home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Vastarel

Vastarel
Penggunaan|Dosis|Peringatan|Efek Samping|Interaksi Obat|Overdosis

Penggunaan

Apa fungsi Vastarel?

Vastarel, atau Vastarel MR, adalah obat yang dapat digunakan untuk mengatasi angina pektoris atau angin duduk. Angina pektoris adalah nyeri dada yang berkaitan dengan penyakit jantung koroner.

Vastarel mmemiliki bahan aktif trimetazidine. Obatini bekerja dengan cara memastikan sel-sel di jantung tidak mengalami kekurangan oksigen selama angina pektoris terjadi.

Pemberian obat ini biasanya digabung dengan obat-obatan lain untuk mengatasi angina, seperti beta blocker atau calcium channel blocker.

Bagaimana cara pakai Vastarel?

Untuk bentuk oral, Anda harus:

  • Minum Vastarel sesuai arahan dokter mengenai dosis dan jadwal minum obat ini.
  • Baca label dengan seksama sebelum menggunakan Vastarel.
  • Konsultasikan pada dokter mengenai informasi pada label yang tidak sepenuhnya Anda pahami.
  • Tablet harus diminum dengan segelas air sewaktu jam makan.

Bagaimana cara menyimpan obat ini?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan.

Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlaku obat telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi.

Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang obat Anda.

Dosis

Informasi berikut ini tidak bisa dijadikan pengganti resep dokter. Anda HARUS berkonsultasi dengan dokter atau apoteker sebelum menggunakan Vastarel.

Berapa dosis Vastarel untuk orang dewasa?

Konsultasikan informasi mengenai dosis Vastarel pada dokter Anda. Dosis anjuran dalam beberapa kasus adalah satu tablet 20 mg diminum tiga kali setiap hari selama jam makan.

Berapa dosis Vastarel untuk anak?

Vastarel tidak dianjurkan pada anak-anak di bawah usia 18 tahun.

Dalam bentuk apa saja Vastarel tersedia?

Vastarel MR tersedia dalam bentuk:

  • tablet terselimuti lapisan tipis 35 mg
  • tablet terselimuti lapisan tipis 20 mg

Peringatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Apa yang harus saya perhatikan sebelum menggunakan Vastarel?

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menggunakan obat ini:

Obat-obatan dan kondisi kesehatan

Sebelum mengonsumsi Vastarel MR, pastikan Anda memberi tahu dokter mengenai obat-obatan apa saja yang sedang dikonsumsi. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya interaksi, keracunan obat, serta efek samping yang berbahaya.

Selain obat-obatan, informasikan pula ke dokter atau tenaga medis mengenai penyakit atau kondisi kesehatan yang sedang Anda derita. Vastarel berpotensi memicu terjadinya interaksi dengan kondisi kesehatan tertentu.

Sedang hamil atau menyusui

Beri tahu dokter jika Anda hamil, khusunya jika Anda berada pada bulan terakhir kehamilan, Anda berencana untuk hamil, atau menyusui. Jika Anda hamil ketika menggunakan Vastarel, segera hubungi dokter.

Riwayat alergi

Anda juga perlu menginformasikan dokter jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap Vastarel, trimetazidine, atau bahan lain yang terkandung di dalam obat ini. Informasi lebih jelas ada dalam brosur.

Lansia

Penelitian yang memadai hingga hari ini belum memperlihatkan masalah yang spesifik untuk pasien lanjut usia yang mengharuskan pembatasan penggunaan Vastarel pada orang tua.

Namun, pasien berusia lanjut lebih mungkin terkena efek samping (seperti sembelit, pusing atau pingsan, sakit perut, tubuh lemah) dan beberapa masalah yang berhubungan dengan usia seperti masalah hati, ginjal, atau jantung, sehingga mungkin dibutuhkan penyesuaian dan perhatian khusus sehubungan dengan dosis untuk pasien yang lansia yang membutuhkan obat ini.

Apakah Vastarel aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang dapat membuktikan keamanan Vastarel untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Maka itu, jika Anda sedang hamil atau berencana untuk hamil, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter mengenai keputusan untuk menggunakan obat ini.

Selain itu, obat ini juga belum dipastikan aman untuk ibu menyusui. Selalu tanyakan saran pada dokter atau apoteker sebelum menggunakan obat ini.

Efek Samping

Apa efek samping Vastarel yang mungkin terjadi?

Sama halnya dengan penggunaan obat lain, penggunaan Vastarel dapat menyebabkan beberapa efek samping. Kebanyakan dari efek samping tersebut jarang terjadi dan tidak memerlukan pengobatan tambahan.

Namun, penting untuk berkonsultasi pada dokter jika Anda mengalami masalah setelah menggunakan obat ini.

Dilansir dari situs Health Products Regulatory Authority, beberapa efek samping yang dapat timbul akibat obat ini antara lain:

  • Pusing, sakit kepala, nyeri perut
  • Diare, gangguan pencernaan, merasa mual
  • Muntah
  • Ruam, gatal-gatal, dan tubuh terasa lemah

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Interaksi Obat

Obat apa saja yang tak boleh dikonsumsi bersamaan dengan Vastarel?

Vastarel MR dapat berinteraksi dengan obat lain yang sedang Anda gunakan, yang mana dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius.

Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Apakah ada makanan dan minuman yang tak boleh dikonsumsi saat menggunakan Vastarel?

Vastarel dapat berinteraksi dengan makanan atau minuman tertentu dengan mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko efek samping serius.

Merokok tembakau atau mengonsumsi alkohol dengan obat-obatan tertentu dapat memicu terjadinya interaksi yang serius. Konsultasikanlah pada dokter atau apoteker mengenai potensi interaksi makanan atau alkohol sebelum menggunakan obat ini.

Apakah ada kondisi kesehatan tertentu yang dapat berinteraksi dengan obat ni?

Vastarel dapat berinteraksi dengan kondisi kesehatan Anda. Interaksi ini dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda atau mengubah cara kerja obat. Penting untuk selalu memberi tahu pada dokter dan apoteker mengenai semua kondisi kesehatan yang sedang Anda alami.

Berikut adalah kondisi kesehatan yang mengharuskan Anda menghindari obat ini:

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada saat gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan kalau saya lupa minum/pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, langsung gunakan sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Ciapponi, A., Pizarro, R., & Harrison, J. (2017). Trimetazidine for stable angina. Cochrane Database Of Systematic Reviews. doi: 10.1002/14651858.cd003614.pub3

Cau, J., Favreau, F., Tillement, J., Lerman, L., Hauet, T., & Goujon, J. (2008). Trimetazidine reduces early and long-term effects of experimental renal warm ischemia: A dose effect study. Journal Of Vascular Surgery47(4), 852-860.e4. doi: 10.1016/j.jvs.2007.10.036

Trimetazidine – DrugBank. (2020). Retrieved March 9, 2020, from https://www.drugbank.ca/drugs/DB09069

Vastarel® 20mg film-coated tablets – Health Products Regulatory Authority. (2014). Retrieved March 9, 2020, from https://www.hpra.ie/img/uploaded/swedocuments/2151307.PPA1328_212_001.93b30750-a1ae-4b87-8c3b-0af3ce2ddda1.000001Product%20Leaflet%20Approved.140925.pdf

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi
Tanggal diperbarui 01/01/1970
x