home
health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Fakta Medis Direview oleh ditulis oleh Rahmi Dzulhijjah, S.Gz, M.Gz pada Apr 01, 2021

Laki-laki

Wanita

Apa itu BMI (IMT)?

Body Mass Index (BMI) atau yang sering dikenal dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) adalah nilai ukur untuk mengetahui status gizi seseorang berdasarkan berat dan tinggi badannya. Nilai BMI (IMT) juga dapat menjadi alat skrining awal untuk mengetahui risiko seseorang terhadap suatu penyakit.

Nilai BMI (IMT) yang tinggi menandakan bahwa Anda kelebihan berat badan (overweight atau obesitas). Sementara, nilai BMI (IMT) yang rendah artinya Anda kekurangan gizi dan memiliki berat badan rendah. Namun IMT tidak bisa membedakan persen lemak tubuh dan persen massa otot. Sementara, persen lemak tubuh lebih bisa memberikan gambaran terkait risiko penyakit kronis.

Cara menilai BMI (IMT)

BMI atau IMT diukur dengan cara membandingkan berat badan dengan tinggi badan. Cara ini dapat digunakan untuk orang yang berusia di atas 18 tahun.

Sedangkan, menghitung indeks massa tubuh dengan cara ini tidak berlaku untuk anak dan remaja (usia di bawah 18 tahun). Status gizi anak diukur dengan indikator berat badan menurut usia, tinggi badan menurut usia, dan berat badan menurut tinggi badan.

Nilai BMI atau IMT yang tidak normal dapat menandakan Anda berisiko mengalami penyakit tertentu. Namun menghitung IMT saja tidak cukup untuk menegakkan suatu diagnosis penyakit. Maka itu, biasanya dokter akan melakukan tes dan skrining lanjutan.