backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

Chondroitin

Ditinjau secara medis oleh Apt. Ambar Khaerinnisa, S.Far · Farmasi · None


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 17/11/2023

Chondroitin

Chondroitin (kondroitin) adalah suplemen yang digunakan untuk meredakan berbagai masalah pada persendian. Kondroitin sebenarnya diproduksi secara alami oleh tubuh dan ditemukan pada tulang rawan atau bantalan antartulang. Ketahui aturan tepat mengonsumsi suplemennya!

Golongan suplemen: suplemen nutraceutical.

Merek dagang chondroitin: Viostin, Welmove, Oste Forte, Wellness Joint Formula, Hemaviton Joint Care Max, Joint Max, Limove, Nature’s Health Joint Health, Osteokom, Osteomax, Rebone, Vostem.

Apa itu chondroitin?

Chondroitin adalah zat perekat tulang yang ditemukan pada tulang rawan manusia. Fungsinya membantu menarik dan menahan air dan nutrisi ke dalam tulang rawan manusia tetap kenyal dan sehat.

Namun, pertambahan usia atau cedera dapat mengurangi produksi chondroitin secara alami, sehingga fungsi tulang rawan dapat menurun. Kondisi ini dapat menyebabkan gesekan antar tulang sehingga terjadi osteoarthritis (OA). 

Cara kerja suplemen kondroitin adalah meredakan peradangan, mencegah kerusakan tulang rawan, serta merangsang sel untuk membentuk tulang rawan baru.

Menurut National Center for Complementary and Integrative Health, manfaat chondroitin berupa:

  • mengurangi nyeri OA,
  • meringankan gejala OA, seperti sulit bergerak dan nyeri,
  • mengurangi pembengkakan dan kekakuan sendi, dan
  • meredakan gejala OA hingga 3 bulan setelah pengobatan utama dihentikan.
  • Dosis chondroitin

    Umumnya suplemen ini berbentuk kapsul dan tablet. Suplemen chondroitin biasanya dicampur dengan bahan lain, seperti glukosamin, vitamin, atau mangan. Oleh sebab itu, dosis suplemen chondroitin harus disesuaikan dengan kandungan lain.

    Berikut aturan dosis chondroitin per hari.

    • Anak-anak: penggunaan kondroitin untuk anak-anak tidak dianjurkan dan sampai saat ini belum ada penelitian tentang dosis dan keamanannya jika diberikan pada anak-anak
    • Dewasa dan lansia: 800 – 1500 milligram per hari.

    Dosis setiap orang berbeda-beda

    Dosis suplemen ini dapat berbeda untuk setiap orang. Dosis yang digunakan tergantung usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya.

    Aturan pakai chondroitin

    Ikuti anjuran dokter atau lihat cara pakai di kemasan. Minumlah suplemen ini secara rutin dan jangan mengurangi atau menambah dosis tanpa anjuran dari dokter.

    Suplemen akan bekerja setelah dikonsumsi rutin setelah beberapa minggu. Oleh karena itu, sebaiknya jangan terlewat jadwal minum suplemen ini.

    Suplemen ini sebaiknya dikonsumsi setelah makan. Jika Anda melewatkan satu dosis, minumlah sesegera mungkin. Jika sudah hampir waktunya untuk dosis berikutnya, minumlah dosis itu saja, jangan mengambil dosis ganda atau ekstra.

    Efek samping chondroitin

    sakit perut sembelit

    Suplemen chondroitin umumnya aman dikonsumsi dan tidak ada laporan efek samping yang serius.

    Namun, terdapat beberapa potensi potensi efek samping yang mungkin ditunjukkan setelah mengonsumsi supkemen ini yaitu:

    • sembelit,
    • diare,
    • mual,
    • reaksi alergi, dan
    • sakit perut.

    Peringatan dan perhatian saat pakai chondroitin

    Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui saat mengonsumsi suplemen chondroitin.

    Sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum minum suplemen ini bagi Anda yang pernah atau sedang memiliki kondisi di bawah ini.

    • Diabetes.
    • Penyakit jantung.
    • Penyakit liver.
    • Masalah perut atau usus.
    • Penyakit ginjal.
    • Reaksi yang tidak biasa atau alergi terhadap kondroitin, glukosamin, sulfonamid, suplemen lain, makanan, pewarna, atau pengawet.
    • Hamil atau mencoba untuk hamil.
    • Menyusui.

    Jika Anda dijadwalkan untuk menjalani prosedur medis apa pun, beri tahu dokter bahwa Anda sedang mengonsumsi suplemen ini. Anda mungkin diminta untuk menghentikan penggunaan kondroitin sebelum prosedur.

    Perlu diketahui bahwa suplemen ini dapat mempengaruhi kadar gula darah. Jika Anda menderita diabetes, tanyakan kepada tim medis sebelum Anda mengubah pola makan atau dosis obat diabetes Anda.

    Apakah chondroitin aman untuk ibu hamil dan menyusui?

    Belum ada penelitian yang meneliti tentang efek kondroitin kepada ibu hamil dan menyusui. Sebaiknya ibu hamil dan menyusui perlu menghindari penggunaannya tanpa berkonsultasi dengan dokter. 

    Interaksi suplemen chondroitin dengan obat lain

    Jangan minum suplemen kondroitin jika Anda sedang mengonsumsi obat warfarin.

    Ada beberapa laporan yang menunjukkan bahwa mengonsumsi kondroitin dan glukosamin meningkatkan efek kerja warfarin. Hal ini dapat menyebabkan memar dan pendarahan yang serius.

    Agar lebih aman dan mengurangi dampak efek samping, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum minum suplemen kondroitin.

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    Apt. Ambar Khaerinnisa, S.Far

    Farmasi · None


    Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 17/11/2023

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan