home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Pediasure

Penggunaan|Dosis|Peringatan|Efek Samping|Interaksi Obat|Dosis
Pediasure

Penggunaan

Apa fungsi Pediasure?

Pediasure, atau yang juga disebut dengan Pediasure Complete, adalah minuman serbuk bernutrisi yang dirancang khusus untuk anak-anak berusia 1 hingga 10 tahun. Minuman ini merupakan sumber gizi seimbang lengkap yang terdiri dari:

  • mikronutrisi (12 vitamin dan 7 mineral)
  • makronutrisi (protein, lemak, dan karbohidrat)
  • asam linolenat dan asam linoleat

Pediasure diformulasikan khusus untuk mengatasi masalah gizi pada anak-anak, seperti:

  • anak-anak dengan kebutuhan kalori dan nutrisi lebih karena kondisi medis tertentu
  • anak-anak yang mengalami kekurangan gizi atau malnutrisi karena susah makan atau kondisi medis tertentu

Apa saja manfaat Pediasure untuk anak-anak?

Produk Pediasure, bila digunakan dalam jumlah yang sesuai, dapat digunakan sebagai salah satu sumber gizi atau sebagai suplemen.

Berikut adalah beberapa manfaat dari minum Pediasure untuk anak-anak:

1. Menambah berat badan anak

Pediasure adalah minuman yang dapat membantu masalah pertumbuhan anak, terutama yang memiliki berat badan di bawah normal.

Pasalnya, minuman ini mengandung 3,9 gram lemak dalam setiap 100 ml. Selain itu, terdapat pula nutrisi lain yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak, seperti 3 gram protein, 13 gram karbohidrat, serta 0,45 gram serat dalam tiap sajiannya.

2. Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral

Selain mendukung tumbuh kembang anak, Pediasure juga memberikan asupan vitamin dan mineral yang penting untuk anak Anda.

Bagaimana cara mengonsumsi Pediasure?

Untuk membuat satu gelas Pediasure, campurlah sejumlah bubuk (tergantung pada jenis apa yang Anda gunakan) dengan sejumlah air.

Sisanya harus disimpan di freezer pada suhu 2-4 derajat Celcius tidak lebih 24 jam. Pastikan Anda hanya menggunakan sendok penakar yang tersedia di dalam kemasan minuman ini .

Untuk informasi lebih lanjut, baca aturan pakai dan peringatan yang tertera di label kemasan secara saksama.

Bagaimana cara menyimpan minuman ini?

Pediasure paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan.

Merek lain dari minuman nutrisi ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram Pediasure ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi.

Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi berikut ini tidak bisa dijadikan pengganti resep dokter. Anda HARUS berkonsultasi dengan dokter atau apoteker sebelum menggunakan Pediasure.

Berapa dosis Pediasure untuk orang dewasa?

2-3 porsi sehari tergantung pada masing-masing kebutuhan gizi individu.

Berapa dosis Pediasure untuk anak?

Pada umumnya, sajian yang dianjurkan untuk anak-anak usia 1 sampai 6 tahun adalah 1 gelas per hari.

Sementara itu, untuk anak-anak yang berusia 7 hingga 10 tahun dianjurkan untuk minum Pediasure sebanyak 2 gelas per hari.

Akan tetapi, jika anak Anda mengalami kondisi susah makan, sebaiknya anak Anda mengonsumsi minuman ini lebih banya, yaitu sekitar 2-3 gelas per hari.

Dalam bentuk apa saja minuman ini tersedia?

Pediasure tersedia dalam bentuk minuman serbuk kaleng dengan ukuran 450 gram dan 850 gram.

Peringatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Apa yang harus saya perhatikan sebelum menggunakan Pediasure?

Sebelum memutuskan untuk memberikan anak Anda Pediasure, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Bila perlu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak mengenai perlu atau tidaknya anak Anda mengonsumsi Pediasure.
  • Hindari memberikan minuman ini jika anak Anda memiliki kondisi galaktosemia, intoleransi laktosa kronis, atau alergi susu.
  • Pastikan juga anak Anda tidak memiliki alergi terhadap bahan lain yang terkandung dalam minuman ini, misalnya kacang atau gula.
  • Gunakan minuman ini sebagai pendamping untuk makanan utama anak Anda. Jika Anda ingin menambah berat badan anak, imbangi pemberian minuman ini dengan makanan lain yang kaya akan kalori dan lemak.
  • Jangan menghangatkan produk ini dengan microwave.

Apakah minuman ini aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan Pediasure pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Pediasure termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori A menurut US Food and Drugs Administration (FDA). Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  • A= Tidak berisiko,
  • B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  • C=Mungkin berisiko,
  • D=Ada bukti positif dari risiko,
  • X=Kontraindikasi,
  • N=Tidak diketahui

Efek Samping

Apa efek samping Pediasure yang mungkin terjadi?

Tidak ada efek yang tidak diinginkan yang dilaporkan. Dalam kasus apapun, apabila terjadi efek yang tidak diinginkan, Anda harus segera memberi tahu dokter.

Namun, tidak menutup kemungkinan anak yang memiliki alergi terhadap susu, galaktosemia, atau intoleransi laktosa, akan mengalami gejala-gejala di bawah ini setelah minum Pediasure:

  • diare
  • mual
  • muntah
  • kram perut
  • perut kembung
  • mudah rewel
  • penurunan berat badan drastis
  • kulit dan mata menguning (jaundice)
  • kejang

Interaksi Obat

Obat apa saja yang tak boleh dikonsumsi bersamaan dengan Pediasure?

Pediasure dapat berinteraksi dengan obat lain yang sedang Anda gunakan yang dapat mengubah cara obat Anda bekerja atau meningkatkan risiko efek samping yang serius.

Untuk menghindari interaksi obat, Anda harus menyimpan daftar semua obat yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat nonresep dan produk herbal) dan beritahu dokter dan apoteker.

Untuk keamanan Anda, jangan mulai menggunakan, berhenti menggunakan, atau mengubah dosis obat-obatan yang tercantum di bawah ini tanpa persetujuan dokter Anda.

Apakah ada makanan dan minuman yang tak boleh dikonsumsi saat menggunakan Pediasure?

Minuman ini mungkin dapat berinteraksi dengan makanan atau alkohol sehingga dapat mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko efek samping yang serius.

Silakan diskusikan dengan dokter atau apoteker Anda mengenai potensi interaksi makanan atau alkohol sebelum menggunakan obat ini.

Apakah ada kondisi kesehatan tertentu yang harus menghindari minuman ini?

Pediasure dapat berinteraksi dengan kondisi kesehatan Anda. Interaksi ini dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda atau mengubah cara kerja obat.

Penting untuk selalu membiarkan dokter dan apoteker tahu semua kondisi kesehatan Anda saat ini.

Dosis

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan kalau saya lupa minum/pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Informasi Produk Pediasure. (2020)

Pediasure® Powder – Abbott. (2020). Retrieved February 27, 2020, from https://nutrition.abbott/au/product/pediasure-powder/nutrition

Pediasure – MIMS Indonesia. (2016). Retrieved February 27, 2020, from https://www.mims.com/indonesia/drug/info/pediasure

Enteral Nutrition Formulas (Systemic) – Drugs.com. (n.d.). Retrieved February 27, 2020, from https://www.drugs.com/cons/pediasure.html

Galactosemia – MedlinePlus. (2019). Retrieved February 27, 2020, from https://medlineplus.gov/ency/article/000366.htm

Lactose intolerance – Mayo Clinic. (2018). Retrieved February 27, 2020, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/lactose-intolerance/symptoms-causes/syc-20374232

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ajeng Pratiwi Diperbarui 4 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.