500 mg yang diberikan sebanyak dua kali sehari atau tablet 1 gram yang diberikan sebanyak satu kali sehari selama 7 sampai 10 hari berturut-turut.
  • Mengobati infeksi pada tenggorokan dosis dewasa yang dianjurkan adalah tablet 500 mg yang diberikan sebanyak dua kali sehari atau tablet 1 gram yang diberikan sebanyak satu kali sehari selama 10 hari berturut.
  • Obat infeksi pada kulit dan jaringan lunak dosis dewasa yang dianjurkan adalah tablet 500 mg yang diberikan sebanyak dua kali sehari atau tablet 1 gram yang diberikan sebanyak satu kali sehari.
  • Obat penyakit infeksi pada anak dosis anak – anak yang dianjurkan adalah cefadroxil sirup 30 mg/kg berat badan/hari yang pemberiannya dibagi dalam dua dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Cefadroxil Capsules. https://www.drugs.com/pro/cefadroxil-capsules.html. Accessed 31/01/2017.

Cefadroxil. http://www.webmd.com/drugs/2/drug-1756-384/cefadroxil-oral/cefadroxil—oral/details. Accessed 31/01/2017.

CEFADROXIL 500MG CAPSULES. https://www.drugs.com/uk/cefadroxil-500mg-capsules-leaflet.html. Accessed 31/01/2017.

What Is Cefadroxil?. http://www.everydayhealth.com/drugs/cefadroxil. Accessed 31/01/2017.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Yuliati Iswandiari Diperbarui 2 minggu lalu
Fakta medis diperiksa oleh Admin HHG
x