home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Enervon C

Manfaat Enervon-C|Dosis|Efek Samping|Pencegahan & Peringatan|Interaksi|Overdosis
Enervon C

Manfaat Enervon-C

Untuk apa Enervon-C?

Enervon-C adalah adalah suplemen yang terdiri atas vitamin B kompleks dan vitamin C. Vitamin B kompleks baik untuk pertahanan tubuh serta membantu menjaga tubuh agar tetap sehat.

Sementara itu, vitamin C baik untuk tulang, otot, dan pembuluh darah. Selain itu, vitamin C juga berguna untuk menyerap zat besi yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah di dalam tubuh.

Suplemen ini bisa Anda dapatkan secara bebas di apotek dengan ataupun tanpa resep dokter. Utamanya, Enervon-C digunakan untuk meningkatkan energi, menjaga daya tahan tubuh, serta digunakan untuk pengobatan bagi pasien yang kekurangan vitamin B kompleks dan kekurangan vitamin C.

Bagaimana aturan minum Enervon-C?

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat mengonsumsi suplemen ini, yaitu:

  • Sebaiknya, suplemen multivitamin untuk daya tahan tubuh ini Anda minum satu kali sehari.
  • Suplemen ini lebih baik dikonsumsi saat setelah makan.
  • Minum obat ini dengan segelas air mineral atau 250 mililiter air.
  • Jangan menghancurkan atau mengunyah suplemen terlebih dahulu. Anda hanya boleh membelah suplemen menjadi dua jika ada garis pembaginya. Sebaiknya telan utuh suplemen ini.
  • Minum suplemen ini secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Untuk membantu memudahkan Anda mengingat, minum obat ini di waktu yang sama setiap hari.
  • Selalu ikuti aturan minum obat yang tertera di petunjuk kemasan suplemen ini. Jangan gunakan suplemen ini melebihi dosis yang dianjurkan.

Bagaimana cara menyimpan suplemen ini?

Suplemen multivitamin ini paling baik disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan Enervon-C dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di dalam kamar mandi dan jangan dibekukan di dalam freezer.

Merek lain dari suplemen yang mengandung vitamin ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan membuang produk ke dalam toilet atau saluran pembuangan kecuali diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlaku obat telah habis atau sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau instansi pembuangan sampah setempat mengenai bagaimana cara aman membuang obat Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis Enervon-C untuk orang dewasa?

  • Diminum, satu tablet sehari.
  • Atau, seperti yang dianjurkan oleh dokter.

Berapa dosis Enervon-C untuk anak-anak?

Belum ada ketentuan dosis obat ini untuk anak-anak. Obat ini bisa saja berbahaya bagi anak-anak. Penting untuk memahami keamanan obat sebelum digunakan. Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah Enervon-C tersedia?

Kaplet: vitamin B1 50 miligram (mg), vitamin B2 20 mg, vitamin B6 5 mg, vitamin B12 microgram (mcg), vitamin B3 niacinamide 50 mg, Ca pantothenate 20 mg, vitamin C 500 mg.

Efek Samping

Apa saja efek samping Enervon-C yang mungkin terjadi?

Enervon-C jarang menyebabkan efek samping, berikut adalah beberapa efek samping:

  • perut terasa sakit
  • reaksi alergi seperti gatal, ruam kulit, pembengkakan pada wajah, lidah, dan tenggorokan
  • pusing kepala
  • kesulitan bernafas

Tidak semua orang mengalami efek samping yang telah disebutkan di atas. Bahkan ada orang yang tidak merasakan efek samping sama sekali. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas.

Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan suplemen ini?

Beberapa hal yang harus Anda ketahui dan lakukan sebelum menggunakan Enervon-C, yaitu:

  • Sebelum menggunakan suplemen ini, pastikan Anda tidak memiliki alergi tertentu terhadap vitamin B kompleks atau vitamin C.
  • Beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan seperti diabetes, gangguan liver, kekurangan vitamin B12.
  • Jangan menggunakan suplemen ini melebihi dari yang dianjurkan pada label atau diresepkan oleh dokter.
  • Kebutuhan dosis Anda mungkin berbeda jika Anda sedang hamil. Jangan minum suplemen ini tanpa memberitahu dokter Anda jika Anda sedang hamil atau berencana untuk hamil.

