home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Hidromorfon

Hidromorfon

Penyakit kanker sangat umum menyebabkan rasa nyeri, terutama pada area tubuh yang terkena. Pengobatan rumahan dengan cara alami, tidak akan mempan untuk meredakan rasa nyeri sepenuhnya. Oleh karena itulah dokter biasanya merekomendasikan obat hidromorfon. Anda tidak bisa menggunakan obat ini untuk menggatasi nyeri biasa yang sering kali timbul karena cedera atau ketegangan otot.

Golongan obat: Analgesik

Merek dagang: Jurnista

Apa itu obat Hidromorfon?

Hidromorfon (hydromorphone) adalah obat antinyeri golongan opioid. Obat ini digunakan untuk meredakan nyeri akut sedang hingga berat serta nyeri kronis yang parah, contohnya nyeri akibat kanker. Cara kerja obat penghilang rasa nyeri ini memperngaruhi otak, yakni mengubah bagaimana cara tubuh merasakan dan merespon rasa sakit.

Dokter biasanya meresepkan obat ini pada pasein yang membutuhkan obat penghilang rasa sakit sepanjang waktu dan yang tidak dapat diobati dengan obat lain. Namun, obat hanya boleh diminum oleh orang yang toleran (terbiasa dengan efek obat) opioid, atau telah menggunakan obat opioid setidaknya satu minggu.

Orang dengan nyeri ringan jangka pendek, nyeri setelah operasi atau prosedur medis lainnya, dan ampuh dengan obat yang lebih rendah tingkat kekerasannya tidak disarankan untuk menggunakan obat ini.

Dosis Hidromorfon

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Obat Hydromorphone tersedia dalam bentuk tablet pelepasan lambat ukuran 16 mg dan 8 mg. Untuk dosisnya, dokter yang akan menentukan. Sebagai gambaran, berikut dosis obat pereda nyeri jangka panjang, seperti dilansir dari situs MIMS.

  • Dewasa: Pasien yang belum pernah menggunakan opioid, dapat minum 2-4 mg setiap 4-6 jam sesuai kebutuhan di awal pengobatan. Dosis dapat ditingkatkan secara bertahap jika analgesia tidak memadai, keparahan nyeri meningkat, atau ketika toleransi berkembang. Pasien yang sebelumnya sudah pernah menggunakan opioid, dosisnya disesuaikan dengan opioid sebelumnya untuk mencapai setidaknya 3-4 jam analgesia. Untuk tablet extended-release, dosis dititrasi sesuai dengan dosis harian opioid sebelumnya yang diminum sekali sehari. Kemudian, untuk pemeliharaan, dosis dititrasi dengan peningkatan 4-8 mg setiap 3-4 hari sampai analgesia yang memadai tercapai.
  • Lansia: Mulai di ujung bawah rentang dosis.

Aturan pakai Hidromorfon

Obat pereda nyeri ini tidak boleh digunakan sembarangan karena dikhasatirkan dapat menyebabkan overdosis maupun efek samping yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, gunakan obat sesuai dengan arahan dokter.

Tablet extended-release diminum sekali sehari, bisa dengan atau tanpa makanan. Supaya tidak melewatkan dosis, minum obat di waktu yang sama. Pada awal penggunaan, dokter akan meresepkan dosis rendah dan kemudian secara bertahap akan meningkat.

Jika penggunaan obat menunjukkan efek samping, dosisnya akan dikurangi secara bertahap. tergantung dengan keparahan efek samping, penggunaannya bisa saja dihentikan, Namun, Anda tidak dibolehkan untuk berhenti minum obat tanpa pengawasan dokter.

Efek samping Hidromorfon

cara cepat tidur saat gelisah

Sama seperti obat lainnya, Hydromorphone juga bisa menimbulkan efek samping. Namun, setiap orang sangat mungkin mengalami efek samping yang berbeda-beda. Mengingat tubuh setiap orang merespons obat dnegan cara yang berbeda pula.

Efek samping ringan

Efek samping parah

  • Gatal-gatal pada tubuh.
  • Pembengkakan mata, wajah, bibir, lidah, mulut, tenggorokan, lengan, tangan, kaki, pergelangan kaki, atau kaki bagian bawah.
  • Kesulitan bernapas atau menelan.
  • Suara serak.
  • Agitasi, halusinasi (melihat hal-hal atau mendengar suara-suara yang tidak ada), demam, kebingungan, detak jantung cepat, menggigil, kekakuan atau kedutan otot yang parah, kehilangan koordinasi, mual, muntah, atau diare.
  • Ketidakmampuan untuk mendapatkan atau mempertahankan ereksi.
  • Haid tidak teratur.
  • Hasrat seksual menurun.
  • Kejang.
  • Nyeri dada.
  • Pingsan.

Peringatan dan perhatian pakai obat Hidromorfon

obat herbal tradisional sesak napas

Beri tahu dokter jika Anda memiliki alergi pada obat ini atau obat lain yang sejenis.

Di samping itu, beri tahu juga pada dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu seperti berikut ini.

Apakah obat Hidromorfon aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Hydromorphone adalah obat yang masuk dalam ketegori C. Studi berbasis hewan menunjukkan penggunaan obat selama masa kehamilan bisa menyebabkan efek buruk pada janin. Salah satu efeknya adalah sindrom penarikan neonatus jika obat digunakan dalam jangka panjang.

Jadi, lakukan tes kehamilan lebih dahulu sebelum menggunakan obat atau beri tahu dokter jika Anda sedang hamil.

Interaksi obat Hidromorfon dengan obat lain

obat antibiotik untuk diare

Penggunaan obat ini bersamaan dengan obat lain bisa menimbulkan efek samping, kondisi tertentu, atau mengganggu kinerja obat. Berikut ini adalah daftar obat yang sebaiknya dihindari selama Anda minum obat pereda nyeri ini.

  • Obat antidepresan atau obat antipsikotik, seperti fenotiazin.
  • Pentazocine.
  • Nalbuphine.
  • Butorphanol.
  • Buprenorphine

Selain obat, Anda juga sebaiknya tidak minum alkohol selama mengikuti pengobatan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Hydromorphone (oral route) description and brand names. (2021, September 01). Retrieved November 12, 2021, from https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/hydromorphone-oral-route/description/drg-20074171

Hydromorphone: Medlineplus drug information. (n.d.). Retrieved November 12, 2021, from https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a682013.html

Abi-Aad KR, Derian A. Hydromorphone. [Updated 2021 Jul 13]. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2021 Jan-. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK470393/

Cek Produk BPOM. Retrieved November 12, 2021, from https://cekbpom.pom.go.id//home/produk/rs4d7h8mk3e5vnpjigs1pgkkk3/01/row/10/page/1/order/4/DESC/search/5/hydromorphone

Team, C. (n.d.). Hydromorphone. Retrieved November 12, 2021, from https://www.mims.com/indonesia/drug/info/hydromorphone?mtype=generic

FDA pregnancy categories. (n.d.). Retrieved November 12, 2021, from https://chemm.hhs.gov/pregnancycategories.htm

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Apt. Seruni Puspa Rahadianti, S.Farm. Diperbarui 4 hari lalu