Piperazine obat apa?

Oleh

Nama Generik: Piperazine Merek: Ascarzan, Ascomin, Combicitrine dan Piperacyl.

Penggunaan

Untuk apa piperazine?

Piperazine adalah termasuk keluarga obat yang disebut anthelmintics. Anthelmintic adalah obat yang digunakan dalam pengobatan infeksi cacing.

Piperazine digunakan untuk mengobati cacing gelang umum (ascariasis) dan cacing kremi (cacing kremi, oxyuriasis).

Piperazine bekerja dengan melumpuhkan cacing, kemudian dibuang dalam tinja. Piperazine hanya tersedia dengan resep dokter.

Bagaimana cara penggunaan piperazine?

Tidak ada persiapan khusus atau langkah-langkah lain (misalnya, diet khusus, puasa, konsumsi obat-obatan lainnya, obat pencahar, atau enema) yang diperlukan sebelum, selama, atau segera setelah Anda mengonsumsi piperazine.

Piperazine dapat diminum dengan atau tanpa makanan atau pada perut penuh atau kosong. Namun, jika dokter Anda memberi tahu Anda untuk mengambil obat dengan cara tertentu, lakukan persis seperti yang diarahkan dokter

Untuk pasien yang menggunakan bentuk butiran langsung minum:

  • larutkan isi 1 bungkus butiran di 57 mL (sekitar 2 ons) air, susu, atau jus buah
  • pastikan untuk minum semua cairan untuk mendapatkan obat dalam dosis penuh

Ambil piperazine sesuai dengan arahan. Jangan mengambil lebih dari itu dan tidak mengambil lebih sering daripada apa yang diperintahkan oleh dokter. Dosis berlebihan dapat meningkatkan kemungkinan efek samping yang serius.

Untuk membantu membersihkan infeksi Anda sepenuhnya, minum piperazine dalam jangka dosis teratur seperti yang diperintahkan oleh dokter Anda. Dalam beberapa infeksi, pengobatan kedua dengan piperazine mungkin diperlukan untuk membersihkan infeksi sepenuhnya. Jangan lewatkan dosis apapun.

Untuk pasien yang memakai piperazine untuk cacing kremi: cacing kremi dapat dengan mudah menular dari satu orang ke orang lain, terutama di kalangan orang-orang di rumah yang sama. Oleh karena itu, semua anggota rumah mungkin harus diobati pada saat yang sama untuk mencegah infeksi atau re-infeksi cacing.

Bagaimana cara penyimpanan piperazine?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis piperazine untuk orang dewasa?

Butiran untuk dosis dalam bentuk larutan siap minum:

Untuk cacing gelang biasa atau cacing kremi:

Orang dewasa dan remaja-2 gram tiga kali sehari selama satu hari. Pengobatan mungkin perlu diulang dalam dua minggu.

Bentuk suspensi siap minum yang tersedia:

Untuk cacing gelang biasa atau cacing kremi:

Orang dewasa dan remaja-1,8 gram setiap empat jam untuk total tiga dosis dalam satu hari. Pengobatan mungkin perlu diulang dalam dua minggu.

Untuk dosis dalam bentuk tablet:

Untuk cacing gelang umum:

Orang dewasa dan remaja-3,5 gram (piperazine hexahydrate) per hari selama dua hari berturut-turut. Pengobatan mungkin perlu diulang dalam satu minggu.

Untuk cacing kremi:

Dosis untuk orang dewasa dan anak berdasarkan pada berat badan dan harus ditentukan oleh dokter. Namun, dosis biasa adalah 65 mg (piperazine hexahydrate) per kilogram (29,5 mg per pon) dari berat badan per hari selama tujuh hari berturut-turut. Pengobatan mungkin perlu diulang dalam satu minggu.

Bagaimana dosis piperazine untuk anak-anak?

Untuk butiran dalam bentuk larutan siap minum:

Untuk cacing gelang biasa atau cacing kremi:

Dosis pada anak didasarkan pada usia dan/atau berat badan. Pengobatan mungkin perlu diulang dalam dua minggu.

  • usia sampai 2 tahun: dosis harus ditentukan oleh dokter Anda
  • usia 2 sampai 8 tahun: 2 gram sekali sehari selama satu hari
  • usia 8 sampai 14 tahun: 2 gram dua kali sehari selama satu hari

Untuk dosis dalam bentuk suspensi siap minum:

Untuk cacing gelang biasa atau cacing kremi:

Dosis pada anak didasarkan pada usia. Pengobatan mungkin perlu diulang dalam dua minggu.

  • usia sampai 2 tahun: 600 miligram (mg) setiap empat jam untuk total tiga dosis dalam satu hari
  • usia ¬†2 sampai 8 tahun: 1,2 gram setiap enam jam untuk total dua dosis dalam satu hari
  • usia 8 sampai 14 tahun: 1,2 gram setiap empat jam untuk total tiga dosis dalam satu hari

Untuk dosis dalam bentuk tablet:

Untuk cacing gelang umum:

Dosis pada anak didasarkan pada berat badan dan harus ditentukan oleh dokter. Namun, dosis biasa adalah 75 mg (piperazine hexahydrate) per kilogram (34 mg per pon) dari berat badan per hari selama dua hari berturut-turut. Pengobatan mungkin perlu diulang dalam satu minggu.

Untuk cacing kremi:

Dosis untuk orang dewasa dan anak didasarkan pada berat badan dan harus ditentukan oleh dokter. Namun, dosis biasa adalah 65 mg (piperazine hexahydrate) per kilogram (29,5 mg per pon) dari berat badan per hari selama tujuh hari berturut-turut. Pengobatan mungkin perlu diulang dalam satu minggu.

Dalam dosis apakah piperazine tersedia?

  • tablet
  • sirup

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena piperazine?

Seiring dengan manfaat yang didapatkan, obat ini dapat menyebabkan beberapa efek yang tidak diinginkan. Meskipun tidak semua efek samping ini dapat terjadi, jika efek samping tersebut terjadi mungkin perlu perhatian medis.

Beberapa efek samping dapat terjadi dan biasanya tidak memerlukan perhatian medis. Efek samping ini mungkin hilang selama pengobatan saat tubuh Anda mulai menyesuaikan dengan obat. Perawat kesehatan profesional Anda mungkin dapat memberi tahu Anda tentang cara untuk mencegah atau mengurangi beberapa efek samping. Periksa dengan ahli kesehatan Anda jika salah satu efek samping berikut terus hadir atau mengganggu atau jika Anda memiliki pertanyaan tentang efek samping tersebut:

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan piperazine?

Sebelum menggunakan obat tertentu, pertimbangkan risiko dan manfaatnya terlebih dahulu. Ini adalah keputusan yang harus dibuat Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, perhatikan hal berikut:

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda mengalami reaksi tak biasa atau alergi pada obat ini atau obat lain. Beri tahu dokter juga jika Anda memiliki alergi tipe lain seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau alergi hewan. Untuk produk tanpa resep, baca label pada kemasan secara saksama.

Anak-Anak

Anak-anak mungkin sangat sensitif terhadap efek dari piperazine. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan efek samping selama pengobatan.

Lansia

Belum ada studi yang tepat sampai saat ini mengenai masalah khusus pada lansia yang akan membatasi kegunaan Piperazine pada lansia. Namun, pasien lanjut usia lebih mungkin untuk mengalami halusinasi (melihat, mendengar, atau merasa hal-hal yang tidak ada), yang mungkin diperlukan kehati-hatian pasien yang mengonsumsi Piperazine.

Apakah piperazine aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Belum ada informasi yang memadai tentang keamanan dalam menggunakan obat ini selama masa kehamilan dan menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan piperazine?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan piperazine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan piperazine?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • penyakit ginjal
  • penyakit hati – mungkin memiliki risiko peningkatan efek samping
  • gangguan kejang, terutama riwayat epilepsi – Piperazine mungkin membuat kondisi lebih buruk.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Sumber
Yang juga perlu Anda baca