home

Kebijakan Editorial dan Koreksi - Hello Health Group

Kebijakan Editorial

Prinsip Editorial Hello Sehat

Misi kami adalah menyediakan informasi yang akurat, kredibel, dan dapat dipercaya seputar dunia kesehatan untuk Anda. Tujuan kami adalah memastikan Hello Sehat menjadi sumber praktis dan terpercaya dalam keseharian Anda mencari segala informasi yang berkaitan dengan kesehatan dan kebahagiaan.

Kami berkomitmen untuk menyediakan berbagai jenis informasi seputar topik kesehatan. Namun pada prosesnya, kami meminta Anda, sebagai pembaca, untuk memilah dan memilih informasi yang paling tepat untuk Anda. Tidak memungkinkan bagi kami untuk menyaring informasi yang akan ditayangkan, karena kondisi kesehatan masing-masing orang berbeda.

Perlu diketahui bahwa semua informasi yang dimuat di situs Hello Sehat atau situs lainnya di Hello Health Group bukanlah pengganti saran atau aturan petugas medis profesional. Selalu konsultasikan dengan dokter atau penyedia layanan kesehatan jika Anda memiliki pertanyaan atau mengalami kondisi medis tertentu. Jangan mengabaikan saran dari tenaga medis atau menunda mencari pertolongan hanya karena Anda telah membaca informasi di situs kami maupun situs lain.

Cara Kami Memilih Konten Editorial di Hello Sehat

Hello Sehat merancang konten berdasarkan kriteria di bawah ini:

Relevansi – Isu-isu yang dapat membantu pembaca menjaga kesehatan diri dan keluarganya sehari-hari. Untuk itu kami menyajikan topik seputar dunia kesehatan; peluncuran, penarikan, dan peringatan obat-obatan atau produk kesehatan; nasihat kesehatan; dan ulasan dari para ahli dalam menangani penyakit dan kondisi kesehatan, serta menjaga kesehatan.

Teruji Secara Ilmiah – Referensi dan sumber medis yang kami gunakan merupakan temuan medis terbaru yang diterbitkan dalam jurnal lokal maupun internasional yang telah ditelaah oleh profesional di bidangnya, termasuk situs kesehatan resmi milik pemerintah, asosiasi dokter, dan lainnya.

Tren – Isu-isu terkini mulai dari tips kesehatan saat banjir, musim demam dan flu, hingga upaya membangun kesadaran seperti Pekan Kanker Payudara atau Bulan Kesehatan Jantung kami sajikan. Selain itu, kami juga peduli akan tren kesehatan yang sedang naik daun daun seputar fitness, makanan bergizi, pola hidup sehat, pencegahan penyakit, hingga pengobatan herbal dan alternatif. 

Konten Kami Unik

Kami unik dan lebih baik. Kami ingin mematahkan mitos bahwa situs informasi acap kali menyediakan informasi yang kuno dan tidak akurat.  Hello Sehat berupaya agar tetap menjadi sumber terpercaya dalam menyediakan informasi seputar dunia kesehatan.

Konten kami dibuat dengan pendekatan bahasa dan konteks lokal yang terjadi di sebuah negara. Setiap informasi yang kami sajikan sudah melalui proses riset yang komprehensif, seimbang, dan jelas. Ini berlaku baik untuk konten yang bersifat medis, gaya hidup, atau berita.

Konten berita dan feature telah diseleksi oleh editor kami berdasarkan tingkat kepentingan dan relevansi peristiwa yang berhubungan dengan kesehatan pada waktu tertentu. Konten berita kami adalah ringkasan sebuah penelitian atau sebuah peristiwa. Konten berita tersebut umumnya memuat hasil wawancara dengan peneliti dan ahli medis terkait penelitian atau kejadian tertentu.

Integritas Editorial – Tanggung jawab jurnalistik dari Hello Sehat adalah untuk memperjelas batasan antara konten berita, feature, referensi, dan informasi lainnya agar pengguna dapat membedakan dengan jelas mana artikel editorial independen dan konten berbayar.

Kebebasan Editorial – Dalam pemuatan artikel, Hello Sehat mempertahankan prinsip keadilan, ketepatan, tidak berat sebelah, bertanggung jawab, dan reportase yang independen.

Keunggulan Jurnalistik – Hello Sehat memegang teguh prinsip tradisional jurnalistik yang mendasari keunggulan dalam memproduksi konten yang original bagi pembaca dan bekerja sama dengan ahlinya untuk meninjau dan menguatkan informasi dari sumber lain.

Aturan untuk Staf Editorial Hello Health Group

Semua staf editorial Hello Sehat harus bertindak transparan jika menemukan konflik kepentingan dengan sponsor atau vendor. Semua anggota tim editorial Hello Sehat sudah dilatih untuk memproduksi konten yang akurat secara medis, seimbang, dan hanya mengutip dari sumber terpercaya untuk kemudian dikaitkan dengan konteks lokal agar relevan dengan kebutuhan pembaca di Indonesia.

Staf editorial Hello Sehat bertanggung jawab dalam menyediakan konten yang objektif, akurat, dan seimbang dari berbagai topik, peristiwa, atau isu yang sedang berkembang. Tim editorial Hello Sehat harus dengan sungguh-sungguh mencari sumber informasi atau ahli profesional untuk diwawancarai. Mereka juga harus mencari uraian yang objektif dari ahli demi memproduksi artikel yang seimbang.

Tim editorial Hello Sehat memiliki misi untuk memberikan peliputan yang jujur dan teliti serta bersama-sama mendedikasikan diri pada nilai-nilai etis serta standar profesional tertinggi.

Proses Produksi Konten Hello Sehat

Konten Hello Sehat meliputi segala informasi terbaru yang diperoleh dari jurnal-jurnal medis penting, konferensi medis, kementerian kesehatan, dan wawancara dari berbagai pakar kesehatan. Hello Sehat juga mendapatkan sumber konten dari sponsor, pengiklan, dan mitra yang sudah diberi label sponsor.

Setiap artikel yang dimuat telah diteliti terlebih dulu oleh tim editor medis yang terdiri dari dokter dan ahli untuk menjaga akurasi, kelayakan bahasa medis, dan ketepatan dari setiap temuan. Ahli yang memeriksa artikel bisa berasal dari dokter atau tidak, tergantung jenis artikelnya. Artikel tersebut kemudian akan diperiksa oleh editor kami untuk memastikan gaya penulisan yang baik, tanda baca, dan kelayakan baca. Langkah terakhir, artikel akan dimuat di situs kami.

Konten Berlisensi

Konten berlisensi dari pihak ketiga akan diperiksa oleh editor editorial dan editor medis sebelum dimuat di situs Hello Sehat untuk kelayakan dan konsistensi agar sesuai dengan Kebijakan Editorial yang tertera di halaman ini.

Konten Bersponsor dan Iklan

Saat menggunakan situs kami, Anda juga akan melihat sebagian konten, banner, dan fitur diberi label ‘sponsor’, ‘konten bersponsor’, atau ‘iklan’. Hello Sehat kemungkinan mendapatkan pendanaan dari sponsor dalam pembuatan konten tersebut. Informasi lebih detail soal ini bisa Anda cek di Kebijakan Iklan dan Sponsor kami di sini.

Konten Terkait Produk dan Layanan

Sebagai bagian dari integritas editorial, staf editorial selalu menyertakan tautan ke produk dan layanan yang relevan dan dinilai dapat berguna bagi pembaca. Seperti semua konten kami, konten ulasan produk yang menyertakan tautan ke halaman belanja dibuat oleh editorial secara independen.

Hello Sehat selalu memastikan adanya perbedaan yang jelas antara konten editorial dan konten bisnis. Kami juga menerapkan kebijakan periklanan yang memastikan sponsor dan mitra bisnis tidak memengaruhi konten editorial.

Bagaimana Hello Sehat memilih produk dan layanan

Tim editorial Hello Sehat menganalisis data dan mengumpulkan masukan pembaca untuk mengetahui konten yang dibutuhkan pembaca untuk membantu mereka memutuskan masalah kesehatan dirinya atau orang-orang di sekitarnya. Setelah mengetahui apa yang dicari oleh pembaca, kami akan mendalami dan memeriksa produk, layanan, dan merek berdasarkan kriteria kami baik itu popularitas, kualitas, nilai, dan kemudahan penggunaan. Selain itu, kami juga mendapat saran dan masukan dari dokter dan pakar yang relevan di bidangnya.

Kami ingin membuat konten yang objektif dengan menunjukkan kelebihan dan kekurangan dari produk yang kami ulas beserta informasi harga yang transparan. Jika Anda melaukan pembelian di situs belanja setelah mengklik salah satu tautan kami, Hello Sehat dapat memperoleh komisi dari pembelian itu yang membantu mendukung semua pekerjaan yang kami lakukan.

Dalam kondisi kami di mana kami mengembangkan kerjasama bisnis langsung dengan merek atau penjual, Hello Sehat memastikan hanya bekerjasama dengan organisasi yang melakukan uji tuntas dan transparan mengenai kemananan, kualitas, dan kemanjuran produknya.

Kebijakan Koreksi Hello Sehat

Hello Sehat berkomitmen untuk mengoreksi atau mengklarifikasi konten, jika dibutuhkan. Kami mengambil langkah segera untuk mengedit kesalahan-kesalahan kecil seperti ejaan, tata bahasa, atau perubahan format tulisan. Perubahan format tulisan tidak akan memengaruhi maksud dan tujuan dari konten, karena itu biasanya perubahan ini akan kami buat langsung tanpa pemberitahuan.

Jika kami mengidentifikasi adanya kesalahan pada materi konten, kami akan memperbaiki dan memperbarui kontennya secepat mungkin. Kebijakan koreksi ini hanya berlaku pada konten original Hello Sehat, termasuk dan tidak dibatasi oleh berita, artikel feature, atau materi referensi medis. Koreksi apapun mengenai lisensi atau konten dari pihak ketiga adalah tanggung jawab mereka.

Jika Anda menemukan kesalahan pada salah satu konten kami, informasikan dengan cara mengirimkan email ke Customer Service kami menggunakan tautan ‘Hubungi Kami’ yang bisa Anda temukan di bagian bawah situs.

Update terakhir: 23 Juli 2021