home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Zinacef

Penggunaan|Peringatan|Efek Samping|Interaksi Obat|Dosis
Zinacef

Penggunaan

Apa fungsi Zinacef?

Zinaceft adalah obat yang biasa digunakan untuk mengobati infeksi bakteri atau mencegah infeksi bakteri sebelum, selama, atau setelah operasi tertentu.

Zinaceft merupakan antibiotik sefalosporin yang bekerja dengan membunuh bakteri yang sensitif.

Bagaimana cara pakai Zinacef?

Gunakan Zinaceft sesuai arahan dokter Anda. Periksa label pada obat untuk petunjuk dosis yang tepat.

Zinaceft biasanya diberikan sebagai injeksi di ruang dokter, rumah sakit atau klinik. Jika akan menggunakan Zinaceft di rumah, dokter akan mengajarkan cara penggunaannya. Pastikan Anda memahami bagaimana cara menggunakan Zinaceft. Ikuti prosedur yang telah diajarkan ketika Anda menggunakan dosis. Hubungi dokter jika Anda memiliki pertanyaan. Untuk menghilangkan infeksi sepenuhnya, gunakan Zinaceft selama jangka waktu pengobatan selengkapnya. Tetap gunakan meskipun Anda telah merasa lebih baik dalam beberapa hari.

Jangan gunakan jika Zinaceft mengandung partikel, berkabut, atau berubah warna, atau jika tabung retak atau rusak.

Jauhkan produk beserta suntikan dan jarumnya dari jangkuan anak-anak dan hewan peliharaan. Jangan gunakan kembali jarum, suntikan, atau bahan lainnya. Tanyakan pada dokter cara membuang bahan-bahan ini setelah pemakaian. Ikuti aturan lokal mengenai pembuangan.

Tanyakan pada dokter jika Anda memiliki pertanyaan mengenai cara pemakaian Zinaceft.

Bagaimana cara menyimpan Zinacef?

Zinaceft biasanya ditangani dan disimpan oleh penyedia layanan medis. Jika Anda menggunakan Zinaceft di rumah, simpan sesuai arahan apoteker atau dokter Anda.

Peringatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Apa yang harus saya perhatikan sebelum menggunakan Zinacef?

Sebelum menggunakan Zinaceft, beri tahu dokter atau apoteker jika Anda alergi terhadapnya, atau terhadap sefalosporin lainnya, atau terhadap penisilin, atau jika Anda memiliki alergi lainnya. Produk ini mungkin mengandung bahan non-aktif yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lainnya. Konsultasikan pada apoteker untuk inforamsi lebih lanjut.

Sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dokter atau apoteker mengenai riwayat medis Anda, terutama penyakit ginjal, penyakit hari, penyakit perut/usus (misal kolitis). Beri tahu dokter jika Anda hamil sebelum menggunakan obat ini.

Apakah Zinacef aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Jika Anda kemudian hamil, hubungi dokter Anda. Anda harus mendiskusikan mengenai manfaat dan risiko penggunaan Zinaceft selama masa kehamilan. Zinaceft ditemukan dalam ASI. Jika Anda sedang atau akan menyusui selama menggunakan Zinaceft, konsultasikan pada dokter Anda. Diskusikan setiap kemungkinan risiko pada bayi Anda.

Efek Samping

Apa efek samping Zinacef yang mungkin terjadi?

Semua obat dapat menyebabkan efek samping, namun banyak orang yang tidak atau hanya mengalami efek samping ringan. Periksakan ke dokter jika satupun efek samping paling umum berikut membandel atau menjadi mengganggu: nyeri, pembengkakan atau kemerah-merahan di daerah injeksi.

Segera cari bantuan medis jika satupun efek samping parah berikut terjadi: reaksi alergi parah (ruam, gatal-gatal, kesulitan bernapas, dada sesak, pembengkakan mulut, wajah, bibir atau lidah), tinja hitam atau berdarah, buang air kecil menurun, demam, kedingingan atau sakit tenggorokan, kehilangan pendengaran, kejang, diare parah, mual atau muntah, nyeri atau kram perut, memar atau pendarahan tak biasa, iritasi atau sekresi vagina, pembengkakan pembuluh darah di daerah injeksi, menguning pada kulit atau mata.

Ini bukanlah daftar lengkap semua efek samping yang dapat terjadi. Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai efek samping, hubungi penyedia layanan kesehatan. Hubungi dokter Anda untuk meminta saran medis mengenai efek samping.

Interaksi Obat

Obat apa saja yang tak boleh dikonsumsi bersamaan dengan Zinacef?

Beberapa obat dapat berinteraksi dengan Zinaceft. Beri tahu dokter jika Anda menggunakan obat lain, terutama dari yang berikut:

  • Anioglikosida (misal tobramycin) atau diuretik (misal furosemide) karena risiko masalah ginjal dapat meningkat.
  • Antikoagulan (misal warfarin) karena risiko efek sampingnya dapat meningkat karena Zinaceft.

Ini bukanlah daftar lengkap semua interaksi yang dapat terjadi. Tanyakan pada dokter apakah Zinaceft akan berinteraksi dengan obat lain yang Anda gunakan. Konsultasikan pada dokter sebelum Anda memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat.

