home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Isothipendyl

Isothipendyl Obat Apa?|Dosis Isothipendyl|Efek samping Isothipendyl|Peringatan dan Perhatian Obat Isothipendyl|Interaksi Obat Isothipendyl|Overdosis Isothipendyl
Isothipendyl

Isothipendyl Obat Apa?

Untuk apa isothipendyl?

Isothipendyl adalah obat untuk meredakan reaksi alergi. Obat ini termasuk kelas obat antihistamin.

Isothipendyl bekerja menghentikan atau membatasi aktivitas histamin dalam tubuh. Dengan minum obat ini, gejala alergi seperti kulit gatal, batuk, mata berair, hidung meler atau tersumbat, serta bersin-bersin dapat segera mereda.

Isothipendyl merupakan salah satu jenis obat antihistamin yang memerlukan resep dokter. Jadi, gunakan obat ini sesuai dengan yang dianjurkan dokter.

Bagaimana cara penggunaan isothipendyl?

Supaya mendapatkan manfaat yang optimal, berikut beberapa aturan pakai yang perlu Anda perhatikan baik-baik.

  • Obat ini tersedia dalam bentuk oral (diminum) dan topikal (oles). Bila dokter meresepkan obat dalam bentuk sirup, gunakan sendok obat yang ada di dalam kemasan produk, bukan sendok makan biasa. Bila tidak tersedia sendok ukurnya, jangan ragu untuk bertanya langsung ke dokter ataupun apoteker.
  • Obat ini boleh digunakan sebelum maupun sesudah makan, sesuaikan dengan ajuran dokter.
  • Jangan pernah coba-coba untuk menambahkan atau mengurangi dosis obat tanpa persetujuan dokter. Sebab, hal ini dapat mengurangi kinerja obat bahkan berpotensi menyebabkan efek samping berbahaya.
  • Supaya tidak lupa, gunakan obat ini di waktu yang sama setiap hari.
  • Dosis obat dapat berbeda-beda pada setiap orang. Hal ini karena pemberian obat disesuaikan dengan usia, kondisi kesehatan pasien, dan respon tubuh terhadap pengobatan. Jadi, jangan berikan obat ini kepada orang lain meski mereka punya gejala yang mirip dengan Anda.

Pada prinsipnya, minum obat obat jenis apa pun sesuai dengan yang diresepkan dokter atau yang tertera pada label kemasan produk. Bertanyalah langsung ke apoteker atau dokter bila Anda belum paham betul tentang aturan pakai obat ini.

Bagaimana cara penyimpanan isothipendyl?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda.

Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis Isothipendyl

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis isothipendyl untuk orang dewasa?

Obat minum

  • Larutan HCl: 12-24 mg/hari dalam dosis yang terbagi.
  • Dosis maksimum: 36 mg/hari.

Oles

Oleskan tipis-tipis pada daerah kulit yang bermasalah, sekali sehari atau sesuai kebutuhan.

Bagaimana dosis isothipendyl untuk anak-anak?

  • Larutan HCl: 4-6 mg/hari dalam dosis yang terbagi.

Dalam dosis apakah isothipendyl tersedia?

Isothipendyl tersedia dalam bentuk krim, sirup, tablet, dan gel.

Efek samping Isothipendyl

Apa saja efek samping isothipendyl?

Setiap obat pada prinispnya memiliki potensi efek samping, termasuk obat ini. Beberapa efek samping yang paling banyak dikeluhkan orang ketika minum obat ini di antaranya:

  • Kesulitan buang air kecil
  • Sembelit
  • Mulut kering
  • Tekanan darah rendah
  • Mengantuk
  • Pandangan buram
  • Kesulitan menggerakkan mulut

Sementara untuk penggunaan obat oles, efek samping yang paling umum meliputi:

  • Ruam kemerahan
  • Kulit lebih sensitif terhadap cahaya

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silakan berkonsultasi dengan dokter atau apoteker.

Peringatan dan Perhatian Obat Isothipendyl

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan isothipendyl?

Beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum pakai obat ini di antaranya:

  • Beri tahu dokter bila Anda punya riwayat alergi terhadap terhadap Isothipendyl atau obat antihistamin lainnya.
  • Beri tahu dokter bila Anda punya riwayat penyakit kronis seperti penyakit diabetes, penyakit jantung, stroke, dan lain sebagainya.
  • Beri tahu dokter bila Anda mengalami gangguan pada hati dan ginjal.
  • Beri tahu dokter bila belakangan ini Anda sedang rutin minum obat-obatan tertentu. Entah itu obat resep, nonresep, maupun obat herbal.
  • Obat ini dapat menyebabkan kantuk. Maka, berhati-hatilah ketika Anda akan mengemudi atau melakukan sesuatu yang mengharuskan Anda waspada.

Apakah isothipendyl aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Obat ini sebaiknya tidak diberikan pada ibu hamil dan menyusui. Sebab belum ada penelitian yang benar-benar membuktikan bahwa obat ini aman untuk ibu hamil, menyusui, serta bayi.

Selalu konsultasi terlebih dulu pada dokter atau bidan sebelum menggunakan obat apa pun. Apalagi jika Anda sedang hamil, menyusui, atau sedang merencanakan kehamilan.

Interaksi Obat Isothipendyl

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan isothipendyl?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini.

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan isothipendyl?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau pada saat waktu sekitar makan pada makanan atau makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi.

Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

  • Ethanol

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan isothipendyl?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama insufisiensi ginjal, hati, dan pernapasan.

Overdosis Isothipendyl

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat medis (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

needed., A., needed., O., Oral: Urinary retention, r., alcohol., I., Antiallergics, A., & Antihistamines/Antipruritics, T. (2019). Isothipendyl: Indication, Dosage, Side Effect, Precaution | MIMS.com Indonesia . Mims.com. Retrieved 17 October 2019, from http://www.mims.com/indonesia/drug/info/isothipendyl/?type=brief&mtype=generic

Isothipendyl Hydrochloride – Uses, Side-effects, Reviews, and Precautions – TabletWise. (2019). tabletwise. Retrieved 17 October 2019, from https://www.tabletwise.com/medicine/isothipendyl-hydrochloride

Isothipendyl – Drugs.com. (2019). Drugs.com. Retrieved 17 October 2019, from https://www.drugs.com/international/isothipendyl.html

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Risky Candra Swari Diperbarui 17/03/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri