home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Magnesium Hidroksida

Magnesium Hidroksida
Magnesium Hidroksida Obat Apa?|Dosis Magnesium Hidroksida|Efek samping Magnesium Hidroksida|Peringatan dan Perhatian Obat Magnesium Hidroksida|Interaksi Obat Magnesium Hidroksida|Overdosis Magnesium Hidroksida

Magnesium Hidroksida Obat Apa?

Untuk apa magnesium hidroksida?

Magnesium hiroksida adalah obat yang dapat digunakan untuk mengobati masalah sembelit atau susah buang air besar.

Obat ini termasuk obat pencahan (tipe osmosis) yang bekerja dengan cara menarik air ke dalam usus. Hal ini akan memicu pergerakan di dalam usus dan melunakkan feses. Alhasil, Anda akan lebih mudah untuk buang air besar.

Selain sebagai pencahar, obat ini juga termasuk antasid yang membantu menetralkan asam lambung yang berlebihan. Inilah sebabnya, obat ini juga dapat digunakan untuk meredakan gejala maag, heartburn (sensasi panas di dada atau nyeri di ulu hati), serta beragam gangguan pencernaan yang diakibatkan oleh asam lambung tinggi.

Magnesium hidroksida merupakan obat bebas yang tersedia dalam berbagai merek. Anda bisa menemukan obat ini dengan mudah di apotek, toko obat, swalayan, atau bahkan warung. Walaupun demikian,, pastikan Anda menggunakan obat ini dengan hati-hati. Penggunaan yang tidak sesuai anjuran justru dapat menurunkan efektivitas obat dan memicu sejumlah efek samping yang berbahaya.

Bagaimana cara penggunaan magnesium hidroksida?

Ikuti semua petunjuk pemakaian obat yang tertera pada label resep dan baca semua panduan pengobatan atau lembar instruksi dengan teliti. Jangan ragu untuk bertanya ke dokter bila Anda belum paham betul cara pakainya.

Obat ini tersedia dalam dua bentuk, yaitu tablet kunyah dan cairan. Untuk tablet kunyah, kunyah obat sampai hancur sebelum menelan. Obat yang hancur akan lebih mudah untuk memasuki lambung sehingga dapat bekerja lebih cepat untuk meredakan gejala. Minum segelas air putih untuk memudahkan Anda menelan semua obat dan mengurangi rasa tidak enak di mulut.

Sementara untuk bentuk cairan, kocok obat dengan baik sebelum Anda konsumsi supaya obat dapat tercampur secara merata. Setelah itu, baru tuang cairan obat ke atas sendok atau gelas obat sesuai anjuran dosisnya.

Ukur dosis secara hati-hati dengan menggunakan alat/sendok pengukur khusus. Jangan menggunakan sendok makan biasa karena Anda mungkin tidak mendapatkan dosis yang benar.

Obat dalam bentuk cair paling baik diminum tanpa dibarengi dengan cairan lain, kecuali air putih. Air putih membantu melancarkan aliran obat masuk ke dalam tubuh.

Obat ini biasanya diminum 30 menit sebelum makan dan sebelum tidur sesuai kebutuhan dan kondisinya. Pastikan Anda minum obat sesuai dengan petunjuk atau aturan minum dari dokter, apoteker, maupun yang tertera pada label kemasan obat. Cari tahu juga jadwal minum obat yang terbaik. Terutama ketika Anda harus minum beberapa jenis obat sekaligu. Hal ini dilakukan guna mencegah timbulnya masalah kesehatan.

Pastikan Anda tidak menambah atau mengurangi dosis obat. Penggunaan jangka panjang atau terlalu banyak minum obat ini mungkin mengakibatkan ketergantungan dan menyebabkan diare terus-menurus. Tak berhenti di situ. Obat ini juga dapat menyebabkan dehidrasi serta meningkatkan kadar magensium dalam tubuh bila digunakan dalam jumlah banyak dan jangka panjang.

Jika maag atau keluhan gangguan pencernaan yang Anda alami tidak kunjung membaik selama lebih dari 1 minggu, segera konsultasikan ke dokter. Anda juga sebaiknya segera berobat ke dokter bila kondisi semakin memburuk.

Bagaimana cara penyimpanan magnesium hidroksida?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan.

Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi.

Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis Magnesium Hidroksida

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis magnesium hidroksida untuk orang dewasa?

Sebagai obat asam lambung tinggi, dosis obat yang dianjurkan berkisar hingga 1 gram per hari. Penggunaannya dapat digabungkan dengan aluminium hidroksida.

Sedangkan untuk obat pencahar, dosis obat 2,4 sampai 4,8 gram per hari. Dosis obat dapat diberikan sekali atau dibagi menjadi beberapa kali.

Pada prinsipnya, dosis obat untuk setiap orang mungkin bisa berbeda. Pemberian dosis obat biasanya disesuaikan dengan usia, kondisi kesehatan pasien secara menyeluruh, serta respon mereka terhadap pengobatan.

Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau apoterk sebelum mengonsumsi obat jenis apa pun. Hal ini semata-mata untuk memastikan bahwa Anda mengonsumsi obat sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Bagaimana dosis magnesium hidroksida untuk anak-anak?

Belum ada ketentuan dosis pasti untuk anak-anak. Obat ini bisa saja berbahaya bagi anak-anak bila digunakan secara asal. Oleh sebab itu, untuk memahami keamanan obat sebelum digunakan. Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah magnesium hidroksida tersedia?

Obat ini tersedia dalam sediaan tablet kunyah dan obat cair.

Efek samping Magnesium Hidroksida

Efek samping apa yang dapat dialami karena magnesium hidroksida?

Semua obat mungkin menyebabkan efek samping. Meski begitu, tidak semua orang merasakan efek samping. Efek samping obat ini pun dapat berkisar dari yang ringgan hingga berat.

Beberapa efek samping paling umum dan sering dikeluhkan orang setelah menggunakan obat ini di antaranya:

  • Rasa tidak nyaman di perut
  • Diare
  • Mengantuk
  • Sensasi kebas atau mati rasa
  • Kulit terasa hangat atau tampak kemerahan

Dalam kasus yang jarang terjadi, obat ini dapat menyebabkan efek samping yang serius, seperti perdarahan di anus, muntah terus-terusan, denyut jantung lemah, perasaan ingin pingsan, dehidrasi berat, dan kadar magenesium yang tinggi. Berbagai kondisi tersebut dapat membuat Anda terasa lemah dan berdaya.

Kadar magnesium yang naik secara drastis juga dapat memicu terjadinya keracunan pada pasien gangguan ginjal. Kalau sudah begini, segera hentikan penggunaan obat dan berobat ke dokter untuk mencegah efek samping yang lebih berbahaya.

Obat ini juga dapat menyebabkan syok anafilaksis. Anfilaksis adalah reaksi alergi parah yang dapat menyebabkan kehilangan kesadaran atau bahkan kematian bila tidak segera diobati. Kondisi ini biasanya ditandai dengan:

  • Gatal-gatal di sebagian atau sekujur tubuh
  • Sesak napas
  • Detak jantung yang lemah dan cepat
  • Pembengkakan di tenggorokan, bibir, dan wajah
  • Ruam kemerahan di kulit

Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda ingin tahu tentang efek samping, konsultasikan kepada dokter atau apoteker.

Peringatan dan Perhatian Obat Magnesium Hidroksida

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan magnesium hidroksida?

Meski termasuk obat bebas, obat ini tidak boleh digunakan sembarangan. Beberapa hal yang perlu Anda ketahui dan lakukan sebelum menggunakan obat ini di antaranya:

  • Jangan gunakan obat ini bila Anda punya alergi terhadap magnesium hidroksida, obat antasid, atau obat lainnya. Tanyakan pada dokter atau apoteker tentang daftar penyusun obat sebelum Anda menggunakannya.
  • Hindari obat ini bila Anda mengalami sakit perut, mual, dan muntah terus-terusan. Tanyakan pada dokter atau apoteker apakah Anda tetap boleh menggunakan obat ini bila sedang mengalami kondisi tersebut.
  • Beri tahu dokter dan apoteker tentang semua obat-obatan yang sedang dan akan Anda konsumsi secara rutin. Informasi ini akan membantu dokter dan apoteker untuk meresepkan obat lain yang lebih aman dan cocok untuk kondisi Anda.
  • Sebaiknya tanyakan terlebih dahulu ke dokter soal keamanan obat ini bila Anda sedang atau punya riwayat penyakit hati dan ginjal.
  • Belum diketahui apakah obat ini aman diminum ibu hamil maupun menyusui. Maka dari itu, sebaiknya beri tahu dokter dan apoteker bila Anda sedang hamil, berencana hamil, atau menyusui.
  • Obat ini dapat menyebabkan efek mengantuk. Untuk itu, hindari berkendara atau mengoperasikan mesin sampai efek obat benar-benar hilang.

Obat ini juga mungkin dapat menyebabkan pusing ringan ketika Anda bangun terlalu cepat dari berbaring atau duduk. Hal ini biasanya terjadi ketika Anda pertama kali meminumnya.

Untuk membantu menghindari masalah ini, bangunlah dari tempat tidur secara perlahan-lahan. Posisikan kaki Anda di lantai selama beberapa menit sebelum berdiri.

