home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Methylprednisolone 4 mg: Kegunaan dan Aturan Pakainya

Methylprednisolone 4 mg: Kegunaan dan Aturan Pakainya

Methylprednisolone adalah nama obat generik yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan. Umumnya, obat ini tersedia dalam dosis 4 mg per tablet. Untuk mencari tahu apa saja kegunaan dan aturan pakai methylprednisolone 4 mg, simak informasi berikut ini.

Kegunaan obat methylprednisolone

Obat methylprednisolone 4 mg adalah steroid yang digunakan untuk mengurangi gejala berbagai penyakit. Penyakit dan gejala yang bisa diatasi dengan obat ini antara lain artritis (radang sendi); rematik; reaksi alergi serius; kelainan sel darah; gangguan pada mata; penyakit atau peradangan yang menyerang kulit, ginjal, hati, paru, dan usus; lupus; psoriasis; serta gangguan sistem imun. Methylprednisolone juga mungkin digunakan untuk mengatasi kondisi kesehatan lain yang belum tercantum di sini.

Cara kerja methylprednisolone

Obat methylprednisolone 4 mg bekerja dengan cara mencegah atau menghentikan produksi zat-zat tertentu dalam tubuh yang bisa menyebabkan peradangan, nyeri, atau pembengkakan. Kandungan steroid dalam obat ini akan menekan zat-zat yang dihasilkan sistem kekebalan tubuh Anda saat melawan organisme asing.

Aturan pakai obat methylprednisolone 4 mg

Sebelum minum obat ini, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Obat ini tidak dijual secara bebas. Anda butuh resep dokter untuk minum obat ini. Beri tahu dokter kalau Anda sedang mengalami infeksi jamur di bagian tubuh mana pun. Steroid dalam obat methylprednisolone 4 mg bisa melemahkan daya tahan tubuh sehingga infeksi berisiko menyebar lebih parah. Anda juga sebaiknya memberi tahu dokter kalau Anda punya riwayat penyakit epilepsi, hipertensi, penyakit ginjal atau hati, penyakit jantung, gangguan otot, dan depresi.

Obat ini diminum secara oral, alias langsung ditelan menggunakan mulut. Setelah itu, minum segelas air putih. Anda bisa minum methylprednisolone sesudah makan. Jika timbul reaksi seperti mual atau sakit perut, hindari minum obat sebelum makan. Untuk menghindari kontraindikasi atau efek samping methylprednisolone, jangan diminum bersama dengan minuman beralkohol.

Ikuti anjuran dokter Anda terkait dosis methylprednisolone. Takaran yang diberikan dokter tergantung pada kondisi fisik serta keseriusan penyakit Anda. Jika Anda punya pertanyaan lebih lanjut soal aturan pakai methylprednisolone 4 mg, hubungi dokter Anda.

Bolehkah berhenti minum methylprednisolone kalau sudah membaik?

Jangan menghentikan konsumsi methylprednisolone secara tiba-tiba. Kalau Anda memang ingin berhenti minum obat ini, bicarakan dulu dengan dokter Anda.

Pasalnya, berhenti minum methyprednisolone secara tiba-tiba berisiko menyebabkan gejala putus obat. Gejala yang mungkin muncul antara lain lemas, mual, nyeri otot, pusing, dan sakit kepala.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Methylprednisolone. https://www.drugs.com/methylprednisolone.html Diakses pada 31 Januari 2017.

Methylprednisolone (oral route). http://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/methylprednisolone-oral-route/description/drg-20075237 Diakses pada 31 Januari 2017.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Irene Anindyaputri Diperbarui seminggu yang lalu
Fakta medis diperiksa oleh Admin HHG
x