Nama Generik: Montelukast Merek: Singulair.

Penggunaan

Untuk apa montelukast?

Montelukast adalah obat yang digunakan secara teratur untuk mencegah mengi dan sesak napas yang disebabkan oleh asma dan mengurangi jumlah serangan asma. Montelukast juga digunakan sebelum latihan untuk mencegah masalah pernapasan selama latihan (bronkospasme). Obat ini dapat membantu mengurangi jumlah kali Anda perlu menggunakan inhaler menyelamatkan Anda. Obat ini juga digunakan untuk meredakan gejala demam dan rinitis alergi (seperti bersin, pengap / pilek / gatal).

Obat ini tidak bekerja segera dan tidak boleh digunakan untuk mengobati serangan asma mendadak atau masalah pernapasan lainnya.

Obat ini bekerja dengan memblokir zat alami tertentu (leukotrien) yang dapat menyebabkan atau memperburuk asma dan alergi. Obat ini membantu membuat bernapas lebih mudah dengan mengurangi pembengkakan (inflamasi) di saluran pernapasan.

Bagaimana cara penggunaan montelukast?

Konsumsi obat ini lewat mulut dengan atau tanpa makanan seperti yang dianjurkan oleh dokter Anda. Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda dan respon terhadap pengobatan. Jika Anda menggunakan tablet kunyah, kunyah obat secara menyeluruh sebelum menelannya. Jika anak Anda tidak dapat mengunyah dan menelan obat dengan aman, konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk saran lebih lanjur.

Minum obat ini pada waktu yang sama setiap hari. Jika Anda minum obat ini untuk asthma atau untuk  asma dan alergi, ambil dosis Anda di malam hari. Jika Anda meminum montelukast hanya untuk mencegah alergi, ambill dosis Anda baik di pagi hari atau malam hari.

Jika Anda meminum obat ini untuk mencegah masalah pernapasan saat berolahraga, ambil dosis Anda minimal 2 jam sebelum latihan. Jangan mengambil lebih dari satu dosis dalam 24 jam. Jangan mengambil dosis sebelum latihan jika Anda sudah mengambil obat ini setiap hari untuk asma atau alergi. Melakukan hal itu dapat meningkatkan risiko efek samping.

Jangan menambah atau mengurangi dosis atau berhenti menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda. Terus menggunakan obat ini secara teratur untuk menjaga asma Anda tetap terkendali, bahkan selama serangan asma mendadak atau periode ketika Anda tidak memiliki gejala asma. Teruskan konsumsi obat lain untuk asma seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Obat ini bekerja dari waktu ke waktu dan tidak dimaksudkan untuk meringankan serangan asma mendadak. Oleh karena itu, jika serangan asma atau masalah pernapasan lainnya terjadi, gunakan bantuan cepat seperti inhaler seperti yang telah dianjurkan dokter. Anda harus selalu membawa inhaler. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk lebih jelasnya.

Segera hubungi bantuan medis jika gejala asma Anda memburuk dan bantuan-cepat inhaler Anda tidak membantu. Segera katakan kepada dokter Anda jika terjadi gejala asma, masalah pernapasan, gejala alergi, berapa kali Anda menggunakan inhaler tetapi kondisi Anda tetap atau memburuk.

Bagaimana cara penyimpanan montelukast?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis montelukast untuk orang dewasa?

Dosis Normal untuk Orang Dewasa Penderita Alergi Rhinitis

10 mg diminum langsung sekali sehari. Untuk asma, dosis harus diambil di malam hari. Untuk alergi  rhinitis, waktu pemberian individual sesuai dengan kebutuhan pasien. Baik pasien dengan asma dan alergi rinitis harus mengambil hanya satu dosis harian di malam hari.

Dosis Normal untuk Orang Dewasa yang Sedang Menjalani Perawatan Asma

10 mg diminum langsung sekali sehari. Untuk asma, dosis harus diambil di malam hari. Untuk alergi  rhinitis, waktu pemberian individual sesuai dengan kebutuhan pasien. Baik pasien dengan asma dan alergi rinitis harus mengambil hanya satu dosis harian di malam hari.

Dosis Normal untuk Orang Dewasa Penderita Bronkospasme Profilaksis

10 mg diminum langsung minimal 2 jam sebelum latihan. dosis tambahan tidak harus diambil dalam waktu 24 jam dari dosis sebelumnya. Pasien yang sudah meminum dosis montelukast harian untuk indikasi lain (termasuk asma kronis) tidak harus mengambil dosis tambahan untuk mencegah indikasi bronkospasme. Semua pasien harus bersedia untuk penyelamatan short-acting beta 2 agonis. Administrasi harian konsumsi montelukast untuk pengobatan asma kronis untuk mencegah episode olahraga akut bronkokonstriksi terinduksi masih belum tersedia.

Bagaimana dosis montelukast untuk anak-anak?

Dosis untuk Anak-anak Penderita Alergi Rhinitis:

Usia 15 tahun atau lebih tua dengan asma atau alergi rhinitis:

10 mg diminum langsung sekali sehari.

Usia 6 tahun sampai 14 tahun dengan asma atau alergi rhinitis:

5 mg tablet kunyah diminum langsung sekali sehari.

Usia 2 tahun sampai 5 tahun dengan asma atau alergi rhinitis:

4 mg tablet kunyah atau 4 mg butiran diminum langsung sekali sehari.

Usia 1 tahun sampai 2 tahun dengan asma:

4 mg tablet kunyah atau 4 mg butiran diminum langsung sekali sehari  di malam hari.

Usia 6 bulan sampai 23 bulan dengan alergi rhinitis perennial:

4 mg butiran diminum langsung sekali sehari

Dosis untuk Anak-anak yang Sedang Menjalani Perawatan Asma

Usia 15 tahun atau lebih tua dengan asma atau alergi rhinitis:

10 mg diminum langsung sekali sehari.

Usia 6 tahun sampai 14 tahun dengan asma atau alergi rhinitis:

5 mg tablet kunyah oral sekali sehari.

Usia 2 tahun sampai 5 tahun dengan asma atau alergi rhinitis:

4 mg tablet kunyah atau 4 butiran mg diminum langsung sekali sehari.

Usia 1 tahun sampai 2 tahun dengan asma:

4 mg butiran diminum langsung sekali sehari di malam hari.

Usia 6 bulan sampai 23 bulan dengan alergi rhinitis perennial:

4 mg butiran diminum langsung sekali sehari.

Dosis Normal Untuk Anak-anak Penderita Bronkospasme Profilaksis

Usia 15 tahun atau lebih tua:

10 mg diminum minimal 2 jam sebelum latihan.

Usia 6 tahun sampai 14 tahun:

5 mg tablet kunyah diminum langsung minimal 2 jam sebelum latihan.

Dalam dosis apakah montelukast tersedia?

Butiran, siap minum: 4 mg.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena montelukast?

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hubungi dokter Anda jika Anda mengalami efek samping yang serius seperti:

  • ruam kulit, memar, kesemutan yang parah, mati rasa, nyeri, kelemahan otot
  • perubahan mood atau perilaku, kecemasan, depresi, atau pikiran tentang bunuh diri atau menyakiti diri sendiri
  • tremor atau gemetar
  • mudah memar, tidak biasa perdarahan (hidung, mulut, vagina, atau dubur), ungu atau bintik-bintik merah di bawah kulit Anda
  • sakit parah sinus, bengkak, atau iritasi
  • gejala asma memburuk
  • reaksi parah pada kulit – demam, sakit tenggorokan, pembengkakan di wajah Anda atau lidah, sensasi terbakar di mata Anda, sakit kulit, diikuti dengan ruam merah atau ungu pada kulit yang menyebar (terutama di wajah atau tubuh bagian atas) dan menyebabkan melepuh dan mengelupas

Efek samping yang kurang serius mungkin termasuk:

  • sakit kepala
  • nyeri perut, mulas, sakit perut, mual, diare
  • sakit gigi
  • perasaan lelah
  • demam, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, batuk, serak
  • ruam ringan

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silakan berkonsultasi dengan dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan montelukast?

Sebelum menggunakan montelukast, katakan pada dokter dan apoteker jika Anda memiliki alergi terhadap montelukast atau obat lain.

Katakan pada dokter dan apoteker apa resep dan obat nonresep, vitamin, suplemen gizi, dan produk herbal yang Anda gunakan atau berencana untuk Anda gunakan. Pastikan untuk menyebutkan fenobarbital dan rifampisin (Rifadin, Rimactane). Dokter Anda mungkin perlu mengubah dosis obat Anda atau memonitor Anda untuk lebih hati-hati mengenai efek samping.

Katakan pada dokter Anda jika Anda memiliki atau pernah memiliki penyakit hati.

Katakan pada dokter Anda jika Anda sedang hamil, berencana untuk hamil, atau menyusui. Jika Anda hamil sewaktu mengambil montelukast, hubungi dokter Anda.

Anda harus tahu bahwa kesehatan mental Anda mungkin berubah secara tak terduga saat Anda menggunakan montelukast. Anda harus menghubungi dokter Anda segera jika Anda mengalami salah satu gejala berikut: agitasi, perilaku agresif, kecemasan, mudah tersinggung, mimpi yang tidak biasa, halusinasi (melihat sesuatu atau mendengar suara-suara yang tidak ada), depresi, kesulitan tidur, gelisah, tidur berjalan, pikiran untuk bunuh diri atau tindakan (berpikir tentang tindakan merugikan atau membunuh diri sendiri atau berencana atau mencoba untuk melakukannya), atau tremor (gemetar tak terkendali dari bagian tubuh). Dokter Anda akan memutuskan apakah Anda harus terus menggunakan montelukast.

Jika Anda memiliki fenilketonuria (PKU, kondisi turunan di mana diet khusus harus diikuti untuk mencegah keterbelakangan mental), Anda harus tahu bahwa tablet kunyah mengandung aspartame yang membentuk fenilalanin.

Apakah montelukast aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori B menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Belum diketahui apakah Montelukast dapat masuk ke dalam ASI atau apakah itu bisa membahayakan bayi saat menyusui. Katakan kepada dokter Anda jika Anda sedang menyusui.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan montelukast?

Interaksi dengan obat lain dapat memengaruhi cara kerja obat dan meningkatkan risiko efek samping yang berbahaya. Artikel ini tidak memuat semua kemungkinan interaksi obat. Catatlah semua produk obat yang Anda gunakan (termasuk obat resep, nonresep, dan herbal) dan perlihatkan kepada dokter serta apoteker Anda. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apapun tanpa seizin dokter. Beri tahu dokter jika Anda sedang dalam pengobatan dengan:

  • Clozapine
  • Cobicistat
  • Nilotinib
  • Pixantrone
  • Gemfibrozil
  • Prednison

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan montelukast?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda. Hindari minum jus grapefruit saat Anda sedang menggunakan obat ini.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan montelukast?

Kehadiran masalah medis lainnya dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberi tahu dokter Anda jika Anda memiliki masalah medis lainnya, terutama:

  • alergi terhadap aspirin
  • alergi terhadap obat anti-inflammatory drugs (NSAID) (misalnya, celecoxib, ibuprofen, naproxen, Advil®, Aleve®, atau Motrin®) – tetap hindari aspirin atau NSAID saat menggunakan obat ini
  • fenilketonuria (PKU) – tablet kunyah mengandung aspartame, yang dapat membuat kondisi ini lebih buruk.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Gejala overdosis mungkin meliputi:

  • sakit perut
  • kantuk
  • haus
  • sakit kepala
  • muntah
  • kegelisahan atau agitasi

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis. Jangan menggunakan Montelukast lebih dari satu kali dalam 24 jam.

 

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan