Eptifibatide obat apa?

Oleh

Nama Generik: Eptifibatide Merek: Integrilin.

Penggunaan

Untuk apa eptifibatide?

Obat ini umumnya digunakan untuk menjaga trombosit dalam darah mengental untuk mencegah pembekuan darah yang dapat terjadi pada kondisi jantung atau pembuluh darah tertentu. Selain itu, obat ini juga digunakan untuk mencegah pembekuan darah atau serangan jantung pada pasien dengan nyeri dada parah atau kondisi lain, dan pasien yang menjalani prosedur angioplasti (untuk membuka arteri yang tersumbat).

Obat ini juga dapat digunakan untuk tujuan lain yang tidak tercantum dalam panduan pengobatan.

Bagaimana cara penggunaan eptifibatide?

Obat ini diberikan dengan cara disuntikkan ke pembuluh darah melalui infus. Anda dapat menerima injeksi obat ini di klinik atau rumah sakit. Terkadang obat ini diberikan pada jam tertentu selama 4 hari berturut-turut.

Jika Anda mendapatkan obat ini selama menjalani prosedur angioplasti, pemberian obat akan dilakukan selama prosedur berlangsung dan 24 jam setelah prosedur selesai.

Terkadang obat ini diberikan bersamaan dengan aspirin. Ikuti petunjuk dokter tentang berapa banyak aspirin yang harus Anda minum dan untuk berapa lama.

Untuk memastikan obat ini dapat membantu keadaan Anda serta memastikan bahwa tidak akan menyebabkan efek yang berbahaya, Anda akan perlu mengecek darah Anda. Kunjungi dokter Anda secara teratur.
Karena cara kerja obat ini adalah mencegah darah Anda membeku atau mengental. mencegah pembekuan darah yang tidak diinginkan, obat ini juga dapat membuat Anda mudah berdarah, bahkan dari cedera yang ringan. Hubungi dokter atau cari bantuan medis darurat jika Anda mengalami pendarahan yang sulit berhenti.

Bagaimana cara penyimpanan eptifibatide?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.
Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis eptifibatide untuk orang dewasa?

Dosis Dewasa untuk Myocardial Infarction:

Dosis awal: 180 mcg / kg bolus intravena diberikan sesegera mungkin setelah diagnosis.

Dosis pemeliharaan: 2 mcg / kg / menit infus kontinyu (mengikuti bolus awal) sampai pasien keluar dari rumah sakit atau inisiasi operasi CABG, sampai dengan 72 jam. Jika seorang pasien menjalani percutaneous coronary intervention (PCI) saat menggunakan obat ini, infus harus terus dilanjutkan hingga pasien keluar dari rumah sakit, atau hingga 18 sampai 24 jam setelah prosedur dilakukan, mana yang lebih dahulu, yang memungkinkan hingga 96 jam terapi.

Dosis Dewasa untuk Angina Pektoris:

Dosis awal: 180 mcg / kg bolus intravena diberikan sesegera mungkin setelah diagnosis.

Pemeliharaan: 2 mcg / kg / menit infus kontinyu (mengikuti bolus awal) sampai keluar dari rumah sakit atau inisiasi operasi CABG, sampai dengan 72 jam. Jika seorang pasien menjalani percutaneous coronary intervention (PCI) saat saat menggunakan obat ini, infus harus terus dilanjutkan hingga pasien keluar dari rumah sakit, atau hingga 18 sampai 24 jam setelah prosedur dilakukan, mana yang lebih dahulu, yang memungkinkan hingga 96 jam terapi.

Dosis Dewasa untuk Sindrom Koroner Akut:

Dosis awal: 180 mcg / kg bolus intravena diberikan sesegera mungkin setelah diagnosis.

Dosis pemeliharaan: 2 mcg / kg / menit infus kontinyu (mengikuti bolus awal) sampai pasien keluar dari rumah sakit atau inisiasi operasi CABG, sampai dengan 72 jam. Jika seorang pasien menjalani percutaneous coronary intervention (PCI) saat menggunakan obat ini, infus harus terus dilanjutkan hingga pasien keluar dari rumah sakit, atau hingga 18 sampai 24 jam setelah prosedur dilakukan, mana yang lebih dahulu, yang memungkinkan hingga 96 jam terapi.

Dosis Dewasa untuk Percutaneous Coronary Intervention:

Dosis awal: 180 mcg / kg bolus intravena diberikan segera sebelum inisiasi PCI diikuti dengan infus kontinu dari 2 mcg / kg / menit dan 180 mcg / kg bolus kedua 10 menit setelah bolus pertama. Infus harus dilanjutkan hingga pasien keluar dari rumah sakit, atau hingga 18 sampai 24 jam, mana yang lebih dahulu. Produsen menganjurkan pemberian infus minimal 12 jam. Atau durasi infus 16 jam tepat seperti yang tercantum dalam substudy ESPRIT.

Bagaimana dosis eptifibatide untuk anak-anak?

Belum ada ketentuan dosis obat ini untuk anak-anak. Obat ini bisa saja berbahaya bagi anak-anak. Penting untuk memahami keamanan obat sebelum digunakan.  Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah eptifibatide tersedia?

Solution, Intravena: 0.75 mg/mL (100 mL), 2 mg/mL (10 mL, 100 mL)

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena eptifibatide?

Cari bantuan medis jika Anda mengalami tanda-tanda dari reaksi alergi seperti gatal-gatal; sulit bernafas; pembengkakan wajah Anda, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Segera cari bantuan medis jika Anda memiliki gejala efek samping seperti:

  • mudah memar, perdarahan yang tidak biasa di hidung, mulut, vagina, atau dubur, muncul warna ungu atau bintik-bintik merah di bawah kulit Anda
  • ada darah dalam urin Anda
  • tinja hitam dan berdarah
  • batuk darah atau muntah yang berwarna seperti bubuk kopi
  • perdarahan yang sulit berhenti
  • mati rasa tiba-tiba atau merasa lemah terutama pada satu sisi tubuh
  • tiba-tiba sakit kepala parah, kebingungan, masalah dengan penglihatan, saat berbicara atau keseimbangan
  • demam, menggigil, nyeri pada tubuh, gejala flu
  • merasa seperti akan pingsan.

Efek samping yang tidak terlalu serius juga dapat terjadi, seperti:

  • mual
  • sakit perut
  • pendarahan di sekitar jarum infus

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan eptifibatide?

Anda tidak boleh menggunakan obat ini jika Anda alergi terhadap eptifibatide, jika Anda sedang menjalani atau akan segera menjalani pengobatan dengan obat seperti abciximab (ReoPro) atau tirofiban (Aggrastat), atau jika Anda pernah:

  • gagal ginjal dan sedang cuci darah
  • tekanan darah tinggi berat atau tidak terkontrol
  • riwayat dari perdarahan atau pembekuan darah gangguan seperti hemofilia atau trombositopenia
  • jika pernah terkena stroke atau pendarahan dalam 30 hari terakhir
  • jika Anda pernah melakuan operasi, cedera, atau mengalami keadaan darurat dalam 6 minggu terakhir
  • guna memastikan bahwa Anda dapat dengan aman menggunakan obat ini, beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki penyakit ginjal.

Apakah eptifibatide aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori B menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Belum ada informasi yang memadai tentang keamanan dalam menggunakan obat ini selama masa kehamilan dan menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan eptifibatide?

Beberapa obat DAPAT BERINTERAKSI dengan obat ini. Beri tahu dokter Anda jika Anda sedang mengonsumsi obat lain, terutama salah satu dari obat berikut:

  • antikoagulan (contohnya, warfarin, heparin), aspirin, dipyridamole, nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAID) (misalnya, ibuprofen), atau trombolitik (contohnya, alteplase) karena risiko perdarahan bisa bertambah
  • vitamin A

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan eptifibatide?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan eptifibatide?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • perdarahan aktif (dalam 30 hari terakhir)
  • riwayat masalah Pendarahan
  • pasien dialisis
  • hipertensi parah yang tidak terkontrol
  • menjalani operasi besar (dalam 6 minggu terakhir)
  • stroke (dalam waktu 30 hari) – riwayat stroke hemoragik harus tidak digunakan pada pasien dengan kondisi ini.
  • penyakit ginjal. Gunakan dengan hati-hati. Efek obat bisa bertambah karena pengeluaran zat sisa obat dari tubuh lebih lambat.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Karena Eptifibatide hanya boleh diberikan oleh tenaga medis profesional, Anda tidak akan melewatkan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Yang juga perlu Anda baca