home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Verapamil

Verapamil

Verapamil adalah obat yang diresepkan untuk pengidap hipertensi,penyakit jantung, dan masalah kesehatan lain yang berkaitan. Kondisi-kondisi tersebut perlu diawasi perkembangan penyakitnya, sebab kerap kali tidak menimbulkan gejala berarti. Ketika terdeteksi, biasanya kondisi sudah parah dan bisa berakibat fatal jika dibiarkan. Dengan penggunaan obat ini, gejala bisa diredakan dan perkembangan penyakit bisa diperlambat.

Golongan obat: Antagonis kalsium, antiaritmia

Merek dagang obat verapamil: Verapamil, Tarka, Isoptin.

Apa itu obat Verapamil?

Verapamil adalah obat dengan fungsi untuk mengobati tekanan darah tinggi (hipertensi). Penggunaan obat ini dapat mencegah stroke,serangan jantung, dan masalah pada ginjal. Efek antihipertensi dari obat ini biasanya terlihat jelas pada minggu pertama pengobatan.

Nama lain dari obat ini adalah calcium channel blocker (penghalang aliran kalsium). Cara kerja dari obat ini, yakni mengendurkan pembuluh darah sehingga darah dapat mengalir dengan lebih mudah.

Obat dengan merek dagang Tarka ini adalah untuk mencegah nyeri pada dada (angina), serta membantu meningkatkan kemampuan Anda saat berolahraga dan mengurangi frekuensi Anda terkena serangan angina.

Kegunaan lain dari obat Verapamil yaitu untuk mengontrol detak jantung agar tetap normal. Jika Anda memiliki detak jantung tidak beraturan, seperti atrial fibrilasi. Minum obat ini dapat membantu melambatkan detak jantung, membuat Anda merasa lebih nyaman, serta meningkatkan kemampuan Anda ketika berolahraga.

Dokter kadang meresepkan obat ini untuk mengobati kardiomiopati hipertropik —salah satu jenis penyakit jantung lemah.

Dosis verapamil

kendaron obat tab adalah

Hipertensi

Orang dewasa: penggunaan awal sebanyak 240 mg per harinya, dalam 2-3 dosis terbagi. Maksimal boleh diminum 480 mg setiap hari di bawah pengawasan dokter.

Anak: usia kurang dari 2 tahun diberi 20 mg dalam 2-3 kali dosis terbagui, usia lebih dari 2 tahun diberi 40-120 mg dalam 2-3 kali dosis terbagi.

Angina pektoris (nyeri dada)

Orang dewasa: minum 120 mg tiga kali sehari atau 80 mg tiga kali sehari. Untuk pelepasan modikasi minum tidak lebih dari 480 mg setiap hari.

Aritmia supraventrikular

Orang dewasa: minum 120-480 mg dalam bentuk oral setiap hari dalam 3-4 dosis terbagi, tergantung pada respons pasien dan tingkat keparahan kondisinya. Dala bentuk injeksi, oabt awalnya diberi sebanyak 5-10 mg selama 2-3 menit, kemudian diberi lagi 5 mg melalui injeksi 5-10 menit jika diperlukan.

Anak: usia kurang dari 2 tahun diberi 20 mg sebanyak 3 kali sehari, dan untuk anak usia lebih dari 2 tahun diberi 40-120 mg sebanyak 2-3 kali sehari. Dalam bentuk injeksi, anak usia kurang dari 1 tahun diberi 0,1-0,2 mg/kg; 1-5 tahun sebanyak 0,1-0,3 mg/kg (maksimal pemberian 5 mg). Semua dosis diberikan selama minimal 2 menit, ulangi setelah 30 menit jika diperlukan.

Profilaksis sekunder infark miokard

Dewasa: pelepasan yang dimodifikasi, awalnya 360 mg setiap hari dalam dosis terbagi selama 1 minggu, setelah infark akut.

Aturan pakai verapamil

obat nyeri saat hamil

Obat verapamil tersedia dalam bentuk tablet salut selaput atau cairan injeksi. Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Minum obat ini sesudah atau sebelum makan, biasanya 3 sampai 4 kali sehari sesuai anjuran dokter. Dosis selalu diberikan berdasarkan kondisi kesehatan Anda dan bagaimana Anda merespon terapi. Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan hasil terbaik. Untuk membantu Anda mengingat, minumlah pada waktu yang sama setiap harinya.

Untuk pengobatan tekanan darah tinggi, mungkin diperlukan waktu sekitar seminggu hingga Anda benar-benar merasakan manfaat dari obat ini. Penting bagi Anda untuk melanjutkan mengonsumsi obat bahkan jika Anda merasa sudah sehat. Kebanyakan penderita tekanan darah tinggi tidak merasakan sakit pada dirinya.

Untuk mencegah rasa nyeri pada dada, sangatlah penting untuk mengonsumsi obat secara teratur sesuai resep. Jangan gunakan obat ini ketika rasa nyeri pada dada sedang berlangsung.

Gunakan obat-obatan lain untuk meredakan serangan mendadak sesuai arahan dokter (sebagai contoh, tablet nitroglycerin, letakkan di bawah lidah). Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk lebih lanjut.

Menghentikan dosis terlalu dini tanpa persetujuan dokter berisiko memperparah kondisi kesehatan Anda. Dokter akan menurunkan resep obat-obatan Anda secara bertahap.

Jika kondisi kesehatan Anda tidak membaik (tekanan darah Anda setiap harinya tetap tinggi atau meningkat, atau frekuensi rasa nyeri pada dada makin sering), konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Efek samping verapamil

jenis jantung lemah

Cari bantuan tenaga medis segera jika Anda mengalami reaksi alergi: gatal-gatal; kesulitan bernapas; bengkak pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan. Lebih jelasnya, efek samping yag mungkin terjadi selama penggunaan obat sebagai berikut.

Efek samping serius

  • Detak jantung yang cepat atau lambat.
  • Perasaan seperti Anda akan pingsan.
  • Demam, sakit tenggorokan, dan sakit kepala parah, dan terdapat ruam merah pada kulit.
  • Gerakan gelisah pada otot mata, lidah, rahang atau leher.
  • Merasa sesak napas, walau tidak banyak bergerak.
  • Pembengkakan, kenaikan berat badan yang cepat.
  • Mual, sakit perut, demam, kehilangan napsu makan, urine berwarna gelap, tinja berwarna seperti tanah liat, sakit kuning (menguning pada bagian kulit dan mata).

Efek samping ringan

  • Sembelit dan mual.
  • Ruam pada kulit atau gatal-gatal.
  • Pusing, sakit kepala, perasaan lelah.
  • Meriang, gatal, kemerahan, atau perasaan menggelitik di bawah kulit Anda.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah kepada dokter atau apoteker Anda.

Peringatan dan perhatian saat pakai obat Verapamil

Pasien di rumah sakit

Kontradiksi obat Verapamil

  • Syok kardiogenik.
  • Hipotensi (tekanan sistolik <90 mmHg).
  • Bradikardia.
  • Gagal jantung yang tidak terkompensasi.
  • Blok AV derajat 2 atau 3 (kecuali alat pacu jantung dipasang).
  • Sindrom sakit sinus.
  • Disfungsi ventrikel berat.
  • Atrial flutter atau atrial fibrilasi.
  • Aksesori saluran pintas (misalnya sindrom Wolff-Parkinson-White, Lown-Ganong-Levine).

Perhatian khusus pada kondisi tertentu

  • Pasien dengan bradikardia atau blok AV derajat 1.
  • Transmisi neuromuskular yang dilemahkan.
  • Kardiomiopati hipertrofik.
  • Gangguan ginjal dan hati.
  • Anak-anak, wanita hamil, dan ibu menyusui.

Cara menyimpan obat Verapamil

  • Simpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap.
  • Jangan disimpan di kamar mandi dan tidak dibekukan.
  • Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda.
  • Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.
  • Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan.
  • Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi.
  • Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang obat.

Apakah obat Verapamil aman untuk ibu hamil dan menyusui?

program hamil vaginismus

Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan yang berbasis di Amerika (FDA/Food and Drugs Administration), memasukkan obat ini dalam kategori C.

Itu artinya, ada studi berbasis hewan yang menunjukkan efek buruk penggunaan obat pada janin. Namun, belum ada studi penggunaan obat pada ibu hamil. Ada manfaat potensial yang didapat setelah penggunaan obat oleh ibu hamil dan mneyusui. Oleh karena itu, penggunaan obat harus mendapatkan izin dan di bawah pengawasan dokter.

Interaksi obat Verapamil dengan obat lain

Kinerja obat bisa saja terganggu atau bahkan menimbulkan masalah kesehatan lain, jika digunakan dengan beberapa obat berikut ini.

Selain obat, penggunaan Verapamil juga bisa terganggu karena konsumsi jus jeruk bali dan alkohol karena dapat meningkatkan kadar plasma. Tanyakan lebih lanjut mengenai hal ini kepada dokter yang menangani kondisi Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Commissioner, O. (n.d.). Medicine and pregnancy – fact sheet. Retrieved October 14, 2021, from https://www.fda.gov/consumers/free-publications-women/medicine-and-pregnancy

New FDA pregnancy categories explained. (n.d.). Retrieved October 14, 2021, from https://www.drugs.com/pregnancy-categories.html

Verapamil: Medlineplus Drug Information. (n.d.). Retrieved October 14, 2021, from https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a684030.html

Team, C. (n.d.). Verapamil. Retrieved October 14, 2021, from https://www.mims.com/indonesia/drug/info/verapamil?mtype=generic

Verapamil: Pio Nas. (n.d.). Retrieved October 14, 2021, from http://pionas.pom.go.id/obat/verapamil

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Apt. Seruni Puspa Rahadianti, S.Farm. Diperbarui 3 minggu lalu