home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Prenagen Emesis

Prenagen Emesis Obat Apa?|Dosis Prenagen Emesis|Efek samping Prenagen Emesis|Peringatan dan Perhatian Obat Prenagen Emesis|Interaksi Obat Prenagen Emesis|Overdosis Prenagen Emesis|Overdosis
Prenagen Emesis

Prenagen Emesis Obat Apa?

Untuk apa Prenagen Emesis digunakan?

Prenagen Emesis adalah susu ibu hamil pada usia kehamilan awal. Prenagen Emesis mengandung zat besi, asam folat, fosfor, magnesium, vitamin B, dan zinc. Susu ini diklaim dapat mengurangi gejala morning sickness (mual dan muntah) pada ibu yang sedang hamil muda.

Minum susu di masa kehamilan dapat memberikan keuntungan pada ibu dan janin. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa minum susu saat hamil bisa membantu janin menjadi kuat dan sehat. Asupan tambahan yodium penting untuk perkembangan otak janin dalam kandungan.

Dosis Prenagen Emesis

Bagaimana aturan pakai Prenagen Emesis?

Ikuti petunjuk pada kemasan produk susu Prenagen Emesis atau sesuai dengan resep dokter yang telah dipertimbangkan dengan kondisi kesehatan Anda. Jangan meningkatkan dosis atau meminum susu ini lebih sering dari yang diarahkan.

Saat menuang bubuk susu, gunakan sendok takar yang tersedia di dalam kemasan atau minta apoteker untuk menyiapkan sendok takar susu. Jangan menggunakan sendok rumahan untuk menghindari pemberian takaran susu yang tidak tepat.

Berikut beberapa cara yang baik untuk minum susu saat hamil:

  • Susu diserap dengan baik perbandingan 2 banding 1 (2 takar susu bubuk : 1 air).
  • Minum susu dengan air hangat sambil meneguk sedikit demi sedikit, jangan terburu-buru.
  • Baiknya jangan minum susu setelah makan.
  • Minum 2 gelas susu dalam sehari pada waktu yang berbeda (pagi dan sore/malam)

Bagaimana cara menyimpan Prenagen Emesis?

Produk susu kehamilan ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda.

Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi.

Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Efek samping Prenagen Emesis

Berapa dosis Prenagen Emesis untuk dewasa?

Minum 2 gelas susu dalam sehari, pada pagi sebelum beraktivitas dan sore hari setelah beraktivitas saat di awal usia hamil 0-3 bulan atau di trimester pertama.

Berapa dosis Prenagen Emesis untuk anak-anak?

Prenagen Emesis tidak ditujukan untuk anak-anak. Dosis obat untuk anak-anak belum ditentukan keamanan dan efektivitasnya.

Baiknya konsultasikan ke dokter untuk mengetahui dosis pemakaian dan pengobatan lebih lanjut.

Dalam dosis dan sediaan apa Prenagen Emesis tersedia?

Susu Prenagen Emesis tersedia dalam sediaan 200 gram dan 400 gram.

Peringatan dan Perhatian Obat Prenagen Emesis

Apa efek samping Prenagen Emesis yang mungkin terjadi?

Meskipun sangat jarang terjadi, ada kemungkinan Prenagen Emesis memicu terjadinya efek samping pada beberapa orang. Beberapa di antaranya mungkin juga merupakan reaksi alergi, baik alergi terhadap susu maupun kandungan asam folat di dalamnya.

Segera hentikan konsumsi Prenagen Emesis dan hubungi dokter jika terjadi tanda-tanda di bawah ini:

  • demam
  • perut kembung
  • kulit memerah
  • kesulitan bernapas
  • ruam kulit
  • rasa tertekan di dada
  • mengi

Tidak semua orang mengalami efek samping saat menggunakan produk susu kehamilan ini ini. Mungkin juga ada beberapa efek samping yang belum disebutkan di atas.

Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Interaksi Obat Prenagen Emesis

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Prenagen Emesis?

Sebelum menggunakan susu kehamilan ini, beri tahu dokter Anda tentang daftar obat saat ini, produk bebas (misalnya vitamin, suplemen dan obat herbal).

Beri tahu juga pada dokter apabila Anda memiliki alergi, penyakit yang sudah ada sebelumnya, dan kondisi kesehatan saat ini (misalnya operasi yang akan datang).

Beberapa kondisi kesehatan mungkin membuat Anda lebih rentan terhadap efek samping obat. Minum dan gunakan produk susu sesuai arahan dokter Anda atau ikuti arahan yang tercetak pada sisipan produk.

Apakah Prenagen Emesis aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Selalu konsultasi terlebih dulu pada dokter atau bidan sebelum menggunakan susu kehamilan apa pun.

Overdosis Prenagen Emesis

Obat apa saja yang tak boleh dikonsumsi bersamaan dengan Prenagen Emesis?

Saat menggunakan susu kehamilan ini, hindari mengonsumsi obat antibiotik di waktu bersamaan.

Produk susu yang mengandung zat seperti kalsium dan magnesium kompleks jika diminum bersamaan dengan antibiotik dapat mencegah penyerapan obat ke dalam tubuh dengan baik. Berikut beberapa contoh obat antibiotik yang dapat berinteraksi dengan susu Prenagen Emesis:

1. Antibiotik

Prenagen Emesis yang dikonsumsi bersamaan dengan beberapa jenis antibiotik mungkin akan memengaruhi efektivitas dari susu tersebut.

Beberapa contoh antibiotik yang sebaiknya dihindari adalah:

2. Obat antikonvulsan

Obat antikonvulsan, atau obat untuk mengatasi kejang, berpotensi mengurangi konsentrasi asam folat dari Prenagen Emesis.

Beberapa obat antikonvulsan yang sebaiknya dihindari saat minum Prenagen Emesis adalah:

3. Barbiturat

Obat-obatan barbiturat juga berpotensi memicu terjadinya interaksi dengan kandungan asam folat yang terdapat di Prenagen Emesis.

4. Methotrexate (Trexall)

Methotrexate adalah obat yang biasa digunakan untuk mengatasi kanker. Obat ini kemungkinan dapat memengaruhi efektivitas Prenagen Emesis.

5. Pyrimethamine (Daraprim)

Kandungan asam folat di dalam Prenagen Emesis mungkin tidak dapat bekerja dengan baik apabila digabungkan dengan obat antimalaria, seperti pyrimethamine.

Interaksi obat dapat mengubah kinerja susu hamil Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini.

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep atau non resep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Prenagen Emesis?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi.

Merokok atau mengonsumsi alkohol dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi.

Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Prenagen Emesis?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beritahukan dokter bila Anda memiliki masalah kesehatan lainnya, terutama anemia.

Kondisi anemia kemungkinan dapat berinteraksi dengan konsumsi asam folat yang terdapat di Prenagen Emesis. Asam folat yang dikonsumsi lebih dari 1 mg sehari berpotensi memperparah kondisi anemia yang Anda derita.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada situasi gawat darurat atau overdosis, hubungi 119 atau segera larikan ke rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan kalau saya lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Jika Anda melewatkan satu dosis, segera minum sesegera mungkin saat Anda ingat. Namun, jika Anda baru ingat setelah sudah waktunya untuk dosis selanjutnya, abaikan saja dosis yang terlupa, dan lanjutkan pemakaian sesuai jadwal. Jangan gunakan obat ini dengan dosis dobel.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Prenagen Mommy Emesis. (n.d.). Retrieved 4 February 2020, from https://www.prenagen.com/id/produk-kami/prenagen-mommy-emesis

Bushra, R., Aslam, N., & Khan, A. (2011). Food Drug Interactions. Oman Medical Journal26(2), 77-83. doi: 10.5001/omj.2011.21

Entringer, S. (2019). Folic Acid. Retrieved 4 February 2020, from https://www.drugs.com/folic_acid.html

Folate (folic acid). (2017). Retrieved 4 February 2020, from https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements-folate/art-20364625

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Novita Joseph Diperbarui 11/05/2020
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
x