Nama Generik: Tiapride Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Fungsi & Penggunaan

Untuk apa obat Tiapride digunakan?

Tiapride adalah obat untuk menangani berbagai kelainan saraf dan jiwa termasuk dyskinesia, sindrom withdrawal alkohol, gejala negatif dari psychosis, dan agitasi dan agresi pada orang tua.

Bagaimana aturan pakai obat Tiapride?

Bacalah petunjuk pengobatan yang diberikan oleh apoteker Anda sebelum mulai menggunakan obat ini dan setiap kali Anda mendapatkan isi ulang. Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara menyimpan Tiapride?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Tiapride?

Penyakit kardiovaskular, penyakit Parkinson, epilepsy, depresi, myasthenia gravis, ileus paralitik, prostatic hypertrophy, dyscrasias darah, penuaan.

Apakah obat Tiapride aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Kehamilan dan menyusui: tidak ada informasi yang cukup tentang keamanan dari penggunaan obat ini selama kehamilan dan menyusui.

Efek Samping

Apa efek samping Tiapride yang mungkin terjadi?

Gejala Parkinson, kantuk, agitasi, insomnia, kejang, pusing, kongesti hidung, gejala animuskarinik (contoh: mulut kering, konstipasi, penglihatan buram, kesulitan dengan kencing dan mydriasis), perubahan ECG, cardiac arrhythmias, hipotensi orthostatic, fotosensitisasi, ketebalan kornea dan lenda. Delirium, mimpi buruk, depresi, ejakulasi, impoten, priapismus, reaksi hipersensitif.

Potensi fatal: dyscrasias darah, sindrom neuroleptic malignant.

Tidak semua orang mengalami efek samping. Ada beberapa efek samping yang tidak tercantum pada daftar diatas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silahkan konsultasikan pada dokter atau apoteker.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Tiapride?

Walaupun beberapa obat tidak seharusnya digunakan bersamaan sekaligus, pada kasus lain 2 jenis obat yang berbeda mungkin dapat digunakan bersamaan walaupun ada kemungkinan terjadi interaksi. Pada kasus ini, dokter Anda mungkin akan mengubah dosis, atau resep lain yang diperlukan. Beri tahu dokter Anda jika Anda menggunakan obat resep atau non resep.

Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Tiapride?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Tiapride?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis obat Tiapride untuk dewasa?

200-400 mg sehari. Dosis harian yang lebih tinggi mungkin diperlukan untuk dyskinesia.

Berapa dosis obat Tiapride untuk anak-anak?

Keamanan dan keefektivitasan obat belum dapat ditentukan pada pasien anak di bawah 18 tahun.

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118/119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: September 28, 2017 | Terakhir Diedit: September 28, 2017

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan