home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Neosanmag

Neosanmag

Neosanmag adalah obat tablet kunyah untuk mengatasi gangguan lambung berkaitan produksi asam lambung berlebihan, seperti mual, perut kembung, dan nyeri ulu hati (heartburn).

Golongan obat: antasida dan antitukak

Kandungan obat: famotidine, kalsium karbonat, dan magnesium hidroksida

Apa itu obat Neosanmag?

Neosanmag adalah obat tablet kunyah bermerek dengan kombinasi tiga kandungan bahan aktif, yakni famotidine, kalsium karbonat, dan magnesium hidroksida.

Obat ini bekerja mengurangi gejala yang berkaitan dengan kelebihan asam lambung, gastritis, tukak lambung, atau tukak usus dua belas jari yang tidak dapat diatasi dengan antasida.

Gangguan pencernaan ini umumnya akan menimbulkan gejala, seperti mual, muntah, perut kembung dan terasa penuh, hingga nyeri ulu hati (heartburn).

Famotidine dalam obat Neosanmag termasuk golongan obat H2 blockers atau antagonis H2 yang bekerja mengurangi produksi asam di dalam lambung.

Sementara itu, kalsium karbonat dan magnesium hidroksida tergolong sebagai obat antasida yang membantu menetralkan kadar asam lambung.

Neosanmag termasuk ke dalam golongan obat bebas terbatas sehingga bisa Anda beli secara bebas. Namun, sebaiknya konsumsi obat tetap di bawah pengawasan dokter.

Sediaan dan dosis Neosanmag

Neosanmag tersedia dalam bentuk tablet kunyah dengan dua varian. Berikut keterangan lebih lanjut mengenai sediaan dan dosis obat ini.

1. Neosanmag

Tiap 1 dus Neosanmag berisi 25 strip, 1 strip berisi 4 tablet kunyah.

Dalam 1 tablet kunyah, terdapat kandungan bahan aktif 10 mg famotidine, 500 mg kalsium karbonat, dan 85 mg magnesium hidroksida.

Obat dapat diminum sebelum atau sesudah makan atau sesuai dengan anjuran dokter.

  • Dewasa dan anak >12 tahun: 1 tablet kunyah, maksimal 2 tablet kunyah dalam 24 jam.
  • Anak <12 tahun: sesuaikan dengan resep dokter.

2. Neosanmag Fast

Tiap 1 dus Neosanmag Fast berisi 8 strip, 1 strip berisi 2 tablet kunyah.

Dalam 1 tablet kunyah, terdapat kandungan bahan aktif 10 mg famotidine, 800 mg kalsium karbonat, dan 165 mg magnesium hidroksida.

Obat dapat diminum sebelum atau sesudah makan, atau sesuai dengan anjuran dokter.

  • Dewasa dan anak >12 tahun: 1 tablet kunyah, maksimal 2 tablet kunyah dalam 24 jam.
  • Anak <12 tahun: sesuaikan dengan resep dokter.

Efek samping Neosanmag

perforasi lambung

Sama halnya dengan obat-obatan lainnya, penggunaan obat Neosanmag juga dapat menimbulkan efek samping, baik yang ringan maupun yang serius.

Efek samping ringan

Beberapa efek samping ringan yang lebih sering terjadi, antara lain:

Meski ringan dan dapat hilang dengan sendirinya, efek samping ini mungkin memburuk. Jika kondisi Anda tidak lekas membaik, segera hubungi dokter.

Efek samping serius

Beberapa orang yang menggunakan obat ini mungkin juga menunjukkan efek samping serius yang membutuhkan penanganan dokter lebih lanjut, meliputi:

  • batuk,
  • demam,
  • sakit tenggorokan,
  • perdarahan dan memar,
  • detak jantung cepat, lambat, atau tidak teratur,
  • kelelahan hingga ingin pingsan, dan
  • perubahan mental, seperti gelisah dan kebingungan.

Selain itu, segera hentikan penggunaan obat bila timbul reaksi alergi obat, termasuk ruam, gatal, bengkak (terutama pada wajah, lidah, dan tenggorokan), hingga kesulitan bernapas.

Daftar di atas tidak mencantumkan semua kemungkinan efek samping. Tidak semua pengguna obat Neosanmag mengalami efek samping serius.

Apabila ragu dengan efek samping yang Anda rasakan, segera hubungi dokter atau apoteker untuk konsultasi lebih lanjut.

Apakah Neosanmag aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Belum ada cukup penelitian tentang risiko penggunaan Neosanmag dengan kombinasi famotidine, kalsium karbonat, dan magnesium hidroksida pada ibu hamil.

Begitu juga dengan ibu menyusui sebaiknya menggunakan obat ini dengan terlebih dahulu berkonsultasi ke dokter mengenai risiko dan manfaat penggunaannya.

Penggunaan obat ini diperbolehkan dalam pengawasan dokter selama kehamilan atau masa menyusui, asalkan manfaat lebih besar daripada risikonya.

Interaksi obat Neosanmag dengan obat lain

Kandungan bahan aktif famotidine, kalsium karbonat, dan magnesium hidroksida dapat menimbulkan interaksi dengan 482 obat-obatan lain.

Ketiga bahan aktif ini mungkin membuat tubuh Anda kesulitan menyerap obat oral lainnya.

Hal ini menjadikan Anda perlu mewaspadai interaksi dari penggunaan Neosanmag, terutama bila bersamaan dengan obat-obatan lain, seperti:

  • aspirin,
  • acetaminophen,
  • alprazolam,
  • benzodiazepine,
  • clarithromycin,
  • duloxetine,
  • furosemide,
  • ketoconazole,
  • nifedipine,
  • fenitoin,
  • propantheline,
  • ranitidin,
  • tetracycline,
  • theophylline, dan
  • zolpidem.

Daftar di atas tidak menjelaskan semua obat-obatan yang berinteraksi dengan obat ini.

Selalu beri tahu ke dokter atau apoteker Anda tentang semua obat, termasuk obat resep, obat nonresep, vitamin, dan produk herbal yang sedang digunakan.

Dokter dan apoteker akan membantu mengurangi risiko efek samping dari penggunaan obat ini yang berkaitan dengan masalah kesehatan Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Neosanmag. Pusat Informasi Obat Nasional – Badan Pengawas Obat dan Makanan. Retrieved 28 October 2021, from http://pionas.pom.go.id/obat/neosanmag

Neosanmag Fast. Pusat Informasi Obat Nasional – Badan Pengawas Obat dan Makanan. Retrieved 28 October 2021, from http://pionas.pom.go.id/obat/neosanmag-fast

Kombinasi Mg(OH)2, CaCO3, Famotidin. Pusat Informasi Obat Nasional – Badan Pengawas Obat dan Makanan. Retrieved 28 October 2021, from http://pionas.pom.go.id/monografi/kombinasi-mgoh2-caco3-famotidin

Neosanmag Fast Antacid + Acid Reducer. Sanbe Farma. Retrieved 28 October 2021, from https://www.sanbe-farma.com/public/product_brosur/NEOSANMAG_FAST_(lokal).pdf

Neosanmag/Neosanmag Fast Dosage & Drug Information. MIMS Indonesia. Retrieved 28 October 2021, from https://www.mims.com/indonesia/drug/info/neosanmag-neosanmag%20fast

Calcium carbonate, famotidine, and magnesium hydroxide. Drugs.com. (2019). Retrieved 28 October 2021, from https://www.drugs.com/mtm/calcium-carbonate-famotidine-and-magnesium-hydroxide.html

Calcium carbonate / famotidine / magnesium hydroxide Pregnancy and Breastfeeding Warnings. Drugs.com. (2020). Retrieved 28 October 2021, from https://www.drugs.com/pregnancy/calcium-carbonate-famotidine-magnesium-hydroxide.html#ref_pregnancy

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Satria Aji Purwoko Diperbarui 4 hari lalu
Ditinjau secara medis oleh Apt. Seruni Puspa Rahadianti, S.Farm.