backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

Asam Clodronic (Clodronic Acid)

Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri · General Practitioner · Integrated Therapeutic


Ditulis oleh Novita Joseph · Tanggal diperbarui 27/05/2022

Asam Clodronic (Clodronic Acid)

Asam Clodronic (Clodronic Acid) Obat Apa?

Untuk apa Asam clodronic digunakan?

Asam clodronic adalah obat yang, umum digunakan untuk mengobati kalsium yang tinggi dalam darah (hiperkalsemia) yang disebabkan oleh perubahan tubuh yang disertai kanker.  Clodronic acid juga mengobati melemahnya tulang ketika kanker telah menyebar ke tulang.

Bagaimana cara penggunaan asam clodronic?

Bacalah panduan obat dan Brosur Informasi Pasien yang disediakan apotek, jika ada, sebelum Anda mendapatkan obat ini dan setiap kali Anda membeli ulang. Jika ada pertanyaan, ajukan pada dokter atau apoteker.

Dosis Asam Clodronic (Clodronic Acid)

Bagaimana cara penyimpanan asam clodronic?

Asam clodronic adalah obat yang paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan simpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Efek samping Asam Clodronic (Clodronic Acid)

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis asam clodronic untuk orang dewasa?

Dosis untuk obat minum:

Untuk mengobati hiperkalsemia (terlalu banyak kalsium dalam darah):

Dewasa: 1600 mg – 2400 mg diberikan dalam satu atau dua jumlah yang dibagi per hari. Dokter dapat memberikan kapsul setelah clodronic  masuk melalui pembuluh darah Anda. Anda tidak boleh mengonsumsi lebih dari 3200 mg dalam sehari. Minum larutan asam clodronic setidaknya dua jam sebelum atau setelah makan.

Dosis dalam bentuk suntikan:

Untuk mengobati hiperkalsemia (terlalu banyak kalsium dalam darah):

Dewasa: 300 mg dalam larutan yang akan disuntikkan selama dua jam ke pembuluh darah, sekali sehari selama dua sampai lima hari. Perawatan tidak akan lebih dari tujuh hari. Obat mungkin akan dikurangi jika Anda memiliki masalah ginjal.

Bagaimana dosis asam clodronic untuk anak-anak?

Asam clodronic adalah obat yang keamanan dan efektivitasnya masih belum dipastikan untuk pasien di bawah 18 tahun.

Dalam bentuk apakah Clodronic acid tersedia?

Asam clodronic adalah obat yang tersedia dalam bentuk:

  • tablet
  • kapsul
  • suntikan
  • Peringatan dan Perhatian Obat Asam Clodronic (Clodronic Acid)

    Efek samping apa yang dapat dialami karena asam clorodonic?

    Asam clodronic adalah obat yang dapat mengakibatkan efek samping tertentu. Segera periksa ke dokter jika Anda mengalami efek samping di bawah ini:

    Efek yang langka:

    • masalah pernapasan
    • kejang
    • perubahan suasana hati atau jiwa
    • kram otot pada tangan, lengan, kaki, atau wajah
    • otot gemetar
    • masalah buang air kecil
    • luka di tenggorokan
    • kram perut atau nyeri
    • pembengkakan wajah, pergelangan kaki atau tangan
    • detak jantung yang tidak biasa
    • kelelahan yang tidak biasa

    Efek yang umum terjadi:

    • Diare
    • sering buang air besar
    • mual dan muntah
    • Efek yang kurang umum:

      • urin keruh
      • iritasi pada mulut

      Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

      Interaksi Obat Asam Clodronic (Clodronic Acid)

      Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan asam clodronic?

      Sebelum menggunakan obat tertentu, pertimbangkan risiko dan manfaatnya terlebih dahulu. Ini adalah keputusan yang harus dibuat Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, perhatikan hal berikut:

      1. Alergi

      Beri tahu dokter jika Anda mengalami reaksi tak biasa atau alergi pada obat ini atau obat lain. Beri tahu dokter juga jika Anda memiliki alergi tipe lain seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau alergi hewan. Untuk produk tanpa resep, baca label pada kemasan secara saksama.

      2. Anak-anak

      Studi mengenai obat ini telah dilakukan hanya pada pasien dewasa, dan tidak ada informasi spesifik yang membandingkan penggunaan clodronate pada anak-anak dengan kelompok usia lainnya.

      3. Lansia

      Banyak obat-obatan yang belum diteliti secara khusus pada orang tua. Oleh karena itu, tidak diketahui apakah obat ini bekerja dengan cara yang sama seperti pada orang dewasa yang lebih muda atau apakah menyebabkan efek samping yang berbeda pada orang tua. Tidak ada informasi spesifik yang membandingkan penggunaan clodronate pada orang tua dengan kelompok usia lainnya.

      Apa yang perlu diketahui mengenai asam clodronic jika sedang hamil atau menyusui?

      Belum ada informasi yang memadai tentang keamanan dalam menggunakan obat ini selama masa kehamilan dan menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

      Overdosis Asam Clodronic (Clodronic Acid)

      Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan asam clodronic?

      Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

      Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan asam clodronic?

      Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

      Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan asam clodronic?

      Asam clodronic adalah obat yang bisa menimbulkan interaksi dengan beberapa kondisi tertentu. Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

      • perut kram atau nyeri, mual, perut panas. Mengonsumsi clodronate, terutama melalui mulut, dapat memperparah masalah perut Anda.
      • masalah ginjal. Mengonsumsi clodronate dapat memperparah masalah ginjal Anda. Dokter mungkin akan memberikan lebih sedikit clodronite untuk Anda minum.

      Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

      Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

      Gejala overdosis:

      kejang

      perubahan suasana hati atau jiwa

      kram otot

      masalah buang air kecil

      sakit perut atau kram

      kesulitan bernapas

      detak jantung yang tidak biasa

      Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

      Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

      Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

      Catatan

      Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.

      Ditinjau secara medis oleh

      dr. Tania Savitri

      General Practitioner · Integrated Therapeutic


      Ditulis oleh Novita Joseph · Tanggal diperbarui 27/05/2022

      ad iconIklan

      Apakah artikel ini membantu?

      ad iconIklan
      ad iconIklan