Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Sodium Fluoride

Natrium fluorida atau sodium fluoride adalah obat yang biasa digunakan untuk menjaga kesehatan gigi. Konsumsinya dalam takaran yang tepat juga dapat memberikan manfaat bagi ibu hamil.

Golongan obat: Fluor

Merek dagang: Caviplex, Selviplex, Lexavit, Vitomil AF

Apa itu sodium fluoride?

sodium fluoride sering ditemui dalam bentuk pasta

Natrium fluorida atau sodium fluoride adalah obat yang biasa digunakan untuk menjaga kesehatan gigi Anda. Obat ini berguna untuk mencegah timbulnya lubang pada gigi, serta membuatnya lebih tahan terhadap kerusakan akibat asam dan bakteri.

Dilansir dari studi yang dirilis oleh American Journal of Obsetrics & Gynecology, disebutkan juga bahwa sodium fluoride berfungsi untuk menambah kebutuhan nutrisi pada ibu hamil. Konsumsinya diketahui dapat membuat anak memiliki gigi yang kuat.

Sediaan dan dosis sodium fluoride

Sebagai obat untuk menjaga kesehatan gigi, sodium fluoride umumnya tersedia dalam bentuk larutan, pasta, dan tablet. Sementara itu, sebagai asupan nutrisi, Anda dapat menemukan obat ini dalam bentuk suplemen.

Berikut dosis penggunaan natrium fluorida yang direkomendasikan:

Sodium fluoride cair

  • Dewasa: kumur-kumur menggunakan 10 ml larutan atau sesuai rekomendasi dokter selama 1 menit, kemudian ludahkan. Anda cukup melakukannya 1 kali dalam sehari.
  • Anak: dosis dan penggunannya sama seperti pada orang dewasa. Anda bisa juga mengikuti rekomendasi dosis yang tertera pada kemasan.

Sodium fluoride pasta

  • Dewasa: oleskan pasta gigi dengan kandungan sodium fluoride 2,8 mg sepanjang 1 cm di kepala sikat. Sikat gigi Anda dengan pasta tersebut secara menyeluruh pada pagi dan malam hari.
  • Anak (di bawah 10 tahun): dosis dan penggunannya sama seperti pada orang dewasa. Anda bisa juga mengikuti rekomendasi dosis yang tertera pada kemasan.

Sodium fluoride tablet

  • Anak: dosis yang diberikan bergantung pada usia anak, di antaranya 3-6 tahun 1,1 mg dan di atas 6 tahun 2,2 mg. Tablet dapat dibiarkan larut perlahan di mulut, dihisap, atau dikunyah. Anda juga bisa mengikuti dosis yang tertera pada kemasan.

Jika Anda hendak mengonsumsi natrium fluorida dalam bentuk hamil, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan dosis yang benar-benar tepat dan tidak memengaruhi kehamilan.

Efek samping sodium fluoride

penggunaan sodium fluoride berlebihan sebabkan perubahan warna gigi

Sama seperti obat-obatan lain, penggunaan natrium fluorida mungkin akan memicu sejumlah efek samping. Beberapa efek samping sodium fluoride, di antaranya:

  • Sakit kepala
  • Sakit perut
  • Tubuh terasa lemas
  • Perubahan warna gigi
  • Melemahnya enamel gigi

Pada beberapa orang, penggunaan obat ini dapat menimbulkan reaksi alergi parah seperti gatal-gatal, kesulitan bernapas, hingga pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan. Namun, ada juga orang yang tidak merasakan efek samping dari penggunaannya.

Segera periksakan diri Anda ke dokter jika penggunaan sodium fluoride memicu reaksi alergi. Anda juga berkonsultasi ke dokter jika mempunyai kekhawatiran terkait efek samping obat ini.

Peringatan dan perhatian obat sodium fluoride

Sebelum menggunakan obat tertentu, pertimbangkan risiko dan manfaatnya terlebih dahulu. Ini adalah keputusan yang harus dibuat Anda dan dokter Anda. Untuk sodium fluoride, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai menggunakan obat ini:

Alergi

Beri tahu dokter apabila Anda mengalami reaksi tak biasa atau alergi pada obat ini atau obat lain. Sampaikan juga jika Anda memiliki alergi tipe lain seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau alergi hewan. Untuk produk tanpa resep, baca label pada kemasan secara saksama

Anak-anak

Belum ditemukan masalah pada anak-anak dengan jumlah asupan harian normal yang direkomendasikan. Dosis sodium fluoride yang terlalu besar atau yang dalam waktu yang lama dapat menyebabkan masalah tulang dan perubahan warna gigi pada anak-anak.

Lansia

Belum ditemukan masalah pada lansia dengan jumlah asupan harian normal yang direkomendasikan. Orang tua memiliki risiko lebih mengalami nyeri sendi, masalah ginjal, atau sakit maag yang mungkin diperparah dengan menggunakan sodium fluoride dalam dosis besar. Anda harus memeriksakannya dengan perawat kesehatan profesional Anda.

Apakah obat sodium fluoride aman untuk ibu hamil dan menyusui?

sodium fluoride dalam bentuk suplemen ibu hamil

Dalam studi berjudul Association Between Maternal Fluoride Exposure During Pregnancy and IQ Scores in Offspring in Canada, disebutkan bahwa paparan sodium fluorida dapat berpengaruh buruk pada IQ anak. Namun, untuk penggunaan normal, belum ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui.

Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori B menurut US Food and Drugs Administration (FDA)

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  • A= Tidak berisiko,
  • B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  • C=Mungkin berisiko,
  • D=Ada bukti positif dari risiko,
  • X=Kontraindikasi,
  • N=Tidak diketahui

Interaksi obat sodium fluoride dengan obat lain

Hingga saat ini, belum ada temuan yang menjelaskan adanya interaksi sodium fluoride dengan obat lain. Namun, jika dikonsumsi dalam bentuk tablet atau suplemen, sebaiknya dilakukan 1 jam setelah mengonsumsi makanan dengan kandungan kalsium, magnesium dan alumunium agar tidak mengalami masalah dalam penyerapannya.

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Kesimpulan

Sodium fluoride berfungsi untuk menjaga kesehatan nutrisi dan memenuhi asupan nutrisi pada ibu hamil. Penggunaannya harus sesuai dosis yang tepat karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan jika berlebihan.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Green, R., Lanphear, B., Hornung, R., Flora, D., Martinez-Mier, E., & Neufeld, R. et al. (2019). Association Between Maternal Fluoride Exposure During Pregnancy and IQ Scores in Offspring in Canada. JAMA Pediatrics, 173(10), 940. doi: 10.1001/jamapediatrics.2019.1729

Glenn, F., Glenn, W., & Duncan, R. (1982). Fluoride tablet supplementation during pregnancy for caries immunity: A study of the offspring produced. American Journal Of Obstetrics And Gynecology, 143(5), 560-564. doi: 10.1016/0002-9378(82)90547-6

Fluoride (Sodium) Oral: Uses, Side Effects, Interactions, Pictures, Warnings & Dosing – WebMD. (2022). Retrieved 4 August 2022, from https://www.webmd.com/drugs/2/drug-503/fluoride-sodium-oral/details

Sodium Fluoride tablets. (2022). Retrieved 4 August 2022, from https://my.clevelandclinic.org/health/drugs/19833-sodium-fluoride-tablets

Sodium Fluoride dental paste. (2022). Retrieved 4 August 2022, from https://my.clevelandclinic.org/health/drugs/20267-sodium-fluoride-dental-paste

Common Uses of Sodium Fluoride | Livestrong.com. (2022). Retrieved 4 August 2022, from https://www.livestrong.com/article/344745-common-uses-of-sodium-fluoride/

Sodium fluoride: Indication, Dosage, Side Effect, Precaution | MIMS Indonesia. (2022). Retrieved 4 August 2022, from https://www.mims.com/indonesia/drug/info/sodium%20fluoride?mtype=generic

Cek Produk BPOM – BPOM RI. (2022). Retrieved 4 August 2022, from https://cekbpom.pom.go.id//home/produk/4e1p5etj3s862brmmrenk3l0or/all/row/10/page/1/order/4/DESC/search/5/natrium%20fluorida

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Bayu Galih Permana Diperbarui 4 days ago
Ditinjau secara medis oleh Apt. Seruni Puspa Rahadianti, S.Farm.