health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Apa itu BMR?

Tubuh memerlukan bahan bakar agar semua organ dapat melakukan fungsi dasarnya dengan baik, seperti bernapas, mencerna makanan, hingga memompa darah ke seluruh tubuh. BMR adalah kebutuhan kalori minimal yang dipakai organ-organ tubuh untuk melakukan tugas dasarnya.

Dengan memenuhi BMR, tubuh dapat tumbuh dan berfungsi dengan baik.

Apa itu kalori dan fungsinya untuk tubuh?

Di dalam ranah gizi, kalori adalah sumber bahan bakar tubuh yang didapatkan dari mengonsumsi beragam makanan dan minuman. Kalori dari makanan dan minuman tersebut akan digunakan tubuh sebagai energi untuk melakukan segala aktivitas fisik. Hampir setiap bahan pangan dan makanan kemasan memiliki kalori. Anda bisa mengecek kandungan kalori dari suatu makanan olahan pada kemasannya.

Kebutuhan kalori harian setiap orang akan berbeda tergantung dengan berat, tinggi badan, usia, aktivitas fisik, jenis kelamin, dan kondisi tubuh. Maka itu, penting untuk mengetahui berapa banyak kalori yang Anda butuhkan setiap hari agar tubuh tetap sehat, bugar, dan aktif. Jika kalori harian yang Anda dapatkan dari makanan tidak sesuai dengan kebutuhan kalori, Anda berisiko mengalami kekurangan gizi (jika kekurangan kalori) atau obesitas (jika berlebihan).