home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apa Manfaat Obat Cefixime 100 mg?

Apa Manfaat Obat Cefixime 100 mg?

Bronkitis adalah infeksi saluran udara yang terjadi karena keluarnya lendir secara berlebih dari dinding bronkus. Kondisi ini berpotensi memicu menurunnya pasokan oksigen dalam tubuh manusia. Cefixime adalah salah satu antibiotik yang dapat mengatasi bronkitis, yang tersedia dalam takaran 100 mg dan 200 mg. Namun, bukan itu saja manfaat cefixime 100 mg. Penyakit apa lagi yang bisa disembuhkan dengan antibiotik ini?

Manfaat cefixime 100 mg

Cefixime adalah antibiotik yang digunakan untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri tertentu. Cefixime umumnya berupa bubuk beraroma strawberry yang telah dicampurkan air (siap pakai) oleh petugas medis, dikonsumsi melalui mulut dan seringnya diperuntukkan bagi anak-anak. Selain mengatasi bronkitis, cefixime juga mampu mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri lain, seperti:

  • Infeksi pada telinga
  • Infeksi pada hidung (termasuk sinus)
  • Infeksi pada kerongkongan (termasuk tonsilitis, faringitis)
  • Infeksi pada kandung kemih dan
  • Infeksi pada ginjal.

Siapa saja yang sebaiknya tidak minum cefixime?

Namun sebelum antibiotik ini Anda berikan kepada anak Anda, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, di antaranya:

  • Jika ternyata anak Anda alergi terhadap cefixime maupun kandungan lain di dalamnya dengan menampakkan gejala-gejala alergi seperti munculnya ruam, bengkak pada bibir, wajah, lidah dan kerongkongan serta kesulitan bernapas maupun menelan. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter Anda.
  • Jika ternyata anak Anda memiliki radang usus besar (kolitis) dan gangguan ginjal.
  • Jika anak Anda berusia kurang dari 6 bulan.
  • Bila ternyata anak Anda juga tengah dalam perawatan obat lain, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter Anda. Terkadang, terdapat obat yang akan mempengaruhi efek obat lain bila dikonsumsi secara bersamaan. Namun ada pula obat yang bisa dikelola penggunaannya tanpa terpengaruh efek perawatan dengan obat yang lainnya.
  • Bila anak Anda diminta untuk melakukan tes darah oleh dokter lain, pastikan dokter tersebut tau bahwa anak Anda tengah mengkonsumsi cefixime. Penggunaan cefixime mungkin saja berdampak kepada hasil dari tes darah tersebut.

Bagaimana aturan pakai cefixime 100 mg?

Dosis cefixime yang diberikan kepada anak Anda biasanya bergantung dari tinggi badan, berat badan, dan kondisi kesehatan anak Anda. Biasanya telah terdapat sendok khusus dalam kemasan berukuran 3.75 hingga 5 ml guna memudahkan Anda memberikan cefixime sesuai dosis yang diintruksikan oleh dokter Anda.

Dosis biasanya dapat diberikan dengan sekali pemberian maupun bisa dibagi menjadi 2 kali pemberian dalam waktu yang berbeda. Namun bila Anda merasa pemberian cefixime tidak terlalu memberi dampak terhadap kesehatan anak Anda, konsultasikan dulu dengan dokter Anda sebelum Anda menambah dosisnya atau mengganti pengobatan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Theresia Evelyn Diperbarui 05/10/2020
Fakta medis diperiksa oleh Admin HHG
x