Jika selama minum obat ini Anda mengalami diare, muntah, dan berkeringat dengan derasnya, hati-hati. Pasalnya kondisi ini bisa menurunkan tekanan darah hingga membuat Anda pingsan. Katakan kepada dokter Anda jika Anda memiliki masalah ini atau mengalaminya selama melakukan pengobatan Anda

Pastikan untuk mengikuti semua saran dokter dan/atau instruksi terapis. Dokter mungkin perlu mengubah dosis obat atau memantau Anda dengan hati-hati untuk mencegah terjadinya efek samping tertentu.

Apakah magnesium hidroksida aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan pada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi Obat Magnesium Hidroksida

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan magnesium hidroksida?

Interaksi obat mungkin mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko efek samping serius. Dokumen ini tidak berisi tentang semua interaksi obat yang mungkin terjadi.

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep/tanpa resep dan produk herbal) dan memberitahukannya kepada dokter dan apoteker. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat tanpa persetujuan dokter.

Untuk obat ini, harap berhati-hati jika Anda sedang dalam pengobatan dengan salah satu obat di bawah ini:

  • Antikoagulan (misalnya warfarin) karena magnesium hidroksida meningkatkan risiko efek samping antikoagulan seperti perut kembung atau bergas.
  • Antijamur azole (misalnya ketoconazole), bisphosphonate (misalnya alendronate), resin pengganti kasion (misanya sodium polystyrene sulfonate), cephalosporin (misalnya cephalexin), mycophenolate, penicillamine, antibiotik quinolone (misalnya ciprofloxacin), atau tetracycline (misalnya doxycycline) karena magnesium hidroksida dapat mengurangi efektivitas obat-obatan tersebut.

Mungkin ada obat lain yang dapat berinteraksi dengan obat ini. Sebaiknya beri tahu dokter dan apoteker perihal semua obat-obatan yang sedang rutin Anda minum belakangan ini. Dokter dan apoteker mungkin akan meresepkan obat lain yang lebih aman untuk Anda.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan magnesium hidroksida?

Obat-obatan tertentu tidak bisa digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan dengan penyedia layanan kesehatan profesional tentang penggunaan obat dengan makanan, alkohol, atau rokok.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan magnesium hidroksida?

Adanya masalah obat lainnya mungkin mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberi tahu dokter jika mengalami masalah medis lainnya, terutama:

  • Usus buntu
  • Sakit perut
  • Penyumbatan usus
  • Mual dan muntah terus-terusan
  • Diare
  • Gangguan fungsi ginjal
  • Gangguan fungsi hati
  • Perdarahan rektum tanpa sebab jelas
  • Operasi usus

Mungkin masih ada sejumlah kondisi lain yang belum disebutkan di atas. Ada baiknya beri tahu dokter dan apoteker tentang kondisi kesehatan Anda sebenarnya. Dengan memberi informasi ini, dokter dan apoteker mungkin akan meresepkan obat lain yang lebih aman untuk Anda.

Overdosis Magnesium Hidroksida

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat. Bawalah kotak obat, wadah, atau label ketika akan pergi ke rumah sakit untuk membantu dokter dengan informasi yang diperlukan.

Ketika seseorang mengalami overdosis, berbagai gejala yang mungkin muncul yaitu:

  • Tekanan darah yang terlalu rendah (hipotensi) yang membuat kepala menjadi pusing
  • Pingsan
  • Detak jantung cepat dan tidak teratur
  • Detak jantung lebih lambat dari kondisi normal

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Jika Anda melewatkan dosis, minum segera setelah Anda ingat. Jika mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlewat dan lanjutkan jadwal pemberian dosis Anda. Jangan gunakan dosis ekstra untuk mengganti dosis yang terlewat.

Jika Anda terus ketinggalan dosis, pertimbangkan untuk mengatur alarm atau meminta anggota keluarga untuk mengingatkan Anda.

Silakan berkonsultasi dengan dokter Anda untuk membahas perubahan dalam jadwal dosis Anda atau jadwal baru untuk menebus dosis yang terlewat, jika Anda telah melewatkan terlalu banyak dosis baru-baru ini.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

MIMS. Magnesium Hidroksida. 2016. http://mims.com/Indonesia/Home/GatewaySubscription/?generic=Magnesium+Hidroksida Accessed February 18th, 2016

Magnesium hydroxide Uses, Side Effects & Warnings – Drugs.com. (2019). Drugs.com. Retrieved 5 November 2019, from https://www.drugs.com/mtm/magnesium-hydroxide.html

MAGNESIUM HIDROKSIDA | PIO Nas. (2019). Pionas.pom.go.id. Retrieved 5 November 2019, from http://pionas.pom.go.id/monografi/magnesium-hidroksida

Cold, F., Health, E., Disease, H., Disease, L., Management, P., & Conditions, S. et al. (2019). Drugs & MedicationsWebmd.com. Retrieved 5 November 2019, from https://www.webmd.com/drugs/2/drug-8802/magnesium-hydroxide-oral/details

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Risky Candra Swari
Tanggal diperbarui 01/01/1970
x