home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Trihexyphenidyl

Trihexyphenidyl Obat Apa?|Dosis Trihexyphenidyl|Efek samping Trihexyphenidyl|Peringatan dan Perhatian Obat Trihexyphenidyl|Interaksi Obat Trihexyphenidyl|Overdosis Trihexyphenidyl
Trihexyphenidyl

Trihexyphenidyl Obat Apa?

Untuk apa Trihexyphenidyl?

Trihexyphenidyl adalah obat untuk mengobati gejala penyakit Parkinson atau gerakan lainnya yang tidak bisa dikendalikan, yang disebabkan oleh efek samping dari obat psikiatri tertentu (antipsikotik seperti chlorpromazine/haloperidol).

Obat ini juga membantu menurunkan rasa kaku pada otot, keringat berlebih, dan produksi air liur. Tak hanya itu, trihex juga mampu membantu meningkatkan kemampuan berjalan pada pasien Parkinson.

Trihexyphenidyl termasuk dalam kelas obat antiklonergik yang bekerja dengan menghalangi zat alami tertentu (acetylcholine).

Obat trihexyphenidyl tidak dapat membantu masalah pergerakan di luar kontrol yang disebabkan oleh tardive dyskinesia. Malah, obat ini bisa saja memperburuk kondisi tersebut.

Bagaimana aturan minum Trihexyphenidyl?

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan dengan trihexyphenidyl. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Trihexyphenidyl diminum biasanya 3-4 kali sehari setelah makan dan sebelum tidur, atau sesuai arahan dokter.

Dokter Anda mungkin akan memberikan dosis rendah sebagai permulaan, dan meningkatkan dosis secara bertahap untuk mendapatkan dosis yang tepat bagi Anda.

Dosis diberikan berdasarkan kondisi medis, usia, dan respons tubuh Anda terhadap terapi.

Jika Anda menggunakan bentuk cair dari obat trihexyphenidyl, ukur dosis Anda dengan sendok pengukur atau alat takar. Jangan gunakan sendok makan rumah karena dosisnya bisa jadi tidak tepat.

Minum obat secara teratur untuk mendapatkan hasil maksimal. Untuk membantu Anda mengingat, minum pada waktu yang sama setiap harinya.

Minum trihexyphenidyl setidaknya 1 jam sebelum antasida yang mengandung magnesium, aluminum, atau kalsium.

Berikan jarak setidaknya 1-2 jam antara dosis trihexyphenidyl dan obat diare tertentu (adsorbent antidiarrheals seperti kaolin, pectin, attapulgite).

Minum obat trihexyphenidyl setidaknya 2 jam setelah ketoconazole. Antasida dan beberapa obat diare dapat mencegah trihexyphenidyl terserap secara penuh, dan produk ini dapat mencegah ketoconazole terserap secara penuh ketika produk ini diambil bersamaan.

Jika Anda meminum trihexyphenidyl untuk mengobati efek samping dari obat lain, dokter Anda mungkin akan menginstruksikan Anda untuk meminumnya secara teratur sesuai jadwal atau hanya pada saat dibutuhkan.

Jika Anda meminum obat trihexyphenidyl untuk penyakit Parkinson, dokter Anda mungkin akan mengubah dosis obat Anda yang lain (contoh, levodopa). Ikuti petunjuk dokter.

Ada kemungkinan kecil trihexyphenidyl dapat menimbulkan kecanduan. Jangan menambah dosis, menambah jumlah minum obat, atau meminumnya lebih lama dari yang dianjurkan.

Berhenti menggunakan obat sepenuhnya saat diinstruksikan. Meski begitu, beberapa kondisi mungkin saja jadi lebih parah ketika pengobatan dihentikan secara tiba-tiba. Itu sebabnya, Anda mungkin perlu menurunkan dosisnya secara perlahan.

Ketika digunakan untuk periode waktu tambahan, obat ini mungkin tidak bekerja dengan baik dan membutuhkan dosis berbeda. Bicarakan dengan dokter jika obat trihexyphenidyl berhenti bekerja. Beri tahu dokter jika kondisi Anda tetap sama atau memburuk.

Bagaimana cara penyimpanan Trihexyphenidyl?

Trihexyphenidyl paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap.

Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda.

Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi.

Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis Trihexyphenidyl

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Trihexyphenidyl untuk orang dewasa?

Dosis trihexyphenidyl untuk gejala ekstrapiramidal pada orang dewasa:

Dosis awal 1 mg sekali sehari, dapat ditingkatkan menjadi 5-15 mg per hari terbagi dalam 3-4 dosis.

Dosis trihexyphenidyl untuk penyakit Parkinson:

  • Dosis awal: 1 mg/hari; dosis dapat ditambah 2 mg dalam interval 3-5 hari
  • Dosis maksimal: 6-10 mg/hari dalam 3-4 dosis terpisah

Bagaimana dosis Trihexyphenidyl untuk anak-anak?

Dosis untuk anak-anak belum ditentukan. Konsultasikan dengan dokter dan apoteker Anda.

Dalam dosis apakah Trihexyphenidyl tersedia?

  • Tablet 2 mg; 5 mg
  • Elixir 2 mg/5 ml

Efek samping Trihexyphenidyl

Efek samping apa yang dapat dialami karena Trihexyphenidyl?

Efek samping trihexyphenidyl yang biasanya terjadi adalah:

  • Mulut kering
  • Bola mata membesar atau pandangan kabur
  • Lelah atau pusing
  • Sulit buang air kecil atau sembelit
  • Gugup atau cemas
  • Gangguan pada perut
  • Keringat berkurang

Jika Anda mengalami salah satu dari efek samping serius di bawah ini, hentikan pemakaian trihexyphenidyl dan carilah bantuan medis atau segera hubungi dokter Anda:

  • Reaksi alergi parah (sulit bernapas; menutup tenggorokan; bengkak pada bibir, lidah, atau wajah; atau bintik-bintik)
  • Demam
  • Detak jantung cepat atau tidak teratur
  • Cemas, halusinasi, bingung, tidak bisa tenang, hiperaktif, atau kehilangan kesadaran
  • Kejang-kejang
  • Mata terasa sakit
  • Ruam kulit

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas.

Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Peringatan dan Perhatian Obat Trihexyphenidyl

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan trihex?

Sebelum menggunakan obat ini, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal-hal tersebut biasanya akan memperhitungkan besarnya manfaat yang diperoleh.

Beberapa hal yang biasanya menjadi pertimbangan dokter saat memutuskan memberikan trihex, antara lain:

Alergi

Informasikan kepada dokter jika Anda memiliki alergi terhadap obat ini atau obat lainnya. Ini akan menjadi pertimbangannya untuk meresepkan obat ini atau menggunakan obat lain.

Beri tahukan juga segala alergi yang Anda miliki, seperti terhadap makanan, pewarna, pengawet, atau binatang. Untuk produk tanpa resep, baca label atau bahan pada kemasan secara teliti.

Anak-anak

Tidak ada informasi yang tersedia terkait hubungan antara usia dengan pengaruh trihexyphenidyl pada populasi pediatrik. Keamanan dan keberhasilan belum dibuktikan.

Lansia

Tidak ada informasi tersedia terkait hubungan antara usia dengan pengaruh trihexyphenidyl pada pasien lanjut usia.

Meski begitu, pria lanjut usia cenderung memiliki masalah prostat seiring beralannya usia, dan lansia cenderung memiliki masalah antara usia dengan kondisi ginjal, hati, atau jantung.

Kondisi ini membutuhkan perhatian atau penyesuaian dosis trihexyphenidyl bagi pasien lanjut usia.

Apakah Trihexyphenidyl aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Kehamilan dan menyusui: tidak ada informasi yang cukup terkait keamanan dalam penggunaan trihexyphenidyl selama masa kehamilan dan menyusui.

Konsultasikan selalu kepada dokter dan beri tahukan kondisi Anda, terutama jika Anda sedang hamil dan menyusui.

Interaksi Obat Trihexyphenidyl

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Trihexyphenidyl?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat trihexyphenidyl atau meningkatkan risiko efek samping serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini.

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apa pun tanpa persetujuan dokter.

Walaupun beberapa obat tidak boleh digunakan secara bersamaan, pada beberapa kasus kedua obat yang memiliki risiko interaksi mungkin saja diresepkan bersama-sama. Jika ini yang terjadi, dokter akan mengatur dosis yang diberikan atau jadwal minum obat demi mencegah interaksi obat berdampak buruk.

Informasikan pula ke dokter jika Anda sedang menggunakan obat resep atau tanpa resep lainnya.

Menggunakan obat trihexyphenidyl dengan potasium tidak dianjurkan. Dokter Anda mungkin akan memutuskan untuk tidak mengobati Anda dengan trihexyphenidyl atau mengubah beberapa obat yang telah Anda gunakan.

Menggunakan obat ini dengan salah satu obat berikut ini biasanya tidak dianjurkan, tetapi mungkin diperlukan pada beberapa kasus.

  • Morphine
  • Morphine Sulfate Liposome
  • Oxymorphone
  • Umeclidinium

Menggunakan obat-obatan di atas bersamaan dengan trihex bisa meningkatkan risiko efek samping tertentu. Meski begitu, pilihan ini akan diambil dengan berbagai penyesuaian oleh dokter jika dirasa sebagai pengobatan yang paling tepat.

Jika kedua obat terdapat bersamaan dalam resep, dokter Anda mungkin akan mengubah dosis atau seberapa sering Anda menggunakan salah satu atau kedua obat tersebut.

  • Betel Nut
  • Chlorpromazine
  • Haloperidol
  • Perphenazine

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan trihex?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau mengonsumsi makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi.

Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Trihexyphenidyl?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat memengaruhi penggunaan obat trihexyphenidyl. Informasikan dokter bila Anda memiliki masalah kesehatan lain, khususnya:

  • Penyumbatan perut atau usus
  • Prostat membesar
  • Glaukoma
  • Hipertensi (tekanan darah tinggi)
  • Penyumbatan saluran kencing—Gunakan dengan hati-hati. Dapat memperparah kondisi
  • Penyakit ginjal
  • Penyakit hati—Gunakan dengan hati-hati. Efek akan meningkat disebabkan lambatnya obat keluar dari dalam tubuh

Overdosis Trihexyphenidyl

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat trihexyphenidyl, minum sesegera mungkin begitu Anda mengingatnya. Jika sudah dekat dengan jadwal minum obat selanjutnya, abaikan dosis yang terlewat. Lanjutkan minum obat sesuai dengan jadwal semula. Jangan menggandakan dosis pada jadwal satu kali minum obat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Trihexyphenidyl: Indication, Dosage, Side Effect, Precaution | MIMS.com Indonesia. (2020). Retrieved 24 January 2020, from http://mims.com/indonesia/drug/info/trihexyphenidyl?mtype=generic

Trihexyphenidyl: Side Effects, Dosage, Uses, and More. (2020). Retrieved 24 January 2020, from https://www.healthline.com/health/trihexyphenidyl-oral-tablet

Trihexyphenidyl – DrugBank. (2020). Retrieved 24 January 2020, from https://www.drugbank.ca/drugs/DB00376

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi Diperbarui 12/01/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.