Dronedarone obat apa?

Oleh

Nama Generik: Dronedarone Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa dronedarone?

Obat ini umumnya digunakan oleh orang-orang yang punya riwayat kelainan detak jantung tidak teratur tertentu seperti paroxysmal atau fibrilasi atrium persisten. Obat ini membantu untuk mengurangi risiko fibrilasi atrium. Obat ini juga dikenal sebagai obat antiaritmia.
Obat ini tidak boleh digunakan oleh orang-orang yang mengalami fibrilasi atrium permanen karena memiliki peningkatan risiko efek samping yang serius.

Bagaimana cara penggunaan dronedarone?

Minum obat ini dua kali sehari, sekali setelah makan pagi dan sekali setelah makan malam, atau seperti yang dianjurkan oleh dokter Anda. Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat maksimal. Untuk membantu Anda ingat, minum pada waktu yang sama setiap hari. Dokter Anda akan mengarahkan Anda untuk menggunakan obat lain (“pengencer darah”) bersamaan dengan obat ini. Ikuti petunjuk dokter dengan hati-hati.

Hindari makan grapefruit atau minum jus grapefruit saat menggunakan obat ini kecuali dokter Anda menginstruksikan Anda. Jeruk grapefruit dapat meningkatkan jumlah obat dalam aliran darah Anda. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk informasi lebih jelasnya.

Beri tahu dokter jika kondisi Anda tetap atau memburuk (seperti denyut nadi Anda menjadi tidak teratur).

Bagaimana cara penyimpanan dronedarone?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis dronedarone untuk orang dewasa?

Dosis Dewasa untuk Atrial Fibrilasi

400 mg diminum 2 kali sehari tiap selesai makan

Penggunaan: Untuk mengurangi risiko kardiovaskular yang perlu rawat inap pada pasien yag mengalami paroxysmal atau fibrilasi atrium persisten (AF) atau atrium bergetar (AFL), dengan episode terbaru dari AF / AFL dan faktor risiko kardiovaskular yang terkait (contoh, usia lebih dari 70 tahun, hipertensi , diabetes, pernah cedera serebrovaskular, atrium kiri diameter 50 mm atau lebih, atau fraksi ejeksi ventrikel kiri [LVEF] kurang dari 40%), yang berada di ritme sinus.

Dosis Dewasa untuk Atrial Flutter

400 mg diminum 2 kali sehari tiap selesai makan
Penggunaan: Untuk mengurangi risiko kardiovaskular yang perlu rawat inap pada pasien yag mengalami paroxysmal atau fibrilasi atrium persisten (AF) atau atrium bergetar (AFL), dengan episode terbaru dari AF / AFL dan faktor risiko kardiovaskular yang terkait (contoh, usia lebih dari 70 tahun, hipertensi , diabetes, pernah cedera serebrovaskular, atrium kiri diameter 50 mm atau lebih, atau fraksi ejeksi ventrikel kiri [LVEF] kurang dari 40%), yang berada di ritme sinus.

Dalam dosis apakah dronedarone tersedia?

Tablet, diminum: 400 mg

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena dronedarone?

Efek samping Multaq yang sering terjadi adalah diare, mual, nyeri perut, muntah, dan lemas. Uji klinis Multaq dihentikan karena obat memilili dua kali lipat risiko kematian, stroke, dan rawat inap pada pasien gagal jantung dengan fibrilasi atrium permanen, sehingga sangat penting untuk mendiskusikan risiko dan manfaat dari obat ini dengan dokter Anda.

Hentikan penggunaan obat ini dan cari bantuan medis jika Anda mengalami hal berikut:

  • pusing berat, pingsan, detak jantung cepat atau berdebar
  • denyut jantung lambat, perasaan seperti akan pingsan
  • pola denyut jantung tidak teratur memburuk
  • merasa sesak napas, bahkan dengan tenaga ringan, pembengkakan di pergelangan kaki atau kaki, berat badan naik dengan cepat
  • mengi, batuk, nyeri dada, kesulitan bernapas, batuk lendir
  • mual, nyeri perut bagian atas, gatal-gatal, kehilangan nafsu makan, urin gelap, tinja berwarna tanah liat, sakit kuning (menguningnya kulit atau mata)
  • masalah pernapasan saat berbaring untuk tidur
  • kadar elektrolit yang rendah (kebingungan, gerakan otot tersentak-sentak, detak jantung yang tidak stabil, haus yang berlebihan, sering buang air kecil, rasa tidak nyaman pada kaki, lemah otot atau merasa lemas)

Efek samping yang tidak terlau serius adalah:

  • nyeri perut ringan, diare, sakit perut
  • merasa lemah atau lelah
  • ruam kulit ringan atau kemerahan

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan dronedarone?

Sebelum memulai pengobatan, Anda sebaiknya beri tahu dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap dronedarone atau salah satu bahan dari obat ini, atau terhadap obat lain. Tanyakan apoteker atau periksa brosur informasi pasien untuk melihat daftar bahan.

