home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Setelah Minum Obat, Berapa Lama Kemudian Efeknya Dirasakan Tubuh?

Setelah Minum Obat, Berapa Lama Kemudian Efeknya Dirasakan Tubuh?

Ketika Anda sakit, entah itu sakit yang ringan atau tidak, tentunya Anda akan diberikan obat dari dokter untuk meredakan gejala yang dialami. Tetapi sebenarnya ketika Anda minum obat, kapan obat tersebut diserap oleh tubuh kemudian bekerja menangani sakit yang Anda alami? Apa yang mempengaruhi penyerapan obat di dalam tubuh?

Setelah minum obat, berapa lama obat akan diserap?

Obat memiliki cara kerjanya masing-masing untuk merespon gangguan yang terjadi di dalam tubuh. selain itu, anjuran minum obat yang berbeda-beda juga akan pengaruhi efektivitas kerjanya terhadap sakit yang sedang Anda derita. Normalnya, setelah Anda minum obat, obat tersebut akan langsung masuk ke dalam pembuluh darah sekitar 30 menit sampai 6 jam, tergantung dengan jenis obatnya. Berikut adalah hal yang mempengaruhi kecepatan suatu obat diserap oleh tubuh, yaitu:

  • Sifat kelarutan, obat yang berjenis larutan atau cair lebih mudah dan cepat diserap dibandingkan dengan obat tablet.
  • Cara pemberian obat, tidak hanya diminum saja, tetapi obat dapat masuk ke dalam tubuh dengan berbagai cara seperti disuntikan langsung melalui pembuluh darah, dimasukkan lewat anus, atau dengan cara dihirup.
  • Kemampuan tubuh dalam mengosongkan lambung.

Pemberian obat dengan cara dihirup – seperti yang dilakukan apabila pasien diberikan obat bius – adalah cara yang membuat obat paling cepat diserap oleh tubuh. Hal ini disebabkan karena jenis obat yang mudah masuk ke dalam tubuh. Sedangkan pemberian obat dengan cara diminum adalah cara yang paling lambat dalam proses penyerapan obat, sebab obat harus diolah dan dicerna dulu serta harus melalui proses pencernaan yang cukup panjang.

Bagaimana cara obat diserap oleh tubuh?

Sesaat setelah Anda minum obat, sebenarnya obat akan langsung diserap oleh tubuh dengan cara yang berbeda-beda. Berikut adalah jenis cara penyerapan obat:

  • Difusi pasif, obat yang diserap dengan cara ini maka tidak memerlukan energi dalam proses penyerapan. Sehingga sel-sel tubuh tidak perlu berupaya untuk menghasilkan energi terlebih dahulu agar obat dapat diserap. Aspirin adalah contoh obat yang diserap dengan cara ini. Selain karena tidak memerlukan energi dalam proses penyerapannya, aspirin juga lebih cepat masuk ke dalam sistem tubuh karena bersifat asam. Sehingga saat berada di dalam lambung dan bertemu asam lambung, obat tersebut akan langsung bereaksi dan diserap.
  • Transport aktif, berbeda dengan difusi pasif yang tidak memerlukan energi, proses penyerapan obat dengan cara ini membutuhkan energi. Jenis zat yang diserap melalui cara ini yaitu ion, vitamin, gula, dan asam amino. Proses penyerapan terjadi pada usus kecil.
  • Pinositosis, sangat sedikit obat yang diserap ke dalam sistem tubuh melalui cara ini. Proses pinositosis juga memerlukan energi dan hanya dapat dilakukan apabila obat berbentuk cair.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Drug Absorption – Clinical Pharmacology – MSD Manual Professional Edition. (2017). [online] MSD Manual Professional Edition. Available at: http://www.msdmanuals.com/professional/clinical-pharmacology/pharmacokinetics/drug-absorption  [Accessed 23 Feb. 2017].

Yolanda Smith, B. (2016). Drug Absorption. [online] News-Medical.net. Available at: http://www.news-medical.net/health/Drug-Absorption.aspx  [Accessed 23 Feb. 2017].

How Long Until Medicine Works?. (2017). [online] Epilepsy Foundation. Available at: http://www.epilepsy.com/learn/treating-seizures-and-epilepsy/seizure-and-epilepsy-medicines/how-long-until-medicine-works  [Accessed 23 Feb. 2017].

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M
Tanggal diperbarui 25/08/2020
x