Ryzen

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Nama Generik: Ryzen Merek: ryzen.

Fungsi & Penggunaan

Untuk apa obat Ryzen digunakan?

Ryzen adalah obat yang biasa digunakan untuk meredakan gatal karena alergi, seperti gatal pada kulit, mata, maupun hidung. Obat ini dapat digunakan untuk mengobati alergi rhinitis musiman, rhinitis permanen, urtikaria kronis, asma akibat serbuk sari atau alergi, dan dermatitis atopik.

Ryzen adalah obat golongan antihistamin generasi kedua dengan kandungan utama Cetirizine dihydrochloride (turunan dari Cetirizine).

Obat ini bekerja dengan cara menghalangi zat alami tertentu (histamin) yang dihasilkan oleh tubuh selama reaksi alergi. Cetirizine tidak dapat mencegah gatal atau mencegah/mengobati reaksi alergi serius (misalnya anafilaktik). Jika reaksi alergi masih terjadi atau bahkan bertambah parah setelah Anda minum obat ini, sebaiknya segera periksakan ke dokter

Bagaimana aturan pakai Ryzen?

Gunakan Ryzen sesuai aturan pakai yang tertera pada kemasan jika Anda menggunakan Ryzen tanpa resep dokter. Baca petunjuk pemakaian dengan cermat sebelum Anda menggunakan obat ini. Bila dokter telah memberikan resep obat Ryzen untuk Anda, sebaiknya minum obat ini sesuai resep yang disarankan, biasanya satu kali per hari.

Ryzen tersedia dalam bentuk tablet dan juga cair. Ryzen tablet bisa diminum dengan cara dikunyah terlebih dahulu kemudian telan. Sedangkan, Ryzen cair bisa diminum dengan cara diteteskan langsung ke mulut atau dituangkan langsung ke sendok khusus. Jangan gunakan sendok rumah karena mungkin Anda tidak bisa mendapatkan dosis yang tepat.

Bagaimana cara menyimpan Ryzen?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan (di bawah 30 derajat Celcius), jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Berapa dosis Ryzen untuk dewasa?

  • Dosis untuk dewasa dan anak di atas 12 tahun: 10 mg (1 tablet atau 20 tetes atau 10 ml) satu kali per hari. Diminum pada siang hari.
  • Dosis untuk usia lanjut (lansia): Saat ini tidak ada data yang menunjukkan bahwa dosis untuk lansia perlu dikurangi.
  • Dosis untuk orang dengan masalah ginjal: Dosisnya harus dikurangi menjadi ½ dosis biasa yang dianjurkan.

Berapa dosis Ryzen untuk anak-anak?

  • Dosis untuk anak usia 6-12 tahun: 10 mg (1 tablet atau 20 tetes atau 10 ml) satu kali per hari atau dosis ini juga bisa dibagi menjadi dua kali, masing-masing 5 mg ( ½ tablet atau 10 tetes atau 5 ml). Diminum pada pagi dan siang hari.
  • Dosis untuk anak usia 2-6 tahun: 5 mg (½ tablet atau 10 tetes atau 5 ml) satu kali per hari, diminum saat siang hari. Atau, dosis ini juga bisa dibagi menjadi dua kali, masing-masing 2,5 mg (5 tetes atau 2,5 ml), diminum pada pagi dan siang hari.
  • Dosis untuk anak usia 12-23 bulan: obat tetes: 5 tetes (2,5 mg) satu kali per hari. Dosis ini bisa ditingkatkan menjadi maksimal 5 mg per hari, diberikan dua kali per hari sebanyak 5 tetes (2,5 mg) setiap 12 jam.
  • Dosis untuk anak usia 6-11 bulan: obat tetes: 5 tetes (2,5 mg) satu kali per hari.

Dalam dosis dan sediaan apa Ryzen tersedia?

Ryzen tersedia dalam bentuk dan ukuran dosis:

  • Tablet, oral: 10 mg
  • Cair, oral: 1 mg/ml

Efek Samping

Apa efek samping Ryzen yang mungkin terjadi?

Dalam tes objektif fungsi psikomotor, kejadian sedasi dengan cetirizine serupa dengan plasebo. Artinya, Ryzen tidak menimbulkan efek samping kantuk atau antikolinergik (memengaruhi fungsi persarafan).

