home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Dosis dan Aturan Pakai Cefixime Sirup, Tablet, dan Kapsul

Dosis dan Aturan Pakai Cefixime Sirup, Tablet, dan Kapsul

Cefixime adalah obat antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Obat ini dikenal sebagai antibiotik sefalosporin. Antibiotik ini bekerja dengan membunuh atau menghentikan pertumbuhan bakteri pada bagian tubuh yang mengalami infeksi. Selain cefixime sirup, obat ini juga tersedia dalam bentuk tablet dan kapsul.

Antibiotik cefixime hanya digunakan untuk mengobati infeksi bakteri. Obat ini tidak akan bekerja untuk infeksi yang disebabkan oleh virus seperti pilek dan flu. Penggunaan yang berlebihan pada obat antibiotik akan menyebabkan menurunnya efektivitas obat ini, atau meningkatkan risiko kebalnya bakteri yang menyebabkan infeksi yang tahan terhadap antibiotik. kondisi yang dapat ditangani oleh cefixime di antaranya adalah infeksi telinga, bronkitis, radang amandel, tenggorokan, pneumonia, dan infeksi saluran kemih.

Dosis cefixime sirup, tablet, dan kapsul

Di apotek, cefixime tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, dan sirup dengan komposisi sebagai berikut.

  • Tablet: cefixime 400mg
  • Kapsul: cefixime 100mg, 200mg
  • Sirup (suspensi oral): 100mg/5ml, 200mg/5ml, 500mg/5ml

Hanya 40-50% cefixime yang dapat diserap dari saluran pencernaan. Penyerapan mungkin akan menurun ketika diambil dengan makanan. Konsentrasi puncak rata-rata setelah pemberian cefixime sirup adalah sekitar 25-50% lebih besar daripada tablet atau kapsul.

Dosis cefixime yang diberikan umumnya adalah 200-400 mg per hari untuk 7-14 hari, tergantung kepada keparahan infeksi dan kondisi kesehatan pasien. Untuk anak-anak, dosis juga diberikan berdasarkan berat badan. Berikut dosis penggunaannya untuk dewasa dan anak-anak

Dosis cefixime untuk dewasa

Dosis yang dianjurkan adalah cefixime 400 mg per hari. Dapat diminum dengan cara sekaligus yakni cefixime tablet 400 mg sehari sekali, atau diminum dua kali dengan dosis terbagi, yakni obat cefixime 200 mg diminum dua kali sehari (setiap 12 jam).

Dosis cefixime untuk anak dan bayi 6 bulan ke atas

Dosis obat cefixime yang dianjurkan untuk anak-anak adalah 8 mg/hari dengan mengonsumsi cefixime sirup. Seperti pada dewasa, ini dapat diberikan sebagai dosis harian tunggal atau dapat diberikan dalam dua dosis terbagi, yakni 4 mg setiap 12 jam.

Cara pakai cefixime sirup, tablet dan kapsul

Sebelum menggunakan cefixime, perhatikan informasi yang diberikan oleh dokter terkait obat ini dan baca informasi yang tertera pada kemasan agar Anda dapat mengetahui aturan pakai serta potensi efek samping obat ini.

Cefixime dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Usahakan untuk mengonsumsi cefixime pada jam yang sama tiap hari untuk memaksimalisasi efeknya.

Konsumsilah cefixime sesuai takaran dosis dan frekuensi yang ditetapkan oleh dokter. Selesaikan seluruh dosis yang diberikan dokter walau gejala telah kelihatan hilang. Hal ini sangat penting demi menyembuhkan infeksi secara menyeluruh, serta mencegah infeksi tersebut kambuh.

Jika tanpa sengaja Anda melewatkan jadwal satu dosis, segera konsumsi dosis yang tertinggal tersebut begitu Anda ingat. Tapi jika sudah sangat mendekati jadwal minum obat berikutnya, jangan mengonsumsi dua dosis sekaligus untuk menggantikan dosis yang dilewati.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Cefixime. http://www.webmd.com/drugs/2/drug-3778-7011/cefixime-oral/cefixime—oral/details. Accessed 31/01/2017.

Cefixime (Oral Route) http://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/cefixime-oral-route/proper-use/drg-20073374. Accessed 31/01/2017.

Cefixime, Oral suspension

http://www.healthline.com/drugs/cefixime/oral-suspension#Highlights1. Accessed 31/01/2017.

Cefixime for infection (Suprax). http://patient.info/medicine/cefixime-for-infection-suprax. Accessed 31/01/2017. Cefixime use in children: When and why. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3327925/. Accessed 31/01/2017.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Yuliati Iswandiari Diperbarui 09/11/2020
Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team