Apakah Enervon-C aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, berencana hamil, ataupun menyusui. Bayi yang berada di dalam kandungan berpotensi mengalami cacat pada saraf tulang belakang saat lahir jika terpapar asam folat (salah satu jenis vitamin B) terlalu banyak saat sedang hamil. Jika Anda hendak meminumnya, konsultasikan kepada dokter risiko dan manfaat penggunaan obat ini.

Multivitamin ini mungkin keluar melalui air susu ibu (ASI) dan bisa saja dikonsumsi oleh bayi Anda melalui proses menyusui. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, konsultasikan penggunaan Enervon-C dengan dokter jika Anda sedang menyusui.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Enervon-C?

Enervon-C dapat berinteraksi dengan obat lain yang sedang Anda gunakan, yang dapat mengubah cara obat Anda bekerja atau meningkatkan risiko efek samping yang serius.

Untuk menghindari interaksi obat yang mungkin terjadi, Anda harus menyimpan daftar semua obat yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat nonresep, produk herbal, maupun multivitamin lainnya) dan berbagi dengan dokter dan apoteker.

Untuk keamanan Anda, jangan mulai, berhenti, atau mengubah dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter Anda.

  • Menggunakan Enervon-C dengan neomycin, asam aminosalisilat, colchicine, cimetidine, ranitidine, dapat menurunkan penyerapan vitamin B12 dari usus.
  • Menggunakan Enervon-C dengan kontrasepsi hormonal dapat menurunkan tingkat vitamin B12 dalam plasma.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan suplemen ini?

Obat-obatan dan suplemen tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dengan makanan dapat terjadi.

Merokok tembakau atau mengonsumsi alkohol dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi.

Silakan diskusikan dengan dokter atau apoteker terkait potensi interaksi antara makanan atau alkohol sebelum menggunakan suplemen ini.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Enervon-C?

Enervon-C dapat berinteraksi dengan kondisi kesehatan Anda. Interaksi ini dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda atau mengubah cara kerja obat. Penting untuk selalu memberi tahu dokter dan apoteker semua kondisi kesehatan yang Anda miliki.

  • Hemolisis, yaitu pecahnya sel darah merah
  • Batu ginjal
  • Dialisis, yaitu proses perpindahan molekul di dalam tubuh
  • Diet natrium

Overdosis

Bagaimana gejala overdosis Enervon-C dan apa efeknya?

Salah satu efek samping yang bisa terjadi akibat penggunaan multivitamin secara berlebihan yaitu bisa menyebabkan hipervitaminosis.

Hipervitaminosis adalah kondisi kelebihan jenis vitamin tertentu, yang tersimpan dalam tubuh sehingga memungkinkan terjadi keracunan.

Selain itu, penggunaan multivitamin yang berlebihan ini bisa menyebabkan Anda mengalami hiperkalsemia. Hiperkalsemia adalah tingginya kadar kalsium di dalam darah.

Menurut Mayo Clinic, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari 2.000 mg vitamin C dalam sehari. Meski sangat jarang terjadi, overdosis vitamin C bisa jadi menyebabkan diare, mual, muntah, dan sakit kepala.

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis suplemen ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa.

Jangan menggandakan dosis sebab hal tersebut tidak dapat menjamin apakah kondisi Anda bisa pulih lebih cepat. Selain itu, dosis ganda mungkin meningkatkan risiko efek samping dari suplemen ini.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, ataupun pengobatan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Enervon-C. http://www.unilab.com.ph/products/enervon-tablet/. Accessed September 17, 2016.

Vitamin B-Complex With VIT C Tablet Multivitamins – WebMD. (n.d.). Retrieved March 31, 2020, from https://www.webmd.com/drugs/2/drug-58621-6106/b-complex-with-vitamin-c-oral/vitamin-b-complex-oral/details

Multum, C. (2019). Multivitamins Uses, Side Effects & Warnings – Drugs.com. Retrieved March 31, 2020, from https://www.drugs.com/mtm/multivitamins.html Accessed July 11, 2019

Multum, C. (2018). Ascorbic acid Uses, Side Effects & Warnings – Drugs.com. Retrieved March 31, 2020, from https://www.drugs.com/mtm/ascorbic-acid.html

Is it possible to take too much vitamin C? – Mayo Clinic. (2020). Retrieved March 31, 2020, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/vitamin-c/faq-20058030

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Annisa Hapsari Diperbarui 17/03/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x