Namun begitu, ada beberapa laporan efek samping subjektif ringan dan transien, seperti sakit kepala, pusing, kantuk, agitasi, mulut kering dan ketidaknyamanan pada sistem pencernaan. Pada beberapa individu, reaksi hipersensitivitas termasuk reaksi kulit dan angiodema dapat terjadi.

Hubungi dokter segera jika Anda mengalami efek samping serius dari Ryzen, seperti:

  • Detak jantung cepat atau tidak teratur
  • Tubuh melemah, bergetar tidak terkendali, atau sulit tidur (insomnia)
  • Tidak bisa beristirahat sama sekali, hiperaktif
  • Kebingungan
  • Masalah penglihatan
  • Lebih jarang atau sama sekali tidak buang air kecil

Tidak semua orang mengalami efek samping saat menggunakan obat ini. Mungkin juga ada beberapa efek samping yang belum disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Ryzen?

Anda harus menghentikan pengobatan ini jika Anda punya alergi cetirizine dihydrochloride atau salah satu bahan penyusun dari Ryzen.

Sebelum menggunakan Ryzen, beritahu dokter tentang semua kondisi medis Anda.

Jika Anda mengemudi atau mengoperasikan mesin setelah minum Ryzen, sebaiknya minum tidak melebihi dosis yang dianjurkan. Dikhawatirkan, Ryzen dapat menurunkan kewaspadaan, mengganggu pikiran atau reaksi, atau menyebabkan kantuk jika diminum berlebihan, walaupun hal ini tidak terbukti.

Apakah Ryzen aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil.  Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori B menurut US Food and Drugs Administration (FDA)

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  • A= Tidak berisiko
  • B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  • C=Mungkin berisiko
  • D=Ada bukti positif dari risiko
  • X=Kontraindikasi
  • N=Tidak diketahui

Bagi ibu menyusui, penggunaan Ryzen tidak disarankan atau harus dalam penanganan khusus. Karena, bahan aktif dalam Ryzen, yaitu cetirizine, dapat dilepaskan ke ASI.

Selalu konsultasi terlebih dulu pada dokter atau bidan sebelum menggunakan obat apapun, jika Anda sedang hamil, menyusui, atau sedang merencanakan kehamilan.

Interaksi Obat

Obat apa saja yang tak boleh dikonsumsi bersamaan dengan Ryzen?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Sampai saat ini, Ryzen dilaporkan tidak mempunyai interaksi dengan obat lain. Studi yang dilakukan mengenai Ryzen dipakai dengan diazepam dan simetidin tidak menunjukkan adanya bukti interaksi obat. Seperti pada obat golongan antihistamin lainnya, disarankan agar Anda menghindari konsumsi alkohol yang berlebihan saat minum obat ini.

Makanan dan minuman apa yang tak boleh dikonsumsi saat menggunakan Ryzen?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan dokter Anda.

Apakah ada kondisi kesehatan tertentu yang harus menghindari Ryzen?

Menggunakan obat ini bersamaan dengan obat-obatan lain biasanya tidak disarankan, tapi mungkin diharuskan pada beberapa kasus. Jika keduanya diresepkan serentak, dokter mungkin akan mengubah dosis atau seberapa sering Anda menggunakan satu atau kedua obat.

Overdosis

Bagaimana gejala overdosis Ryzen dan apa efeknya?

Jika Ryzen digunakan secara berlebihan, mengantuk bisa menjadi salah satu gejala overdosis yang muncul. Overdosis Ryzen pada anak-anak dapat menyebabkan agitasi.

Dalam kasus overdosis yang parah, pencucian lambung harus dilakukan bersamaan dengan tindakan pendukung lainnya. Tidak ada obat penawar khusus sampai saat ini yang bisa mengatasi overdosis Ryzen.

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada situasi gawat darurat atau overdosis, hubungi 119 atau segera larikan ke rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan kalau saya lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Jika Anda melewatkan satu dosis, segera minum sesegera mungkin saat Anda ingat. Namun, jika Anda baru ingat setelah sudah waktunya untuk dosis selanjutnya, abaikan saja dosis yang terlupa, dan lanjutkan pemakaian sesuai jadwal. Jangan gunakan obat ini dengan dosis dobel.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Oktober 10, 2017 | Terakhir Diedit: Oktober 10, 2017

Yang juga perlu Anda baca