Nama Generik: Estriol Merek: Ovestin.

Penggunaan

Untuk apa estriol?

Estriol umumnya digunakan untuk mengatasi kondisi ginekologis pada wanita, seperti menopause, masalah pada vagina yang disebabkan kurangnya estrogen (hormon pada wanita, dikenal juga sebagai oestrogen) atau menopausal atrophic vaginitis (kondisi yang menyebabkan kekeringan dan gatal pada vagina). Estriol adalah bentuk dari estrogen yang termasuk golongan kelas oestrogen, progesteron dan obat-obatan sintetis terkait lainnya. Estriol digunakan sebagai terapi pengganti hormon.

Bagaimana cara penggunaan estriol?

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Estriol terdapat dalam bentuk tablet untuk penggunaan oral dan krim untuk penggunaan pada vagina.

Tablet: minum obat ini biasanya satu kali sehari, dengan atau tanpa makanan. Telan tablet dengan utuh, jangan dikunyah.

Krim: gunakan pada vagina biasanya satu kali sehari, disarankan pada malam hari. Jika gejala membaik, Anda mungkin akan mengurangi penggunaan krim.

Bacalah panduan obat dan Brosur Informasi Pasien yang disediakan, karena penting untuk Anda pahami bagaimana penggunaan obat ini. Jika ada pertanyaan, ajukan pada dokter atau apoteker.

Penting untuk melakukan kunjungan ke dokter untuk check-up (setidaknya satu kali setahun) saat menggunakan Estriol. Anda juga dianjurkan untuk melakukan screening pada dada dan tes smear serviks dan memeriksa adanya perubahan pada dada, seperti lekukan pada kulit, perubahan pada puting dan benjolan.

Minum obat ini secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya yang optimal. Untuk membantu Anda mengingat, minumlah obat ini di waktu yang sama setiap hari. Mungkin dibutuhkan beberapa minggu sebelum manfaat optimal dari obat ini terlihat.

Beberapa kondisi medis tertentu dapat memerlukan instruksi dosis yang berbeda sesuai dengan petunjuk dokter.

Bagaimana cara penyimpanan estriol?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                  

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis estriol untuk orang dewasa?

Oral
Terapi pengganti hormon menopause:

0.5-3 mg perhari selama 1 bulan, dilanjutkan dengan 0.5-1 mg perhari; atau 0.25-2 mg perhari dikombinasikan dengan oestrogen natural lainnya. Progesteron dibutuhkan jika obat diberikan pada wanita dengan uterus. 

Oral
Infertilitas disebabkan cervical hostility
0.25-1 mg perhari pada hari ke 6-15 dalam siklus menstruasi. Dosis mungkin akan ditingkatkan setiap bulannya sesuai dengan petunjuk dokter.

 

Vaginal
Menopausal atrophic vaginitis

0.01% atau 0.1% krim: Gunakan 500 mcg satu kali sehari, kemudian menjadi dua kali seminggu.

Bagaimana dosis estriol untuk anak-anak?

Penggunaan obat ini tidak direkomendasikan untuk anak-anak. Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah estriol tersedia?

Estriol tersedia dalam dosis-dosis sebagai berikut.

  • Krim, vaginal: 1mg
  • Tablet, oral: 1mg

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena estriol?

Beberapa efek samping dari Estriol meliputi:

  • tegangan atau nyeri pada dada
  • mual
  • bercak
  • penumpulan cairan
  • cairan serviks berlebihan

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan estriol?

Jangan gunakan obat ini jika Anda memiliki:

  • thrombosis
  • tumor oestrogen-dependent yang diketahui atau dicurigai
  • perdarahan pada vagina
  • sejarah manifestasi yang tidak terdiagnosa terhadap penurunan otosklerosis selama kehamilan atau penggunaan steroid.

 

Apakah estriol aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Estriol tidak aman digunakan jika Anda sedang atau merencanakan kehamilan, atau jika sedang menyusui.

Direkomendasikan untuk tidak menggunakan obat ini selama masa kehamilan atau menyusui.

Akan tetapi, dokter mungkin akan mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko secara individual dan menilai situasi kesehatan Anda secara spesifik.

Jika Anda memiliki keraguan atau perhatian terhadap penggunaan obat, diskusikan dengan dokter atau apoteker Anda.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan estriol?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Penurunan kemanjuran obat dapat terjadi jika digunakan dengan activated charcoal, barbiturates, carbamazepine, griseofulvin, hydantoin dan rifampicin.

Dapat mengubah kemanjuran oral anticoagulants dan meningkatkan efek farmakologis terhadap succinylcholine, theophyllines dan troleandromycin.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan estriol?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan estriol?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • thrombosis
  • kelainan liver
  • porphyria
  • sejarah pruritus, cholestatic jaundice, herpes gestationis atau otosclerosis selama kehamilan atau penggunaan steroid.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Gejala overdosis meliputi perasaan mual dan perdarahan pada vagina. Jika Anda menggunakan Estriol terlalu banyak atau tidak sengaja menelan krim Estriol, segera konsultasikan dengan dokter atau segera kunjungi rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

 

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan