Kalsium Klorida obat apa?

Oleh

Nama Generik: Kalsium Klorida Merek: kalsium klorida.

Penggunaan

Untuk apa Kalsium Klorida?

Kalsium Klorida adalah obat yang digunakan dalam pengobatan hypocalcemia, yaitu kondisi kesehatan di mana tubuh memiliki kadar kalsium rendah. Kalsium berperan penting untuk kesehatan tulang, otot, sistem saraf dan jantung. Kalsium Klorida juga dapat digunakan untuk mengobati Hipoparatiroidisme (kurangnya produksi hormon paratiroid), kekurangan vitamin D dan mencegah terjadinya hypocalcemia pada saat transfusi darah.

Dosis kalsium klorida dan efek samping kalsium klorida akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Bagaimana cara penggunaan Kalsium Klorida?

Selalu ikuti aturan yang telah diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Umumnya, dokter Anda akan memberikan suntikan melalui pembuluh darah. Jika ada pertanyaan, ajukan pada dokter atau apoteker.

Bagaimana cara penyimpanan Kalsium Klorida?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Kalsium Klorida untuk orang dewasa?

  • Dosis umum untuk orang dewasa pengidap Hypocalcemia dan kekurangan kalsium

Dosis 10-25 mmol dengan interval pemberian dosis 1-3 hari, disesuaikan dengan kondisi kesehatan pasien dan monitor serum kalsium. Kalsium Klorida diberikan melalui infus secara perlahan, tidak melebihi 1 ml/min (10% larutan).

  • Dosis umum untuk orang dewasa pengidap Hypocalcemia akut (level kalsium sangat rendah)

Dosis  2.25 mmol melalui infus secara perlahan, diulang jika diperlukan atau diikuti oleh suntikan infusi lanjutan dengan dosis 9 mmol/hari.

  • Dosis umum untuk orang dewasa pengidap Hypocalcaemic tetany (kondisi kesehatan yang menyebabkan kejang otot akibat malfungsi paratiroid dan kekurangan kalsium)

Dosis 2.25 mmol melalui infus secara perlahan, diulang jika diperlukan atau diikuti oleh suntikan infusi lanjutan dengan dosis 9 mmol/hari.

  • Dosis umum untuk orang dewasa pengidap Hyperkalaemia (Kadar potassium tinggi dalam darah)

Dosis 5-10 ml of 10% larutan, diberikan dalam jangka waktu 2-5 menit. Pemberian dosis dapat diulang sesuai kebutuhan dengan monitoring ECG.

Antidot dalam Hypermagnesaemia akut (Kadar magnesium tinggi dalam darah). Sedangkan 5-10 ml of 10% larutan, diberikan dalam jangka waktu 2-5 menit. Pemberian dosis dapat diulang sesuai kebutuhan dengan monitoring ECG.

Bagaimana dosis Kalsium Klorida untuk anak-anak?

Dosis umum untuk anak pengidap Hyperkalaemia parah (Kadar potassium tinggi dalam darah)

Dosis 20 mg/kg, dapat diulang setiap 10 menit jika diperlukan

Dalam dosis apakah Kalsium Klorida tersedia?

Kalsium Klorida tersedia dalam dosis-dosis sebagai berikut:

  • Larutan, infus: dalam takaran sebanyak 10%, yang dianjurkan oleh dokter atau ahli kesehatan

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena Kalsium Klorida?

Layaknya obat-obatan umum lainnya, Kalsium Klorida dapat menyebabkan efek samping. Tetapi, tidak semua orang mengalami efek samping.

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Efek samping yang mungkin ditimbulkan:

  • Mulut terasa kering dan berkapur
  • Sensasi panas pada tubuh bagian atas
  • Menurunnya tekanan darah
  • Hilang nafsu makan
  • Mual
  • Muntah
  • Konstipasi
  • Nyeri perut
  • Lemah letih
  • Gangguan mental
  • Rasa haus yang berlebihan
  • Kadar urine berlebih
  • Nyeri tulang
  • Penyimpanan kalsium dalam ginjal
  • Batu ginjal
  • Detak jantung tidak teratur
  • Koma

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Kalsium Klorida?

Tidak dianjurkan untuk mengonsumsi Kalsium Klorida bagi Anda yang pernah memiliki kondisi berikut:

  • Anda pernah mengidap reaksi alergi parah terhadap garam kalsium atau zat – zat lain yang terkandung dalam suntikan infusi Kalsium Klorida (lihat section 6)
  • Anda dalam pengobatan untuk penyakit jantung, contohnya digitalis
  • Anda mengidap level kalsium yang rendah akibat gangguan ginjal
  • Anda memiliki kadar kalsium berlebih dalam darah atau urine Anda
  • Anda mengidap gangguan pernapasan

Apakah Kalsium Klorida aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA:

A= Tidak berisiko

B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian

C=Mungkin berisiko

D=Ada bukti positif dari risiko

X=Kontraindikasi

N=Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Kalsium Klorida?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Menggunakan obat ini dengan beberapa obat-obatan di bawah ini biasanya tidak direkomendasikan, tapi pada beberapa kasus mungkin dibutuhkan. Jika kedua obat ini diresepkan untuk Anda, dokter biasanya akan mengubah dosisnya atau menentukan seberapa sering Anda harus mengonsumsi obat-obatan tersebut.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Kalsium Klorida?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Kalsium Klorida?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • Penyakit ginjal
  • Penyakit jantung
  • Sarcoidosis atau peradangan paru

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Februari 12, 2018