Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

Gansiklovir (Ganciclovir)

    Gansiklovir (Ganciclovir)

    Virus yang masuk ke tubuh bisa menyebabkan infeksi, salah satu contohnya adalah virus cytomegalovirus. Virus ini jarang menimbulkan masalah jika kondisi sehat, tapi bisa berakibat fatal pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang buruk. Nah, infeksi ini bisa diobati dengan obat gansiklovir (ganciclovir). Untuk tahu lebih dalam mengenai obat ini, simak ulasannya berikut.

    Golongan obat: antivirus

    Merek dagang: Cymevene

    Apa itu obat gansiklovir?

    artesunat

    Gansiklovir (ganciclovir) adalah obat untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh cytomegalovirus (CMV). Contoh penyakit yang disebabkan oleh virus ini adalah retinitis cytomegalovirus, yakni infeksi mata yang bisa menyebabkan kebutaan, terutama pada orang yang sistem kekebalan tubuhnya lemah.

    Obat ini kadang digunakan juga untuk mencegah terjadinya infeksi virus CMV pada penerima transplantasi yang berisiko mengalami infeksi karena sistem imun tubuhnya lemah. Cara kerja dari obat ini adalah menghentikan penyebaran virus CMV di dalam tubuh.

    Orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah seperti penderita AIDS serta orang yang menjalani transplantasi organ, sel induk, atau sumsum tulang rentan mengalami infeksi ini.

    Dosis gansiklovir

    Infeksi silang dari infus

    Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

    Obat ini tersedia dalam bentuk serbuk injeksi yang setelah dilarutkan, obat akan diberikan secara infus.

    Setiap orang dapat diresepkan dosis obat yang berbeda-beda. Ini bergantung dengan masalah kesehatan yang diidap, usia, dan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

    Pengobatan infeksi virus CMV

    • Dosis awal 5 mg/kgBB, setiap 12 jam, selama 14–21 hari.
    • Dosis perawatan 5 mg/kgBB, 1 kali sehari, setiap hari; atau 6 mg/kgBB, 1 kali sehari, selama 5 hari dalam seminggu. Lamanya pengobatan akan ditentukan oleh dokter.

    Pencegahan infeksi virus CMV pada orang yang berisiko

    • Dosis awal 5 mg/kgBB setiap 12 jam selama 7–14 hari.
    • Dosis perawatan 5 mg/kgBB, 1 kali sehari, setiap hari; atau 6 mg/kgBB, 1 kali sehari, selama 5 hari dalam seminggu. Durasi pengobatan akan ditentukan oleh dokter.

    Aturan pakai gansiklovir

    propofol

    Pemberian obat dilakukan lewat cairan infus atau suntikkan intravena atau melalui pembuluh darah, sehingga tindakan dilakukan langsung oleh tim medis di rumah sakit.

    Biasanya obat diberikan setiap 12 jam. Lamanya pengobatan bergantung dengan kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh, jenis infeksi yang dialami, dan seberapa baik Anda merespons obat-obatan.

    Dokter akan memberi tahu berapa lama pengobatan ini perlu dilakukan. Jadi, sebelum maupun setelah perawatan dilakukan tanyakan hal-hal apa saja yang sebaiknya dilakukan atau dihindari.

    Efek samping gansiklovir

    ilustrasi masalah dan penyakit diare atau mencret

    Seperti obat lain, ganciclovir bisa menimbulkan efek samping. Setiap orang bisa menunjukkan efek samping yang berbeda-beda, tergantung bagaimana tubuh merespons obat. Ada pula yang merasakan gejala yang tidak disebutkan di bawah ini.

    Efek samping ringan

    • Diare
    • Kehilangan selera makan
    • Muntah
    • Kelelahan
    • Berkeringat
    • Gatal
    • Kemerahan, nyeri, atau bengkak di tempat suntikan

    Efek samping serius

    Jika Anda mengalami efek samping ringan tapi tidak kunjung membaik atau menunjukkan efek samping serius, segera hubungi dokter.

    Peringatan dan perhatian pakai obat gansiklovir

    Beri tahu dokter jika Anda memiliki alergi pada obat antivirus sejenis. Biasanya kondisi ini ditunjukkan dengan ruam, pembengkakan, dan sesak napas.

    Di samping itu, Anda juga perlu memberi tahu jika memiliki masalah kesehatan lain, seperti kondisi kelainan darah, penyakit ginjal, atau sedang menjalani radioterapi. Selama menggunakan obat ini, Anda mungkin perlu melakukan tes darah secara teratur untuk memeriksa respons tubuh terhadap pengobatan.

    Apakah obat gansiklovir aman untuk ibu hamil dan menyusui?

    sindrom langka pada ibu hamil

    Obat ini tidak boleh digunakan oleh ibu hamil atau ibu menyusui. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan obat bisa menyebabkan gangguan pada janin dan cacat lahir. Sementara pada ibu menyusui, kandungan obat bisa tercampur dengan ASI dan masuk ke dalam tubuh bayi.

    Oleh karena itu, beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, merencanakan kehamilan dalam waktu dekat, atau sedang menyusui. Dokter mungkin akan meminta Anda menjalani tes kehamilan terlebih dahulu sebelum menggunakan obat.

    Interaksi obat gansiklovir dengan obat lain

    neosanmag

    Selain masalah kesehatan, beri tahukan juga pada dokter jika Anda sedang menggunakan obat-obatan di bawah ini.

    • Antibiotik, seperti imipinem dan cilastatin.
    • Obat asam urat, seperti probenesid.
    • Obat-obatan untuk HIV, seperti zidovudin.
    • Obat-obatan yang digunakan untuk mencegah penolakan organ transplantasi misalnya mikofenolat mofetil.
    • Obat-obatan untuk kanker seperti vincristine dan vinblastine.
    • Obat-obatan untuk infeksi jamur misalnya amfoterisin B.

    Selain obat-obatan di atas, beri tahu juga jika Anda menggunakan obat-obatan Tiongkok maupun suplemen.

    health-tool-icon

    Kalkulator BMI (IMT)

    Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

    Laki-laki

    Wanita

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Cytomegalovirus (CMV) infection – Symptoms and causes. (2022). Retrieved 31 January 2022, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/cmv/symptoms-causes/syc-20355358

    Cek Produk BPOM – BPOM RI. (2022). Retrieved 31 January 2022, from https://cekbpom.pom.go.id//home/produk/6o50h3vesvqah5lenqq5bdv5t1/all/row/10/page/0/order/4/DESC/search/5/Ganciclovir

    Drugs, H. (2022). Ganciclovir Injection: MedlinePlus Drug Information. Retrieved 31 January 2022, from https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a689014.html

    Ganciclovir – Intravenous Patient Medicine Information | MIMS Indonesia. (2022). Retrieved 31 January 2022, from https://www.mims.com/indonesia/drug/info/ganciclovir/patientmedicine/ganciclovir%2B-%2Bintravenous

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui Mar 14
    Ditinjau secara medis oleh Apt. Seruni Puspa Rahadianti, S.Farm.
    Next article: