Insulin Detemir obat apa?

Oleh

Nama Generik: Insulin Detemir Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa insulin detemir?

Insulin Detemir umumnya digunakan dalam program diet serta olahraga yang tepat untuk mengontrol gula darah tinggi pada penderita diabetes. Mengontrol gula darah tinggi membantu mencegah kerusakan ginjal, kebutaan, masalah saraf, kehilangan anggota tubuh, dan masalah fungsi seksual. Kontrol diabetes yang tepat juga dapat mengurangi risiko serangan jantung atau stroke.

Insulin Detemir adalah produk buatan manusia yang mirip dengan insulin asli. Obat ini dapat menggantikan fungsi insulin yang diproduksi dalam tubuh. Obat ini beraksi lebih lama dari insulin asli, menjaga kadar insulin tetap rendah dan stabil. Obat ini bekerja dengan membantu gula darah (glukosa) masuk ke dalam sel sehingga tubuh dapat menggunakannya sebagai energi. Insulin Detemir dapat digunakan bersama produk insulin shorter-acting. Obat ini juga dapat digunakan bersama obat diabetes lain, seperti Metformin dan Exenatide.

Bagaimana cara penggunaan insulin detemir?

Pelajarilah seluruh instruksi penggunaan dari ahli kesehatan Anda serta kemasan produk. Sebelum menggunakan obat ini, periksalah produk apakah terdapat partikel atau terjadi perubahan warna. Jangan digunakan apabila hal yang disebutkan tadi terjadi. Insulin Detemir tidak boleh mengandung partikel ataupun perubahan warna. Sebelum menyuntikkan dosis, sterilkan suntikan dengan alkohol. Jangan menyuntik pada area yang sama untuk mengurangi cedera kulit serta menghindari perkembangan masalah pada jaringan bawah kulit (lipodistrofi). Insulin Detemir dapat disuntikkan di area perut, paha, atau lengan atas bagian belakang. Jangan menyuntikkan ke dalam pembuluh darah atau otot karena dapat membuat gula darah menjadi sangat rendah (hipoglikemia). Jangan menggosok area yang disuntik. Jangan menyuntikkan pada kulit yang kemerahan, bengkak, atau gatal. Jangan menyuntikkan insulin dingin karena akan terasa menyakitkan. Wadah yang digunakan untuk menyimpan insulin dapat disimpan dalam suhu ruangan (lihat juga bagian Storage). Jangan mengguncang wadah penyimpanan.

Suntikkan obat ini ke bawah kulit sesuai arahan dokter Anda, biasanya sekali atau dua kali sehari. Insulin Detemir biasanya disuntikkan pada saat makan malam atau sebelum tidur. Jika Anda menggunakannya dua kali sehari, suntikkan sesuai arahan dokter, biasanya dosis pertama pada pagi hari dan dosis kedua pada saat makan malam, sebelum tidur, atau 12 jam setelah dosis pagi. Produk ini tidak boleh dicampur dengan insulin lainnya. Jangan gunakan Insulin Detemir dalam pompa infus. Jangan mengubah merek atau jenis insulin tanpa petunjuk dari dokter Anda.

Pelajari cara penyimpanan dan pembuangan persediaan medis yang aman.

Dosis dibuat berdasarkan kondisi medis dan serta respon tubuh terhadap pengobatan. Ukurlah dosis dengan sangat hati-hati karena perubahan dosis sekecil apa pun mungkin akan berdampak besar terhadap kadar gula darah Anda.

Pantaulah tingkat gula darah atau urin Anda sesuai arahan dokter Anda. Catatlah hasil pengukuran ini dan beri tahu dokter Anda. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menentukan dosis insulin yang tepat bagi Anda.

Gunakan obat ini secara teratur untuk memperoleh manfaat terbaik. Untuk membantu Anda ingat, gunakanlah pada waktu yang sama setiap harinya.

Bagaimana cara penyimpanan insulin detemir?

Obat ini sebaiknya disimpan di dalam lemari pendingin tanpa membuka tutup botolnya. Jangan dibekukan. Jangan gunakan detemir insulin jika telah membeku. Insulin Detemir dapat disimpan hingga tanggal yang tertera pada label perusahaan.

Jika tidak ada kulkas (misalnya, ketika berlibur), simpanlah insulin pada suhu ruangan dan jauhkan dari panas dan cahaya langsung. Insulin botol yang tidak didinginkan dapat digunakan dalam waktu 42 hari, lebih dari itu harus dibuang. Botol yang sudah dibuka dapat disimpan selama 42 hari pada suhu ruangan atau dalam lemari es. Insulin pena yang dibuka dapat disimpan pada suhu ruangan sampai 42 hari, jangan didinginkan. Buanglah setiap Insulin Detemir yang terkena panas atau dingin ekstrim.

Merek lain dari obat ini dapat memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk Anda, atau tanyakan kepada apoteker Anda. Jauhkan obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis insulin detemir untuk orang dewasa?

Dosis Dewasa untuk Diabetes Tipe 2

Inisiasi terapi Insulin Detemir:

Dosis Insulin Detemir awal yang dianjurkan pada pasien dengan diabetes tipe 1 kira-kira sepertiga dari total kebutuhan insulin setiap hari. Insulin aksi cepat atau pendek, serta Insulin sebelum makan harus digunakan untuk mencukupi kebutuhan insulin setiap hari.

Dosis awal pada pasien dengan diabetes tipe 2 yang tidak cukup hanya dengan menggunakan obat antidiabetik, diminum: 10 Unit (atau 0,1-0,2 Unit/kg) sekali sehari pada malam hari atau dibagi menjadi dua kali sehari.

Dosis Dewasa untuk Diabetes Tipe 1

Inisiasi terapi Insulin Detemir:

Dosis Insulin Detemir awal yang dianjurkan pada pasien dengan diabetes tipe 1 kira-kira sepertiga dari total kebutuhan insulin setiap hari. Insulin aksi cepat atau singkat, serta insulin sebelum makan harus digunakan untuk mencukupi kebutuhan insulin setiap harinya.

Dosis awal pada pasien dengan diabetes tipe 2 yang tidak cukup terkontrol dengan obat antidiabetik, diminum: 10 Unit (atau 0,1-0,2 Unit/kg) diberikan sekali sehari pada malam hari atau dibagi menjadi dua kali sehari.

Bagaimana dosis insulin detemir untuk anak?

Dosis Anak untuk Diabetes Tipe 1

Untuk penggunaan pada pasien anak usia 2-17 tahun dengan diabetes tipe 1 (tidak boleh digunakan pada pasien anak dengan diabetes tipe 2):

Inisiasi terapi insulin detemir:

Dosis Insulin Detemir awal yang dianjurkan pada pasien dengan diabetes tipe 1 kira-kira sepertiga dari total kebutuhan insulin setiap hari. Insulin aksi cepat atau singkat, serta insulin sebelum makan harus digunakan untuk mencukupi kebutuhan insulin setiap harinya.

Dalam dosis apakah insulin detemir tersedia?

Injeksi, ke bawah kulit: 100 unit/ml

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena insulin detemir?

Dapatkan bantuan medis jika Anda mengalami tanda-tanda alergi terhadap insulin: gatal ruam kulit di seluruh tubuh, napas berbunyi, sulit bernapas, denyut jantung meningkat, berkeringat, atau merasa seperti akan pingsan.

Hubungi dokter jika Anda mengalami efek samping yang serius seperti:

  • gatal, bengkak, atau kemerahan pada area penyuntikkan Insulin Detemir
  • bengkak pada tangan atau kaki
  • rendah kalium (kebingungan, denyut jantung tidak merata, rasa haus yang ekstrim, peningkatan intensitas buang air kecil, rasa tidak nyaman pada kaki, kelemahan otot atau lemas)

Efek samping yang tidak begitu serius meliputi:

  • penebalan kulit di area penyuntikkan Insulin Detemir
  • berat badan naik
  • sakit kepala ringan, nyeri punggung
  • sakit perut
  • gejala flu, seperti hidung tersumbat, bersin-bersin, sakit tenggorokan

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan insulin detemir?

Sebelum menggunakan detemir insulin,

  • hubungi dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap insulin (Humulin, Novolin, orang lain), salah satu bahan dari Insulin Detemir, atau obat lainnya. Tanyakan apoteker atau periksa bagian Informasi Pasien dalam label produk untuk mengetahui daftar bahan obat
  • hubungi dokter dan apoteker mengenai seluruh obat-obatan resep/nonresep, vitamin, suplemen gizi, serta produk herbal yang Anda gunakan. Pastikan Anda menyebutkan salah satu dari zat berikut: Enzyme (ACE) Angiotensin-Converting Inhibitor seperti Benazepril (Lotensin), Captopril (Capoten), Enalapril (Vasotec), Fosinopril (Monopril), Lisinopril (Prinivil, Zestril), Moexipril (Univasc), Perindopril (Aceon), Quinapril (Accupril), Ramipril (Altace), dan Trandolapril (Mavik); Beta Blockers seperti Atenolol (Tenormin), Labetalol (Normodyne), Metoprolol (Lopressor, Toprol XL), Nadolol (Corgard), serta Propranolol (Inderal); obat penurun kolesterol seperti Fenofibrate (Antara, Lofibra, Tricor, Triglide) dan Gemfibrozil (Lopid); Clonidine (Catapres, Catapres-TTS, dalam Clorpres); Danazol; Disopiramid (Norpace, Norpace CR); Diuretik (‘pil air’); Fluoxetine (Prozac, Sarafem, dalam Symbyax); terapi penggantian hormon; Isoniazid (INH, Nydrazid); Lithium (Eskalith, Lithobid); obat untuk asma dan pilek; obat untuk penyakit mental dan mual; Inhibitor Monoamine Oxidase (MAO), termasuk Isocarboxazid (Marplan), Phenelzine (Nardil), Selegiline (Eldepryl), dan Tranylcypromine (Parnate); Octreotide (Sandostatin); kontrasepsi yang diminum (pil KB); obat diabetes yang diminum seperti Pioglitazone (Actos, dalam Actoplus Met dan lain-lain) dan Rosiglitazone (Avandia, dalam Avandamet dan lain-lain); Steroid yang diminum seperti Deksametason (Decadron, Dexone), Methylprednisolone (Medrol), dan Prednison (Deltasone); Pentamidin (Nebupent, Pentam); Reserpin; penghilang nyeri salisilat seperti Aspirin, Choline Magnesium Trisalicylate (TRICOSAL, Trilisate), Choline Salicylate (Arthropan), Diflunisal (Dolobid), Magnesium Salicylate, serta Salsalat (Argesic, Disalcid, Salgesic); Somatropin (Nutropin, Serostim, dan lain-lain); antibiotik sulfa; dan obat tiroid. Kemungkinan dokter perlu mengubah dosis obat atau memantau Anda dengan hati-hati untuk mencegah timbulnya efek samping.
  • beri tahu dokter jika Anda memiliki atau pernah memiliki kerusakan saraf yang disebabkan oleh diabetes, gagal jantung; atau gangguan kesehatan lainnya, termasuk penyakit jantung, ginjal atau hati.
  • hubungi dokter jika Anda sedang hamil, berencana untuk hamil, atau menyusui. Jika Anda hamil sewaktu menggunakan Insulin Detemir, hubungi dokter Anda.
  • jika Anda menjalani operasi, termasuk operasi gigi, beri tahu dokter atau dokter gigi bahwa Anda menggunakan Insulin Detemir.
  • alkohol dapat menyebabkan perubahan kadar gula darah. Tanyakan kepada dokter mengenai penggunaan minuman beralkohol yang aman saat Anda menggunakan Insulin Detemir.
  • tanyakan pada dokter apabila Anda sakit, mengalami stres yang tidak biasa, atau mengubah pola diet, olahraga, atau rutinitas. Perubahan ini akan berpengaruh pada jadwal pemberian dosis serta jumlah insulin yang Anda perlukan.
  • tanyakan pada dokter seberapa sering Anda harus memeriksa gula darah. Perlu Anda sadari bahwa hipoglikemia dapat mempengaruhi kemampuan Anda untuk melakukan tugas-tugas seperti mengemudi. Pintalah kepada dokter untuk memeriksa gula darah Anda sebelum mengemudi atau mengoperasikan mesin.

Apakah insulin detemir aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai untuk menentukan risiko penggunaan pengobatan pada wanita selama kehamilan atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam kategori risiko kehamilan D.

A=tidak berisiko,

B=tidak berisiko pada beberapa studi,

C=mungkin ada risiko,

D=terbukti positif berisiko,

X=kontraindikasi,

N=tidak diketahui

Belum ada studi yang memadai mengenai penggunaan obat ini pada wanita untuk menentukan risiko terhadap janin ketika menggunakan obat selama menyusui. Pertimbangkan terlebih dahulu mengenai manfaat serta risiko sebelum menggunakan obat ini selama menyusui.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan insulin detemir?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

  • Exenatide (Byetta, Bydureon)
  • Liraglutide (Victoza)
  • setiap ¬†obat diabetes oral (yang diminum), terutama Metformin (Glucophage, Actoplus Met, Avandamet, Glucovance, Janumet, Jentadueto, Kombiglyze, Metaglip, atau Prandimet)

Menggunakan obat-obatan tertentu dapat mempersulit dalam pengecekan kadar gula darah rendah. Beri tahu dokter jika Anda menggunakan salah satu dari obat berikut.

  • obat asma
  • obat penurun kolesterol
  • obat jantung atau tekanan darah, termasuk diuretik (pil air)
  • obat untuk mengobati depresi atau gangguan kejiwaan
  • obat steroid
  • obat sulfa
  • obat pengganti tiroid

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan insulin detemir?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan insulin detemir?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • ketoasidosis. Tidak boleh digunakan oleh pasien dengan penyakit ini
  • gangguan emosi
  • penyakit
  • stres. Kondisi ini dapat meningkatkan kadar gula darah serta meningkatkan kadar insulin atau Insulin Detemir yang Anda butuhkan
  • hipoglikemia (gula darah rendah). Jika kadar gula darah rendah dan Anda menggunakan insulin, gula darah akan mencapai tingkat yang paling rendah
  • penyakit ginjal
  • penyakit liver. Efek Insulin Detemir akan meningkat atau menurun. Dokter mungkin perlu mengubah dosis insulin Anda

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Overdosis Insulin Detemir dapat terjadi jika Anda menggunakan terlalu banyak Insulin Detemir atau bila Anda menggunakan Insulin Detemir dalam dosis tepat namun makan lebih sedikit dari biasanya atau berolahraga lebih dari biasanya. Overdosis Insulin Detemir dapat memicu hipoglikemia. Jika Anda memiliki gejala hipoglikemia, ikuti petunjuk dokter. Gejala lain overdosis yaitu:

  • kejang-kejang
  • hilang kesadaran

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Segera suntikkan insulin (ketika Anda ingat) bila Anda lupa untuk menggunakannya. Jika penggunaan dosis sudah lewat, ikuti petunjuk dokter atau hubungi dokter apakah Anda harus menyuntikkan insulin yang terlewat. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Sumber