home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Tiotropium Bromide

Tiotropium Bromide
Tiotropium Bromide Obat Apa?|Dosis Tiotropium Bromide|Efek samping Tiotropium Bromide|Peringatan dan Perhatian Obat Tiotropium Bromide|Interaksi Obat Tiotropium Bromide

Tiotropium Bromide Obat Apa?

Untuk apa obat Tiotropium Bromide digunakan?

Tiotropium adalah obat untuk mengontrol dan mencegah gejala yang disebabkan oleh penyakit paru-paru yang sedang berlangsung (penyakit paru-paru obstruktif kronis, yang meliputi bronkitis dan emfisema), misalnya suara mengi dan sesak napas.

Obat ini bekerja dengan merelaksasi otot-otot di sekitar saluran pernapasan sehingga membuka dan Anda dapat bernapas lebih mudah. Tiotropium termasuk dalam kelas obat yang dikenal sebagai antikolinergik. Mengontrol gejala masalah pernapasan dapat melancarkan aktivitas Anda sehari-hari.

Obat ini harus digunakan secara teratur agar bekerja secara efektif. Obat ini tidak bekerja dengan cepat dan tidak boleh digunakan untuk meringankan masalah pernapasan yang tiba-tiba. Jika mengi atau sesak napas tiba-tiba terjadi, gunakan inhaler bantuan cepat Anda (seperti albuterol, juga disebut salbutamol di beberapa negara) seperti yang ditentukan.

Bagaimana aturan pakai obat Tiotropium Bromide?

Ikuti petunjuk dalam melakukan semprotan uji di udara jika Anda menggunakan inhaler untuk pertama kalinya atau jika Anda belum menggunakannya selama lebih dari 3 hari atau lebih dari 21 hari. Pastikan untuk menyemprot jauh dari wajah sehingga tidak terkena mata Anda. Kabut yang bergerak lambat merupakan tanda bahwa inhaler tersebut bekerja dengan benar.

Hirup obat ini melalui mulut seperti yang diarahkan oleh dokter Anda, biasanya 2 semprotan sekali sehari. Jangan menghirup lebih dari 2 semprotan dalam 24 jam.

Jauhkan obat ini dari mata Anda. Obat ini dapat menyebabkan sakit mata/iritasi, penglihatan kabur sementara, dan perubahan penglihatan lainnya. Oleh karena itu, ketika menggunakan inhaler, rapatkan bibir Anda pada corong inhaler.

Bilas mulut Anda setelah menggunakan inhaler untuk mencegah mulut kering dan iritasi tenggorokan.

Jika Anda menggunakan inhaler lain pada saat yang sama, tunggu setidaknya 1 menit antara penggunaan masing-masing obat.

Gunakan secara teratur untuk mendapatkan manfaat penuh dari obat ini. Untuk membantu Anda ingat, gunakan pada waktu yang sama setiap hari.

Jangan meningkatkan dosis atau menggunakan obat ini lebih sering atau lebih lama dari yang ditentukan. Kondisi Anda tidak akan pulih lebih cepat dan risiko efek samping akan meningkat.

Bersihkan corong inhaler setidaknya sekali seminggu sesuai yang diarahkan.

Pelajari inhaler mana yang harus Anda gunakan setiap hari dan mana yang harus Anda gunakan jika napas Anda tiba-tiba memburuk (obat-obatan bantuan cepat). Tanyakan kepada dokter Anda apa yang harus Anda lakukan jika suatu saat Anda mengalami batuk baru atau batuk yang memburuk atau sesak napas, mengi, peningkatan sputum, bangun pada malam hari dengan kesulitan bernapas, jika Anda menggunakan inhaler bantuan cepat lebih sering, atau jika inhaler bantuan cepat Anda tampaknya tidak akan bekerja dengan baik. Pelajari bagaimana mengobati masalah pernapasan mendadak sendiri dan kapan saatnya Anda mendapatkan bantuan medis segera.

Beri tahu dokter jika gejala tidak membaik atau semakin memburuk.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara menyimpan Tiotropium Bromide?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis Tiotropium Bromide

Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Tiotropium Bromide?

Sebelum memutuskan untuk menggunakan obat ini, risiko penggunaan obat harus dipertimbangkan terhadap manfaatnya. Hal ini adalah keputusan Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, berikut yang harus dipertimbangkan:

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda pernah memiliki reaksi yang tidak biasa atau alergi terhadap obat ini atau obat-obatan lainnya. Selain itu beri tahu ahli kesehatan jika Anda memiliki jenis alergi lain, seperti terhadap makanan, pewarna, pengawet, atau hewan. Untuk produk non-resep, bacalah daftar bahan penyusun obat pada label atau kemasan dengan hati-hati.