Apakah ada makanan dan minuman yang tak boleh dikonsumsi saat menggunakan Zinacef?

Zinaceft dapat berinteraksi dengan makanan atau alkohol dengan mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko efek samping serius. Konsultasikanlah pada dokter atau apoteker mengenai potensi interaksi makanan atau alkohol sebelum menggunakan obat ini.

Apakah ada kondisi kesehatan tertentu yang harus menghindari Zinacef?

Zinaceft dapat berinteraksi dengan kondisi kesehatan Anda. Interaksi ini dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda atau mengubah cara kerja obat. Penting untuk selalu memberi tahu pada dokter dan apoteker mengenai semua kondisi kesehatan yang sedang Anda alami.

Dosis

Informasi berikut ini tidak bisa dijadikan pengganti resep dokter. Anda HARUS berkonsultasi dengan dokter atau apoteker sebelum menggunakan Zinacef.

Berapa dosis Zinacef untuk orang dewasa??

Kisaran dosis lazim dewasa untuk Zinaceft adalah 750 mg sampai 1.5 gram setiap 8 jam, biasanya selama 5 sampai 10 hari. Pada infeksi saluran kemih tanpa komplikasi, infeksi kulit dan struktur kulit, infeksi gonokokus yang menyebar luas, dan pneumonia tanpa komplikasi, dianjurkan dosis 750 mg setiap 8 jam. Pada infeksi parah atau dengan komplikasi, dianjurkan dosis 1.5 gram setiap 8 jam.

Pada infeksi tulang dan sendi, dianjurkan dosis 1.5 gram setiap 8 jam. Pada uji klinis, intervensi bedah dilakukan bila diindikasikan sebagai tambahan untuk terapi dengan Zinaceft. Serangkaian antibiotik diberikan saat diperlukan, setelah selesainya administrasi parenteral Zinaceft.

Pada infeksi yang mengancam nyawa, atau infeksi dikarenakan organisme yang kurang rentan, mungkin diperlukan dosis 1.5 gram setiap 6 jam. Pada meningitis bakteri, dosis tidak boleh melebihi 3 gram setiap 8 jam. Dosis anjuran untuk infeksi gonokokus tanpa komplikasi adalah 1.5 gram diberikan diberikan secara intramuskuler sebagai dosis satuan di 2 daerah yang berbeda dengan probenesid oral 1 gram. Untuk penggunaan pencegahan untuk prosedur bedah yang terkontaminasi atau berpotensi terkontaminasi, dianjurkan dosis 1.5 gram diberikan secara intravena sesaat sebelum operasi (sekitar setengah sampai 1 jam sebelum sayatan awal). Setelahnya, berikan 750 mg secara intravena atau intramuskuler setiap 8 jam ketika prosedur diperpanjang.

Untuk penggunaan pencegahan selama operasi jantung terbuka, dianjurkan dosis 1.5 gram diberikan secara intravena pada induksi anestesi dan setiap 12 jam setelahnya untuk total 6 gram.

Pengurangan dosis harus dilakukan ketika fungsi ginjal terganggu.

Berapa dosis Zinacef untuk anak?

Pasien anak-anak di atas usia 3 bulan:

Pemberian 50 sampai 100 mg/kg/hari dalam dosis yang dibagi rata setiap 6 sampai 8 jam telah berhasil untuk kebanyakan infeksi yang rentan terhadap cefuroxime. Dosis yang lebih tinggi 100 mg/kg/hari (tidak melebihi maksimal dosis dewasa) harus digunakan untuk infeksi yang lebih parah atau serius.

Pada infeksi tulang dan sendi, dianjurkan 150 mg/kg/hari (tidak melebihi maksimal dosis dewasa) dalam dosis yang dibagi rata setiap 8 jam. Dalam uji klinis, serangkaian antibiotik oral diberikan pada pasien anak-anak setelah selesainya administrasi parenteral Zinaceft.

Pada kasus meningitis bakteri, dianjurkan dosis Zinaceft yang lebih besar, 200 sampai 240 mg/kg/hari secara intravena dalam dosis yang dibagi setiap 6 sampai 8 jam.

Pada pasien anak-anak dengan insufisiensi ginjal, frekuensi dosis harus disesuaikan konsisten dengan anjuran untuk orang dewasa.

Dalam bentuk apa saja Zinacef tersedia?

Zinaceft tersedia dalam bentuk dan kekuatan dosis berikut: Cefuroxime (sebagai sodium) 750 mg, 1.5 g; IM atau IV; konten sodium 2.4 mEq/g.

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Overdosis sefalosporin dapat menyebabkan iritasi serebral yang mengakibatkan kejang-kejang. Kadar serum cefuroxime dapat dikurangi dengan hemodialisis dan dialisis peritoneal. Pada saat gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan kalau saya lupa minum/pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, langsung gunakan sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Zinacef, https://www.drugs.com/cdi/zinacef.html Accessed October 28, 2016.
Zinacef Dosage, https://www.drugs.com/dosage/zinacef.htmlAccessed October 28, 2016
Zinacef, http://www.rxlist.com/zinacef-drug/medication-guide.htmAccessed October 28, 2016
Zinacef Rx, http://www.empr.com/zinacef/drug/1830/Accessed October 28, 2016

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi Diperbarui 18/03/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri