Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

9 Merek Suplemen Kolagen yang Bagus untuk Kesehatan

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

9 Merek Suplemen Kolagen yang Bagus untuk Kesehatan

Kebiasaan makan yang tidak sehat dapat mempengaruhi produksi kolagen dalam tubuh. Terkadang selama bulan ramadan, kondisi kulit menjadi lebih kasar dan kusam karena pola makan dan tidur yang berantakan. Oleh karena itu, suplemen kolagen yang bagus bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan kolagen.

Apa saja manfaat mengonsumsi suplemen kolagen?

Mengutip dari Horizon Clinics, produksi kolagen akan secara bertahap menurun ketika Anda memasuki usia 20-an.

Oleh karena itu, Anda bisa mulai mengonsumsi suplemen kolagen ketika memasuki usia 20 tahun.

Penelitian dari Journal of Medical Nutrition and Nutraceuticals menunjukkan, mereka yang mengonsumsi vitamin, mineral, dan kolagen dapat mengurangi garis-garis halus secara signifikan.

Tidak hanya itu, penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa elastisitas dan kelembapan kulit mereka meningkat setelah rutin mengonsumsi vitamin, mineral, dan kolagen.

Melansir Penn Medicine, selain bagus untuk kulit, kolagen juga memiliki kemampuan untuk menyatukan otot dan tendon, bahkan membangun kembali tulang rawan.

9 Rekomendasi suplemen kolagen terbaik

Berdasarkan penelitian dari International orthopaedics, suplemen kolagen memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya membantu memperbaiki gejala osteoartritis.

Untuk membantu Anda memilih suplemen yang bagus bagi kesehatan, kami telah mengumpulkan 9 produk dengan menunjukkan cara kerja dan manfaatnya.

1. Nature’s Way Beauty Collagen Booster

Nature’s Way Beauty Collagen Booster adalah suplemen kolagen terbaik yang dirancang khusus untuk membantu meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit dari dalam.

Suplemen ini mengandung collagen peptide, vitamin C, dan biotin yang membantu:

  • meningkatkan elastisitas dan kekencangan kulit,
  • mempromosikan pembentukan kolagen, serta
  • meningkatkan kesehatan kulit dan kuku.

Nomor registrasi BPOM: SI204511221

2. YOUVIT x ERHA Collagen Pouch

YOUVIT Erha Collagen merupakan suplemen berbentuk gummy yang mengandung kolagen dan vitamin C. Kolagen dalam gummy ini diklaim dapat membantu:

  • melembapkan dan meningkatkan kekenyalan kulit,
  • menutrisi kulit dari dalam,
  • mengurangi garis-garis halus, dan
  • menjaga elastisitas kulit.

Selain itu, YOUVIT Erha mengandung vitamin C yang berperan dalam membentuk dan menjaga produksi kolagen di dalam tubuh.

Nomor registrasi BPOM: MD224510228115

3. Nature’s Health Collagen Complex

Sedang mencari suplemen kolagen di apotik? Anda bisa memilih Nature’s Health Collagen Complex.

Suplemen ini mengandung kolagen dari tulang rawan ayam dan ikan tuna yang mudah diserap tubuh.

Tidak hanya itu, Nature’s Health Collagen Complex juga mengandung ekstrak biji anggur, rumput gandum, buah bilberry, dan vitamin C.

Empat bahan tersebut mengandung antioksidan kuat yang penting untuk kesehatan kulit dari efek buruk radikal bebas yang dapat menimbulkan proses penuaan (keriput).

Nomor registrasi BPOM: SI054317471

4. Nourish Skin Ultimate

Nourish Skin Ultimate adalah salah satu suplemen kolagen yang bisa Anda temukan di apotik untuk mengatasi mengatasi masalah pada kulit, seperti:

  • kulit kering,
  • flek hitam,
  • keriput,
  • kusam, dan
  • kasar.

Selain mengandung kolagen, suplemen ini juga mengandung ekstrak biji anggur merah, beta karoten, vitamin C, dan E, yang berperan sebagai antioksidan.

Nomor registrasi BPOM: SI054518891

5. Realfood Flawless Jelly

Realfood Flawless Jelly adalah cemilan yang mengandung kolagen, sarang burung walet, elderberry, delima, dan retinol.

Semua bahan ini memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk tubuh, seperti:

  • membantu meningkatkan produksi kolagen,
  • mengencangkan dan mencerahkan kulit,
  • meningkatkan imunitas tubuh,
  • sumber antioksidan, dan
  • menstimulasi regenerasi sel kulit.

Nomor registrasi BPOM: MD 618513072451

6. Nutrimax Viena

Suplemen kolagen yang bagus selanjutnya adalah Nutrimax Viena, memiliki perpaduan ekstrak biji anggur, beta karoten, vitamin, C, E, dan kolagen.

Bahan-bahan tersebut memiliki manfaat bagus untuk proses regenerasi sel kulit.

Produk ini diklaim mengonsumsi dapat membuat kulit kamu lebih lembap, lembut, serta terhindar dari masalah kulit seperti:

  • jerawat,
  • keriput,
  • flek hitam,
  • radikal bebas. dan
  • proses penuaan dini.

Nomor registrasi BPOM: SI174508191

7. Swisse Beauty Collagen Glow with Collagen Peptides

Swisse Beauty Collagen Glow adalah suplemen kolagen dengan ekstrak biji anggur dan Co-enzyme Q10. Formula unik ini mendukung produksi kolagen dan integritas kulit dari dalam.

Produk ini juga mengandung antioksidan, yang membantu mengurangi kerusakan radikal bebas pada sel-sel tubuh.

Suplemen kolagen ini diklaim dapat meningkatkan elastisitas dan hidrasi kulit dalam 4 minggu, serta menghilangkan 50% kerutan di bawah mata dalam 8 minggu.

8. Vitabiotics Jointace Collagen

Vitabiotics Jointace Collagen diklaim dapat membantu memelihara kesehatan persendian dan tulang rawan sebagai terapi osteoartritis.

Jointace Collagen menyediakan kolagen yang terhidrolisis untuk meningkatkan penyerapan oleh tubuh.

Selain itu, produk ini mengandung vitamin D, seng, dan mangan untuk membantu menjaga tulang tetap normal dan ideal untuk Anda yang aktif atau sering berolahraga.

Nomor Registrasi BPOM: SL131500771

9. VitaHealth Collagen Booster Plus

Semakin bertambah umur, Anda akan menyadari kalau produksi kolagen dalam tubuh juga akan berkurang dengan hadirnya garis-garis halus.

Oleh karena itu, VitaHealth menghadirkan suplemen yang membantu meningkatkan produksi kolagen dan mengisi kembali tingkat kolagen yang menurun.

Collagen Booster Plus merek VitaHealth diklaim memiliki manfaat untuk kesehatan kulit dan sendi, seperti:

  • memperlambat tanda-tanda penuaan (seperti garis-garis halus, kerutan dan kulit kendur), serta
  • membantu menstabilkan dan memperkuat persendian dengan mencegah kerusakan kolagen.

Nomor registrasi BPOM: SI154505671

Seiring bertambahnya usia, tubuh akan mulai kehilangan kolagen alami. Anda mungkin akan merasa:

  • rambut yang rapuh,
  • kekakuan sendi, dan
  • kulit yang mengendur atau tampak kusam.

Anda bisa mengonsumsi suplemen tambahan untuk meningkatkan produksi kolagen dan mencegah terjadinya penyakit kulit dan kerapuhan sendi.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Sibilla, S., & Borumand, M. (2015). Effects of a nutritional supplement containing collagen peptides on skin elasticity, hydration and wrinkles. Journal of Medical Nutrition and Nutraceuticals4(1), 47. https://doi.org/10.4103/2278-019x.146161

4 head-to-toe ways that collagen can improve your health. (n.d.). University of Pennsylvania Health System | Penn Medicine. Retrieved 21 March 2022, from https://www.pennmedicine.org/updates/blogs/health-and-wellness/2018/december/collagen

García-Coronado, J. M., Martínez-Olvera, L., Elizondo-Omaña, R. E., Acosta-Olivo, C. A., Vilchez-Cavazos, F., Simental-Mendía, L. E., & Simental-Mendía, M. (2019). Effect of collagen supplementation on osteoarthritis symptoms: a meta-analysis of randomized placebo-controlled trials. International orthopaedics43(3), 531–538. https://doi.org/10.1007/s00264-018-4211-5

Lugo, J. P., Saiyed, Z. M., & Lane, N. E. (2015). Efficacy and tolerability of an undenatured type II collagen supplement in modulating knee osteoarthritis symptoms: A multicenter randomized, double-blind, placebo-controlled study. Nutrition Journal15(1). https://doi.org/10.1186/s12937-016-0130-8

Devaki, S. J. , & Raveendran, R. L. (2017). Vitamin C: Sources, Functions, Sensing and Analysis. In (Ed.), Vitamin C. IntechOpen. https://doi.org/10.5772/intechopen.70162

Quan, T., & Fisher, G. J. (2015). Role of age-associated alterations of the dermal Extracellular matrix microenvironment in human skin aging: A mini-review. Gerontology61(5), 427-434. https://doi.org/10.1159/000371708

When should you start taking collagen + per day dosage. (n.d.). Horizon Clinics. Retrieved 25 March 2022, from https://horizonclinics.org/taking-collagen-supplements/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Angelin Putri Syah Diperbarui Apr 06
Ditinjau secara medis oleh dr. Fenti Erlianti