Anak-anak

Studi yang tepat belum dilakukan pada hubungan usia terhadap efek inhalasi tiotropium dalam populasi anak-anak. Keamanan dan kemanjuran belum diketahui.

Orang tua

Studi yang tepat dilakukan sampai saat ini belum menunjukkan masalah khusus pada kelompok lanjut usia yang akan membatasi kegunaan inhalasi tiotropium pada golongan lansia.

Apakah obat Tiotropium Bromide aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA). (A = Tidak berisiko, B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian, C = Mungkin berisiko, D = Ada bukti positif dari risiko, X = Kontraindikasi, N = Tidak diketahui)

Efek samping Tiotropium Bromide

Apa efek samping Tiotropium Bromide yang mungkin terjadi?

Dapatkan bantuan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda reaksi alergi ini: mual, muntah, berkeringat, gatal-gatal, gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hubungi dokter Anda jika Anda memiliki salah satu dari efek samping yang serius berikut ini:

  • Mengi, nyeri dada atau sesak, kesulitan bernapas
  • Rasa sakit atau terbakar ketika buang air kecil
  • Penglihatan kabur, sakit mata atau mata kemerahan, melihat lingkaran cahaya di sekitar lampu
  • Denyut jantung cepat
  • Luka atau bercak putih pada mulut, bibir, atau lidah
  • Kencing lebih sedikit dari biasanya atau tidak sama sekali

Efek samping yang kurang serius mungkin termasuk:

  • Mulut kering
  • Sembelit, sakit perut, muntah
  • Gejala pilek seperti hidung tersumbat, bersin, sakit tenggorokan
  • Mimisan
  • Nyeri otot

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Peringatan dan Perhatian Obat Tiotropium Bromide

Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Tiotropium Bromide?

Meskipun obat-obat tertentu tidak boleh digunakan bersamaan sekaligus, dalam kasus lain dua obat yang berbeda dapat digunakan bersama bahkan jika interaksi mungkin terjadi. Dalam kasus ini, dokter Anda mungkin dapat mengubah dosis atau melakukan tindakan pencegahan lainnya mungkin diperlukan. Beri tahu ahli kesehatan Anda jika Anda sedang mengonsumsi obat resep atau obat non resep lainnya yang beredar di pasaran

Menggunakan obat ini dengan salah satu obat-obatan berikut biasanya tidak dianjurkan, tapi mungkin diperlukan dalam beberapa kasus. Jika kedua obat yang diresepkan bersamaan, dokter Anda dapat mengubah dosis atau mengatur seberapa sering Anda menggunakan salah satu atau kedua obat.

  • Bupropion
  • Donepezil
  • Morphine
  • Morphine Sulfate Liposome
  • Oxymorphone
  • Umeclidinium

Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Tiotropium Bromide?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Tiotropium Bromide?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat memengaruhi penggunaan obat ini. Beri tahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain, seperti:

  • Alergi terhadap protein susu
  • Sulit buang air kecil
  • Pembesaran prostat
  • Glaukoma, sudut sempit
  • Penyumbatan kandung kemih – Gunakan dengan hati-hati. Mungkin membuat kondisi lebih buruk.
  • Penyakit ginjal, sedang sampai parah – Gunakan dengan hati-hati. Efek dapat ditingkatkan karena pembersihan obat lebih lambat dari tubuh

Interaksi Obat Tiotropium Bromide

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis obat Tiotropium Bromide untuk dewasa?

Dosis Dewasa Biasa untuk Penyakit Paru-paru Obstruktif Kronik – Pemeliharaan

Tiotropium inhalasi bubuk, kapsul keras

-18 Mcg (2 inhalasi) sekali sehari menggunakan perangkat HandiHaler

Tiotropium, larutan untuk inhalasi

-5 Mcg (2 inhalasi) sekali sehari

Berapa dosis obat Tiotropium Bromide untuk anak-anak?

Keamanan dan efektivitas belum diketahui pada pasien anak-anak (kurang dari 18 tahun).

Dalam dosis dan sediaan apa Tiotropium Bromide tersedia?

Semprot

Kapsul

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118/119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Gejala overdosis mungkin termasuk:

  • Mulut kering
  • Sakit perut
  • Sembelit
  • Tangan bergetar yang tidak dapat Anda kontrol
  • Perubahan dalam pemikiran
  • Penglihatan kabur
  • Mata merah
  • Detak jantung cepat
  • Sulit buang air kecil

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Tiotropium Bromide. http://www.mims.com/indonesia/drug/info/tiotropium%20bromide?mtype=generic

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi
Tanggal diperbarui 28/07/2017
x