Beri tahu dokter dan apoteker mengenai obat dengan apa saja yang Anda minum termasuk: antidepresan tertentu seperti amitriptyline (di Limbitrol), amoxapine, clomipramine (Anafranil), desipramine (Norpramin), doxepin (Sinequan), imipramine (Tofranil), nortriptyline (Aventyl, Pamelor), protriptyline (Vivactil), dan trimipramine (Surmontil); antijamur tertentu seperti itrakonazol (Sporanox), ketoconazole (Nizoral), atau vorikonazol (Vfend); klaritromisin (Biaxin); siklosporin (Gengraf, Neoral, Sandimmune); eritromisin (E.E.S., E-Mycin, Erythrocin); obat untuk denyut jantung tidak teratur seperti amiodarone (Cordarone, Pacerone), Disopiramid (Norpace), dofetilide (Tikosyn), flekainid (Tambocor), propafenone (Rythmol), quinidine, dan sotalol (Betapace); nefazodone; obat fenotiazin untuk penyakit mental atau mual; ritonavir (ritonavir); atau telitromisin (Ketek).

Beri tahu dokter dan apoteker mengenai obat dengan resep atau tanpa resep apa saja yang Anda minum beserta vitamin, suplemen gizi, dan produk herbal yang Anda sedang atau ingin minum. Pastikan untuk menyebutkan obat yang tercantum berikut: antikoagulan (pengencer darah) seperti dabigatran (Pradaxa) dan warfarin (Coumadin); beta blockers seperti atenolol (Tenormin), labetalol (Normodyne), metoprolol (Lopressor, Toprol XL), nadolol (Corgard), dan propranolol (Inderal); calcium channel blockers seperti diltiazem (Cardizem, Dilacor, Tiazac), nifedipine (Adalat, Procardia), dan verapamil (Calan, Covera, Isoptin, Verelan); carbamazepine (Epitol, Equetro, Tegretol); obat penurun kolesterol (statin) seperti atorvastatin (Lipitor), fluvastatin (Lescol), lovastatin (Mevacor), pravastatin (Pravachol), dan simvastatin (Zocor); digoxin (Lanoxicaps, Lanoxin); diuretik (pil air); fenobarbital; fenitoin (Dilantin); rifampin (Rifadin, Rimactane); selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI) seperti citalopram (Celexa), escitalopram (Lexapro), fluoxetine (Prozac, Sarafem), fluvoxamine (Luvox), paroxetine (Paxil), dan sertraline (Zoloft); sirolimus (Rapamune); dan tacrolimus (Prograf). Dokter Anda mungkin perlu mengubah dosis obat Anda atau mengamati dan hati-hati untuk menghindari efek samping.

Beri tahu dokter dan apoteker mengenai produk herbal yang Anda sedang atau ingin minum terutama St. John’s wort.

Beritahu dokter Anda jika Anda memiliki masalah jantung seperti detak jantung cepat atau lambat, interval QT panjang (masalah jantung yang dapat menyebabkan denyut jantung tidak teratur, pingsan, atau kematian mendadak), penyakit hati, atau jika Anda memiliki masalah hati atau paru-paru yang muncul setelah mengonsumsi amidarone (Cordarone, Pacerone). Dokter Anda mungkin melarang Anda untuk mengonsumsi obat ini.

Beri tahu dokter Anda jika Anda sedang sakit atau pernah memiiki riwayat sakit lainnya.

Beri tahu dokter Anda jika Anda sedang hamil, berencana untuk menjadi hamil, atau menyusui. Anda harus menggunakan pil KB yang efektif selama pengobatan dengan obat ini. Bicarakan dengan dokter Anda tentang metode kontrasepsi yang pas untuk Anda. Jika Anda hamil sewaktu menggunakan obat ini, hubungi dokter Anda. Obat ini dapat membahayakan janin.
Anda tidak boleh menyusui selama pengobatan dengan obat ini.

Apakah dronedarone aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori B menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Belum ada informasi yang memadai tentang keamanan dalam menggunakan obat ini selama masa kehamilan dan menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan dronedarone?

Banyak obat dapat berinteraksi dengan obat ini. Tidak semua interaksi yang mungkin timbul tercantum di sini. Beritahu dokter Anda tentang semua obat yang Anda gunakan atau ingin anda gunakan selama pengobatan dengan obat ini, terutama:

  • digoxin;
  • St. John’s wort;
  • pengencer darah (warfarin, Coumadin, Jantoven);
  • heart or blood pressure medication;
  • obat jantung atau tekanan darah
  • obat kejang
  • obat kolesterol statin (Lipitor, Zocor, Vytorin, dan lainnya).

Daftar ini tidak lengkap dan masih ada banyak obat lain dapat berinteraksi dengan dronedarone. Termasuk resep dan obat-obatan apotik, vitamin, dan produk herbal. Berikan daftar semua obat-obatan yang Anda gunaka ke penyedia layanan kesehatan yang menangani Anda.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan dronedarone?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan dronedarone?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • AV blok (jenis irama jantung yang abnormal), tanpa alat pacu jantung
  • bradikardia (detak jantung lambat)
  • sakit/pernah sakit gagal jantung
  • masalah irama jantung (misalnya, QT lama atau interval PR) atau
  • penyakit hati akut
  • penyakit paru-paru yang disebabkan oleh amiodaron (Cordarone®)
  • fibrilasi atrium permanen (irama jantung yang abnormal)
  • sindrom sinus (irama jantung yang abnormal), tanpa alat pacu jantung – sebaiknya tidak digunakan pada pasien dengan kondisi ini
  • hipokalemia (kalium rendah dalam darah)
  • hipomagnesemia (magnesium rendah dalam darah)
  • penyakit paru-paru (misalnya, penyakit paru-paru interstitial) – gunakan dengan hati-hati. Mungkin membuat kondisi lebih buruk.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Yang juga perlu Anda baca