Kesehatan Pernapasan

Bernapas telah menjadi tanda vital kehidupan manusia. Ketahui lebih banyak soal kesehatan sistem pernapasan, meliputi berbagai penyakit yang umum, seperti asma, pneumonia, TBC, bronkitis, PPOK, sesak napas, dan batuk; juga gejala, pengobatan, serta pencegahannya di halaman ini.

FAQ

Apa itu rongga hidung?

Icon Chevron

Rongga hidung adalah ruang di dalam hidung Anda. Rongga hidung terbagi menjadi saluran-saluran hidung yang dilapisi dengan selaput lendir. Setiap kali Anda bernapas dan udara melewatinya, saluran ini membuat udara jadi lembap sebelum masuk ke paru-paru. Rongga hidung juga memiliki rambut-rambut kecil yang membantu menyaring udara serta menghalangi kotoran dan debu.

Apa fungsi sistem pernapasan?

Icon Chevron

Udara yang manusia hirup mengandung oksigen yang kemudian ditukar dengan gas buangan yang disebut karbon dioksida ketika sel-sel tubuh menerima oksigen. Aliran darah Anda membawa karbon dioksida kembali ke paru-paru yang kemudian dikeluarkan dari aliran darah Anda. Proses ini disebut pertukaran gas. Sistem pernapasan manusia juga melakukan peran lain yakni: Mengatur suhu udara, lalu melembapkannya untuk mencapai tingkat kelembapan yang tepat; Menyaring udara dan melindungi tubuh dari zat berbahaya melalui batuk, bersin, atau tertelan; serta Mendukung indera penciuman.

Mengapa manusia perlu bernapas?

Icon Chevron

Tubuh manusia membutuhkan oksigen. Organ paru-paru mengirimkan oksigen ke tubuh melalui aliran darah yang mengalir ke berbagai jaringan dan organ. Bernapas juga menghilangkan karbon dioksida dengan melepaskannya ke udara saat manusia mengembuskan napas.

Bagaimana gerakan diafragma menyebabkan udara masuk dan keluar dari paru-paru?

Icon Chevron

Saat menarik napas, diafragma Anda mendatar dan menjadi lebih kecil sementara rongga dada Anda membengkak. Proses ini menciptakan ruang hampa yang menarik udara ke paru-paru Anda. Saat Anda mengembuskan napas, udara dipaksa keluar dari paru-paru, mengecilkan rongga dada, dan mengembalikannya ke bentuk seperti kubah.

Temukan lebih banyak topik Kesehatan Pernapasan