Kesehatan Kulit

Menjaga kulit tetap sehat penting dilakukan. Bila tidak, masalah pada kulit dapat menyerang. Di antaranya adalah jerawat, dermatitis, hingga penyakit kulit infeksi seperti panu dan kutu air. Cari tahu informasi tentang kesehatan kulit, beragam jenis penyakit, beserta penanganannya di sini.

FAQ

Kenapa penting memiliki kulit yang sehat?

Icon Chevron

Kulit sehat penting untuk setiap orang. Ketika organ dalam menjalankan fungsi internal tubuh, kulit sebagai organ terbesar menjaga tubuh dari kontak dengan lingkungan luar. Kulit adalah pelindung dan lini pertahanan pertama serangan bakteri dan kuman penyebab infeksi. Kulit juga berperan menjaga cairan tubuh, mencegah dehidrasi, dan membantu kita merasakan temperatur tubuh dan sensasi dari ujung-ujung saraf.

Seperti apa tanda-tanda kulit yang sehat?

Icon Chevron

Anda punya kulit yang tebal, tidak setipis kertas, rapuh, mudah terkelupas, atau bahkan mudah terluka. Ini artinya, kulit Anda memiliki dermis yang tebal dan sehat, ini lapisan tengah kulit yang terisi kolagen dan elastin. Anda juga memiliki kulit yang kenyal. Kulit tidak tampak kering atau kasar, artinya kulit cukup terhidrasi. Kondisi lapisan pelindung kulit yang disebut lipid barrier atau moisture barrier pun terjaga baik. Anda bisa merasakan sensasi panas atau dingin sebagaimana mestinya. Anda tidak terus-menerus merasakan sensasi yang tidak biasa, seperti kulit yang terasa gatal, tersengat, atau terbakar.

Bagaimana cara menjaga kulit tetap bersih?

Icon Chevron

Gunakan tabir surya SPF 30 sebelum pergi ke luar rumah. Tabir surya mencegah kerusakan kulit, menghambat tanda-tanda penuaan, dan melindungi dari kanker kulit. Oleskan juga tabir surya ketika Anda bekerja di dalam ruangan dengan banyak sinar matahari. Lalu, hindari kebiasaan merokok karena mempercepat proses penuaan kulit, membuat luka lebih lama sembuh, bahkan memperparah gejala penyakit kulit. Rutin cuci muka setelah bangun tidur, sebelum tidur, dan setelah berolahraga. Gunakan sabun cuci muka yang lembut dan tidak mengiritasi kulit. Cegah kulit terlalu kering dengan cukupi cairan dan gunakan pelembab. Terakhir, kelola stres dengan baik. Stres bisa meningkatkan produksi minyak yang menyebabkan jerawat. Stres pun memperparah kulit eksim.

Apa itu jerawat?

Icon Chevron

Jerawat adalah masalah kulit umum yang ditandai oleh kemunculan bintil atau benjolan kecil di wajah, leher, dada, bahu, dan punggung. Jerawat terjadi ketika folikel atau pori-pori kulit tersumbat oleh minyak (sebum) dan sel-sel kulit mati.

Apa saja masalah kulit yang umum terjadi?

Icon Chevron

Ada beberapa kondisi yang bisa memengaruhi kesehatan kulit, tapi kondisi berikut paling sering dialami: jerawat, alopecia areata, dermatitis atopik (eksim), hidradenitis suppurativa (jerawat inversa), psoriasis, rosacea, skleroderma, dan vitiligo.

Temukan lebih banyak topik Kesehatan Kulit