Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

Nomegestrol

Nomegestrol

Nomegestrol adalah progestin yang digunakan untuk pengobatan hormonal dan kontrasepsi oral. Kandungan dalam obat ini bermanfaat untuk wanita yang mengalami gejala menopause dan masalah menstruasi. Ketahui lebih lanjut seputar dosis, aturan pemakaian, dan efek samping obat nomegestrol berikut ini.

Kandungan obat: Nomegestrol asetat

Merek dagang: Novenyl, Prodefi, Lutenyl

Apa itu obat nomegestrol?

Nomegestrol atau nomegestrol asetat adalah obat yang digunakan untuk mengatasi gejala akibat kekurangan hormon progesteron.

Obat ini terutama dipakai pada kondisi saat premenopause, siklus menstruasi tidak teratur, dismenore, endrometriosis, atau sindrom pramenstruasi.

Selain itu, obat ini dapat digunakan sebagai komponen terapi penggantian hormon dalam kombinasi dengan estradiol untuk meredakan gejala menopause.

Obat nomegestrol atau nomegestrol asetat diyakini memiliki efek netral atau menguntungkan.

Efek ini terkait pemeriksaan untuk mengukur jumlah kolesterol dan trigliserida dalam darah (profil lipid) tanpa mempengaruhi metabolisme glukosa atau berat badan.

Dosis obat nomegesterol

Obat nomegestrol tersedia dalam bentuk tablet dengan dosis harian rata-rata 5 mg. Umumnya, terapi dengan nomegestrol ini berlangsung selama 10 hari per siklus, misalnya dari hari ke-16 sampai 25.

Adapun dosis dapat disesuaikan dengan sediaan obat, kegunaan, dan usia pasien.

Dosis obat nomegestrol dapat ditunda, disesuaikan, atau dihentikan tergantung bagaimana tubuh Anda merespons dan mentolerir obat selama siklus pengobatan.

Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk dokter ketika mengonsumsinya.

Aturan pakai obat nomegestrol

Nomegestrol atau nomegestrol asetat diberikan secara oral. Pemberian obat ini dilakukan tergantung pada penyakit yang diderita oleh pasien.

Sebelum menggunakan obat nomegestrol, pastikan Anda telah mengetahui serta membaca aturan pakai yang tertera pada kemasan obat. Anda harus mengikuti petunjuk dan anjuran dari dokter terkait dosis dari penggunaan obat ini.

Obat nomegestril dikonsumsi dengan cara meminum tablet secara utuh. Anda sebaiknya tidak mengunyah atau menghancurkan obat terlebih dahulu karena akan mengurangi efektivitas dari obat.

Pastikan untuk mengkonsumsi obat nomegestrol secara rutin agar mendapatkan hasil yang optimal. Supaya mudah dalam mengingat, Anda dapat mengkonsumsi obat ini dalam waktu yang sama setiap harinya.

Jika Anda lupa untuk mengonsumsinya, maka harus segera langsung minum obat saat teringat asalkan tidak dalam kurun waktu yang berdekatan.

Jangan menggandakan atau mengurangi dosis yang telah dianjurkan oleh dokter. Hal ini dikarenakan akan memengaruhi kinerja obat yang dapat menimbulkan risiko dan memperlambat proses penyembuhan.

Apabila memiliki pertanyaan lebih lanjut terkait dengan nomegestrol asetat, konsultasikan dengan dokter atau tenaga medis yang menangani Anda.

Efek samping obat nomegestrol

Segera dapatkan bantuan medis darurat bila Anda mengalami tanda reaksi alergi, seperti ruam, gatal, sulit bernapas, detak jantung cepat, hingga pembengkakan di lidah atau tenggorokan.

Melansir situs Badan POM RI, hubungi dokter segera apabila Anda mengalami efek samping yang mungkin terjadi di antaranya sebagai berikut.

  • Gangguan menstruasi.
  • Amenore.
  • Breakthrough bleeding (keluar darah dari uterus).
  • Peningkatan berat badan.
  • Insomnia.
  • Pilosis.
  • Gangguan saluran pencernaan.
  • Masalah pada pembuluh darah vena di kaki semakin parah.
  • Kolestatik ikterus.
  • Pruritus (sensasi gatal pada kulit).

Tidak semua orang mengalami efek samping tersebut. Mungkin ada juga beberapa efek samping obat yang tidak disebutkan di atas.

Bila Anda khawatir mengenai efek samping tertentu, segera konsultasikanlah kepada dokter atau apoteker untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Peringatan dan perhatian saat pakai obat nomegestrol

Sebelum memutuskan untuk menggunakan obat, pertimbangkan dulu manfaat dan risikonya. Ini adalah keputusan yang harus dibuat setelah berdiskusi dengan dokter Anda.

Pastikan selalu beri tahu kepada dokter mengenai kondisi medis yang Anda miliki untuk menghindari hal-hal buruk yang tidak diinginkan.

Untuk memastikan obat ini aman, informasikan pula kepada dokter jika Anda memiliki kondisi di bawah ini.

  • Kanker payudara.
  • Endometriosis.
  • Riwayat tromboflebitis.
  • Disfungsi hati berat.
  • Hipertensi arterial.
  • Penyakit serebrovaskular.
  • Diabetes.
  • Perdarahan pada vagina.

Beri tahu dokter juga jika Anda sedang hamil atau menyusui. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah nomegestrol dapat masuk ke dalam ASI atau memengaruhi bayi.

Apabila Anda ragu untuk memastikan kondisi tersebut, konsultasikanlah dengan dokter untuk menjalani pemeriksaan medis terlebih dahulu.

Penyimpanan obat nomegestrol

Nomegestrol adalah obat yang baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi dan jangan dibekukan.

Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan obat yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda.

Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Namun, jangan buang obat ke dalam toilet atau saluran pembuangan, kecuali bila diinstruksikan.

Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang obat Anda.

Apakah obat nomegestrol aman untuk ibu hamil dan menyusui?

relaktasi

Tidak ada penelitian memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui.

Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Kendati begitu, obat nomegestrol tidak diindikasikan selama kehamilan. Jika kehamilan terjadi saat mengonsumsi obat ini, asupan lebih lanjut harus dihentikan.

Sementara itu, ibu menyusui yang sedang mendapatkan obat ini juga tidak boleh memberikan ASI kepada bayinya. Ini karena kandungan obat yang mungkin terbawa ke dalam ASI.

Selalu konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan pertimbangan lebih lanjut.

Interaksi obat nomegestrol dengan obat lain

Obat nomegestro termasuk obat yang dapat berinteraksi dengan obat lain.

Berikut beberapa obat yang dapat berinteraksi dengan nomegestrol di antaranya sebagai berikut:

  • karbamazepin,
  • fenobarbital,
  • fenitoin,
  • primidone,
  • barbiturat,
  • griseofulvin, dan
  • rifampisin.

Pada kasus ini, dokter mungkin akan mengubah dosis atau melakukan tindakan pencegahan lainnya yang mungkin diperlukan.

Oleh karena itu, selelu pastikan untuk beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat resep atau obat lain yang beredar di pasaran.

Pasalnya, kemungkinan menggunakan obat ini dengan salah satu obat-obatan di atas tidak dianjurkan.

Jika begitu, dokter biasanya akan memutuskan untuk tidak memberikan obat ini pada Anda atau mengubah beberapa obat lain yang Anda gunakan.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Nomegestrol asetat. (n.d.). Pusat Informasi Obat Nasional (PIO Nas) | PIO Nas. Retrieved 19 August 2022, from https://pionas.pom.go.id/monografi/nomegestrol-asetat

(n.d.). electronic medicines compendium (emc). Retrieved 19 August 2022, from https://www.medicines.org.uk/emc/files/pil.3038.pdf

Medicines containing nomegestrol or chlormadinone: PRAC recommends new measures to minimise risk of meningioma. (2022, July 8). European Medicines Agency. Retrieved 19 August 2022, from  https://www.ema.europa.eu/en/news/medicines-containing-nomegestrol-chlormadinone-prac-recommends-new-measures-minimise-risk-meningioma

https://doi.org/10.2165/11532130-000000000-00000

Nomegestrol acetate, a novel progestogen for oral contraception. Retrieved 19 August 2022, from https://doi.org/10.1016/j.steroids.2011.02.002

Nomegestrol/oestradiol. (2011, December 1). NPS MedicineWise. Retrieved 19 August 2022, from https://www.nps.org.au/australian-prescriber/articles/nomegestrol-oestradiol

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Adhenda Madarina Diperbarui 4 weeks ago
Ditinjau secara medis oleh Apt. Seruni Puspa Rahadianti, S.Farm.
Next article: