Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Asam Folat

Asam Folat

Asam folat atau folic acid merupakan salah satu vitamin yang sering disarankan konsumsinya untuk ibu hamil, mengingat manfaatnya yang dapat membantu perkembangan janin di dalam kandungan.

Selain dari makanan, vitamin ini juga bisa didapatkan dari suplemen.

Golongan obat: suplemen vitamin

Merk dagang: Vira Folic Acid 400, Vira Folic Acid 1000, Folavit 400

Folic acid obat apa?

penderita anemia minum suplemen saat puasa

Asam folat atau folic acid adalah salah satu jenis vitamin B yang membantu tubuh Anda memproduksi dan mempertahankan sel-sel baru. Selain itu, asam folat juga dapat mencegah perubahan DNA yang bisa menyebabkan kanker.

Vitamin ini biasanya ditemukan dalam berbagai jenis makanan, seperti:

  • buah-buahan (pisang, jeruk, lemon),
  • sayuran hijau (bayam, selada, dan brokoli),
  • kacang-kacangan (kacang kering dan kacang polong),
  • asparagus,
  • jamur dan ragi,
  • daging sapi (hati dan ginjal), dan
  • jus buah (jus jeruk dan jus tomat).

Sementara itu, obat atau suplemennya biasanya diresepkan untuk mengobati anemia megaloblastik yang disebabkan oleh kekurangan vitamin B, khususnya asam folat.

Suplemen ini juga digunakan untuk mencegah anemia hemolitik, kekurangan folat pada orang-orang yang menjalani dialisis ginjal, serta kekurangan folat karena obat.

Dosis asam folat

Dosis suplemen folic acid untuk setiap orang bisa berbeda-beda, tergantung dengan tujuan pemakaiannya. Berikut adalah dosis yang umum diberikan berdasarkan kondisi yang ingin ditangani.

Dosis oral untuk pencegahan cacat tabung saraf pada kehamilan

  • Dewasa: 5 mg diminum setiap hari, mulai 4 minggu sebelum kehamilan dan dilanjutkan hingga trimester pertama.

Dosis oral untuk anemia megaloblastik defisiensi folat

  • Dewasa: 5 mg diminum setiap hari selama 4 bulan, lalu dosis dilanjutkan menjadi 15 mg setiap hari pada keadaan malabsorpsi. Dosis pemeliharaan bisa diberikan sebanyak 5 mg setiap 1–7 hari.
  • Anak-anak di atas 1 tahun: sama seperti dosis dewasa.

Dosis parenteral untuk anemia megaloblastik defisiensi folat

  • Dewasa: diberikan sebanyak 1 mg melalui injeksi intravena atau intramuskular. Dosis pemeliharaan bisa diberikan sebanyak 0,4 mg setiap hari.
  • Anak-anak: sama seperti dosis dewasa, untuk dosis pemeliharaan pada anak di bawah 4 tahun diberikan sebanyak 0,3 mg setiap hari, sedangkan dosis pemeliharaan pada anak di atas 4 tahun sebanyak 0,4 mg setiap hari.
  • Bayi: untuk dosis pemeliharaan diberikan sebanyak 0,1 mg setiap hari.

Aturan pakai asam folat

folamil genio suplemen

Asam folat dalam sediaan suntik akan diberikan oleh petugas kesehatan di rumah sakit, sedangkan suplemen oral harus diminum sesuai dengan aturan dari dokter atau petunjuk pada label.

Jangan melebihi dosis dari yang dianjurkan agar tidak terjadi efek samping.

Suplemen bisa diminum dengan atau tanpa makanan. Usahakan minum suplemen pada waktu yang sama setiap hari untuk menjaga efektivitasnya.

Bila Anda melewatkan satu dosis, segera minum ketika Anda ingat. Namun, jika ini terjadi saat waktu minum suplemen sudah mendekati dosis selanjutnya, lewati dosis yang sudah terlewat.

Minumlah dosis selanjutnya seperti biasa. Jangan menggandakan dosis obat dalam keadaan apa pun.

Suplemen vitamin paling baik disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan dari sinar matahari langsung. Jangan menyimpan vitamin di tempat yang lembap seperti kamar mandi dan jangan membekukannya.

Efek samping asam folat

minum suplemen saat sakit

Umumnya, asam folat tidak menimbulkan efek samping selama penggunaannya dilakukan sesuai aturan. Meski demikian, tetap ada beberapa efek samping yang perlu diwaspadai.

Asam folat dapat memperburuk gejala kekurangan vitamin B12. Oleh karena itu, suplemen tidak boleh digunakan untuk mengobati anemia yang belum diketahui penyebabnya.

Suplemen ini juga bisa menimbulkan gangguan pencernaan, seperti perut kembung, mual, dan nafsu makan berkurang.

Pada kasus yang lebih jarang, asam folat dapat menimbulkan reaksi alergi seperti ruam, gatal-gatal, biduran (urtikaria), dan reaksi alergi parah bernama anafilaksis.

Beri tahu dokter Anda jika salah satu dari efek samping ini tidak kunjung membaik atau jika Anda mengalami efek samping yang serius.

Peringatan dan perhatian saat pakai asam folat

Suplemen vitamin ini tidak boleh diberikan untuk mengobati anemia yang berkaitan dengan kekurangan B12 atau belum terdiagnosis.

Oleh karena itu, pasien harus benar-benar mendapatkan diagnosis lengkap sebelum menggunakan suplemen asam folat.

Suplemen tidak boleh digunakan secara rutin pada pasien yang menggunakan ring jantung. Selain itu, pemakaian suplemen juga harus dilakukan dengan hati-hati pada pasien yang memiliki tumor.

Pasien dengan penyakit keturunan tertentu atau gangguan penyerapan glukosa dan galaktosa tidak boleh minum suplemen ini.

Pastikan Anda memberi tahu dokter mengenai segala kondisi dan obat-obatan lainnya yang Anda konsumsi sebelum menggunakan suplemen apa pun.

Apakah asam folat aman untuk ibu hamil dan menyusui?

tips meminum vitamin untuk ibu hamil

Folic acid termasuk salah satu asupan yang penting untuk ibu hamil. US Food and Drug Administration (FDA) pun menyebutkan kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan kelainan serius pada otak dan tulang belakang janin.

Bila Anda ingin mengonsumsi suplemennya, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Pada ibu menyusui, belum ada efek samping pada bayi yang diberi ASI dari ibu yang sedang menjalani perawatan dengan suplemen asam folat.

Meski demikian, konsultasi tetap perlu dilakukan untuk memastikan keamanannya.

Interaksi asam folat dengan obat lain

Interaksi suplemen asam folat dengan obat lain dapat mengubah kinerja suplemen atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Berikut merupakan beberapa obat yang dapat berinteraksi dengan suplemen ini.

  • Obat untuk radang usus seperti sulfasalazine.
  • Cholestyramine untuk mengatasi kolesterol dalam darah.
  • Antibiotik seperti trimethoprim atau sulfonamid.
  • Antikonvulsan untuk atasi kejang seperti fenitoin, fenobarbital, dan primidon.
  • Fluorourasil untuk kemoterapi.

Masih ada berbagai interaksi lain yang belum disebutkan. Oleh karena itu, pastikan Anda memberi tahu dokter terkait apa saja jenis obat, suplemen, atau produk herbal yang sedang Anda minum sebelum mengonsumsi folic acid.

Verifying...

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Folic Acid. (n.d.). MIMS Indonesia. Retrieved June 9, 2022, from https://www.mims.com/indonesia/drug/info/folic%20acid?mtype=generic

Folate (Folic Acid). (n.d.). Harvard T.H. Chan School of Public Health. Retrieved June 9, 2022, from https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/folic-acid/

Folic Acid 5mg Tablet. (2018). EMC. Retrieved June 9, 2022, from https://www.medicines.org.uk/emc/product/6998#

Folate and Folic Acid on the Nutrition and Supplement Facts Labels. (2022). Retrieved 24 June 2022, from https://www.fda.gov/food/new-nutrition-facts-label/folate-and-folic-acid-nutrition-and-supplement-facts-labels

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Winona Katyusha Diperbarui 3 days ago
Ditinjau secara medis oleh Apt. Seruni Puspa Rahadianti, S.Farm.