home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Perlukah Minum Suplemen Kolagen Setiap Hari?

Perlukah Minum Suplemen Kolagen Setiap Hari?

Kolagen memegang peranan penting dalam mempertahankan kekuatan dan struktur tubuh. Meski tubuh bisa memproduksi kolagen, kemampuan ini akan terus berkurang seiring bertambahnya usia Anda. Agar asupan kolagen dalam tubuh tetap terpenuhi, beberapa orang memilih untuk mengonsumsi suplemen kolagen bubuk. Perlukah suplemen ini dikonsumsi setiap hari? Cari tahu jawabannya dalam artikel ini.

Sekilas tentang manfaat suplemen kolagen

Kolagen merupakan protein berserat yang sangat dibutuhkan kulit, jaringan ikat, tulang, tendon, tulang rawan, bahkan gigi Anda. Berkat kolagen, tubuh Anda bisa tesambung dan terikat satu sama lain sehingga menjadi terstruktur, kuat, dan elastis. Secara sederhana, kolagen bisa disebut sebagai lem yang mampu merekatkan keseluruhan tubuh menjadi satu kesatuan.

Tubuh Anda dapat memproduksi kolagennya sendiri secara konsisten. Sayangnya, kemampuan ini akan terus berkurang seiring bertambahnya usia. Jika sudah seperti itu, kulit Anda jadi kendur, garis-garis halus dan kerutan mulai bermunculan, serta tulang dan sendi pun ikut melemah. Nah, guna mendukung peningkatkan produksi kolagen, beberapa orang memilih untuk mengonsumsi suplemen kolagen.

Saat ini sudah banyak suplemen kolagen yang tersedia di pasaran, mulai dari yang berbentuk bubuk, pil, salep atau krim, dan bahkan suntik kolagen. Belum banyak penelitian yang membuktikan suplemen kolagen, tapi beberapa di antaranya menunjukkan bahwa manfaat suplemen ini termasuk:

  • Meningkatkan sirkulasi darah.
  • Menjaga kekenyalan kulit serta menggantikan sel-sel kulit mati.
  • Menunda penuaan dini dengan membantu menyamarkan garis-garis halus di wajah.
  • Mempercepat proses penyembuhan luka ataupun cedera.
  • Membantu meringankan nyeri rematik dan gejala osteoarthritis.
  • Menjaga kekuatan tulang dan sendi.
  • Menyehatkan rambut.
  • Mengurangi stretch marks.

Lantas, perlukah minum suplemen ini setiap hari?

Suplemen kolagen memang menawarkan berbagai manfaat kesehatan, tapi tidak semua orang perlu mengonsumsi suplemen ini setiap hari. Sebenarnya perlu atau tidaknya suplemen kolagen untuk dikonsumsi sehari-hari bergantung pada kebutuhan tubuh Anda.

Itu sebabnya, sebelum memutuskan untuk minum suplemen kolagen, Anda harus berkonsultasi dulu dengan dokter dan ahli gizi. Pasalnya, hanya dokter dan ahli gizilah yang bisa menentukan apakah Anda memang memerlukan tambahan kolagen supelemen atau tidaknya. Apabila setelah berkonsultasi ke dokter diketahui bahwa asupan kolagen alami tubuh Anda masih kurang, barulah Anda bisa mengonsumsi suplemen kolagen.

Namun, ada satu hal yang harus dipahami. Manfaat suplemen ini tidak akan maksimal apabila Anda tetap menerapkan gaya hidup yang tidak sehat. Hal ini termasuk merokok, gula darah yang tidak terkendali dengan baik, tidak menggunakan tabir surya saat berkegiatan di luar ruangan, dan berbagai hal lainnya yang secara alami bisa merusak dan menghambat produksi kolagen dalam tubuh Anda.

Jika Anda mengonsumsi suplemen kolagen tetapi tidak melakukan perubahan gaya hidup, hal ini bisa diibaratkan seperti mengisi bensin ke mobil tetapi Anda tidak mengganti oli mesin secara rutin.

Nah, oleh karena itu, apabila diharuskan mengonsumsi suplemen ini, ada baiknya Anda mengimbangi dengan menerapkan gaya hidup sehat. Hal ini bisa dimulai dengan memperhatikan asupan makanan dan olahraga teratur. Pilihlah makanan yang banyak mengandung vitamin A, vitamin C, tembaga, proline, dan anthocyanidin yang bisa ditemukan pada sayuran hijau, buah beri-berian, kacang-kacangan serta, biji-bijian.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

You Asked: Should I Eat Collagen Powder? – http://time.com/5034102/collagen-supplement-powder-benefits/ diakse pada 8 Januari 2018

4 Things That Happen When You Eat Collagen Every Day – https://www.prevention.com/eatclean/collagen-supplements diakses pada 8 Januari 2018

The Truth on What Collagen Really Does for Your Skin, Hair, and Bone Health – https://www.rd.com/health/beauty/collagen-pills/ diakses pada 8 Januari 2018

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Risky Candra Swari Diperbarui 04/11/2020
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus