Nama Generik: Dabigatran Merek: Pradaxa.

Penggunaan

Untuk apa dabigatran?

Dabigatran adalah obat yang digunakan untuk mencegah stroke dan penyumbatan darah yang berbahaya (misalnya di kaki Anda atau paru-paru) jika Anda memiliki jenis penyakit denyut jantung tidak teratur (fibrilasi atrium). Pada orang dengan fibrilasi atrium, bagian dari jantung tidak bekerja dengan cara yang seharusnya. Hal ini dapat menyebabkan terbentuknya penyumbatan darah dan meningkatkan risiko stroke atau serangan jantung. Dabigatran juga digunakan untuk mengobati penyumbatan darah di pembuluh darah kaki Anda (deep vein thrombosis) atau paru-paru (emboli paru) dan untuk mengurangi risiko mereka terjadi lagi. Dabigatran merupakan antikoagulan yang bekerja dengan memblokir zat tertentu (protein penyumbatan disebut trombin) dalam darah Anda. Hal ini membantu untuk menjaga darah mengalir lancar dalam tubuh Anda.

Dabigatran tidak boleh digunakan untuk mencegah penyumbatan darah yang membentuk setelah penggantian katup jantung buatan. Jika Anda telah menjalani operasi katup jantung, bicaralah dengan dokter Anda tentang obat terbaik untuk Anda. Jangan berhenti minum obat apa pun, termasuk dabigatran, tanpa bicara dengan dokter Anda terlebih dahulu.

KEGUNAAN LAIN: Bagian ini memuat penggunaan obat ini yang tidak tercantum dalam label yang sudah disetujui, namun mungkin saja diresepkan oleh ahli kesehatan Anda. Gunakan obat ini untuk kondisi yang tercantum di bawah hanya jika sudah diresepkan oleh dokter dan ahli kesehatan Anda.

Obat ini juga dapat digunakan untuk mencegah penyumbatan darah di kaki Anda atau paru-paru setelah operasi penggantian pinggul atau lutut.

Bagaimana cara penggunaan dabigatran?

Baca Panduan Obat atau Leaflet Informasi yang disediakan oleh apoteker Anda sebelum Anda mulai menggunakan dabigatran dan setiap kali Anda mendapatkan isi ulang. Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan kepada dokter atau apoteker.

Konsumsi obat ini dengan atau tanpa makanan seperti yang diarahkan oleh dokter Anda, biasanya dua kali sehari. Untuk mencegah penggumpalan setelah operasi pinggul atau penggantian lutut, gunakan seperti yang diarahkan oleh dokter Anda biasanya sekali sehari. Hindari antasid dalam waktu 24 jam setelah operasi, karena dabigatran mungkin tidak bekerja dengan baik.

Telan kapsul seluruh dengan segelas penuh air (8 ons / 240 mililiter). Jangan menghancurkan, mengunyah, atau membuka kapsul. Melakukan hal tersebut dapat melepaskan semua obat sekaligus, meningkatkan risiko efek samping. Jangan menaruh obat ini dalam kotak pil atau obat kotak pengingat. Obat ini harus disimpan tertutup rapat dalam botol asli (paket orblister) untuk melindunginya dari kelembapan. Lihat juga bagian Penyimpanan untuk rincian lebih penting.

Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda, fungsi ginjal, respon terhadap pengobatan, dan obat lain yang dapat digunakan. Pastikan untuk memberi tahu dokter dan apoteker tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat non resep, dan produk herbal).

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat paling banyak. Untuk membantu Anda ingat, gunakan pada waktu yang sama setiap hari.

Penting untuk menggunakan sesuai yang diarahkan. Jangan meningkatkan dosis atau mengambil obat ini lebih sering daripada diarahkan. Jangan berhenti minum obat ini tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda..

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara penyimpanan dabigatran?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis dabigatran untuk orang dewasa?

Dosis Dewasa biasa untuk Deep Vein Thrombosis – Profilaksis

Rekomendasi dosis: 150 mg secara oral dua kali sehari.

Komentar: Umumnya, tingkat antikoagulan tidak perlu dipantau dengan obat ini. Namun, bila perlu, gunakan aPTT atau ECT, dan tidak INR untuk memantau aktivitas antikoagulan.

Kegunaan: Pengurangan risiko stroke dan emboli sistemik pada pasien dengan fibrilasi atrial non-katup; pengobatan trombosis vena dalam dan emboli paru pada pasien yang telah diobati dengan antikoagulan parenteral selama 5 sampai 10 hari; pengurangan risiko kekambuhan trombosis vena dalam dan emboli paru pada pasien yang telah diobati sebelumnya.

Dosis Dewasa biasa untuk Pencegahan Tromboemboli pada Fibrilasi Atrial

Rekomendasi dosis: 150 mg secara oral dua kali sehari.

Komentar: Umumnya, tingkat antikoagulan tidak perlu dipantau dengan obat ini. Namun, bila perlu, gunakan aPTT atau ECT, dan tidak INR untuk memantau aktivitas antikoagulan.

Kegunaan: Pengurangan risiko stroke dan emboli sistemik pada pasien dengan atrial fibrilasi non-katup; pengobatan trombosis vena dalam dan emboli paru pada pasien yang telah diobati dengan antikoagulan parenteral selama 5 sampai 10 hari; pengurangan risiko kekambuhan trombosis vena dalam dan emboli paru pada pasien yang telah diobati sebelumnya.

Penyesuaian Dosis Ginjal

Untuk Mengurangi Risiko Stroke dan sistemik Embolism pada Atrial Fibrilasi Non-katup:

-CrCl lebih besar dari 30 mL / menit: 150 mg secara oral dua kali sehari

-CrCl 15 sampai 30 mL / menit: 75 mg secara oral dua kali sehari

-CrCl kurang dari 15 mL / menit: Dosis rekomendasi tidak dapat disediakan.

Ketika diberikan bersama dronedarone atau ketoconazole sistemik:

-CrCl 30 sampai 50 mL / menit: Dosis dapat dikurangi menjadi 75 mg dua kali sehari.

Penggunaan bersamaan dengan P-gp inhibitor:

-CrCl 30 sampai 50 mL / min: Tidak ada penyesuaian yang direkomendasikan

-CrCl kurang dari 30 mL / menit: Hindari penggunaan bantuan

Untuk Pengobatan dan Pengurangan Risiko kambuhnya dari Deep Venous Thrombosis and Pulmonary Embolism:

-CrCl lebih besar dari 30 mL / menit: 150 mg secara oral dua kali sehari

– CrCl kurang dari 30 mL / menit: Dosis rekomendasi tidak dapat disediakan

Penggunaan bersamaan dengan inhibitor P-gp:

-CrCl kurang dari 50 mL / menit: Hindari penggunaan bantuan

Bagaimana dosis dabigatran untuk anak-anak?

Belum ada ketentuan dosis obat ini untuk anak-anak. Obat ini bisa saja berbahaya bagi anak-anak. Penting untuk memahami keamanan obat sebelum digunakan.  Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis apakah dabigatran tersedia?

Dabigatran tersedia dalam dosis berikut:

Pradaxa

  • kapsul, oral 75 mg
  • kapsul, oral 150 mg

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena dabigatran?

Efek samping bisa termasuk memar dan perdarahan kecil, mual, dan sakit perut.

Dapatkan bantuan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda dari reaksi alergi ini: gatal-gatal; sulit bernafas; pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Berhenti menggunakan dabigatran dan hubungi dokter Anda jika Anda memiliki efek samping yang serius seperti:

  • perdarahan yang tidak berhenti
  • kelemahan, perasaan seperti Anda akan pingsan
  • mudah memar, perdarahan yang tidak biasa (hidung, mulut, vagina, atau dubur), bintik-bintik ungu atau merah bintik-bintik di bawah kulit Anda
  • darah dalam urin atau tinja, tinja berwarna hitam
  • batuk darah atau muntah yang terlihat seperti bubuk kopi
  • urin berwarna merah muda atau coklat
  • nyeri sendi atau bengkak
  • perdarahan menstruasi yang berat.

Efek samping yang kurang serius mungkin termasuk:

  • sakit perut atau rasa kesal, gangguan pencernaan, mulas
  • mual, diare atau
  • ruam kulit ringan atau gatal-gatal.

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan dabigatran?

Sebelum menggunakan dabigatran,

  • beri tahu dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap dabigatran, obat lain, atau salah satu bahan dalam kapsul dabigatran. Tanyakan apoteker atau lihat Panduan Obat untuk daftar bahan
  • beri tahu dokter dan apoteker tentang obat resep dan obat non resep, vitamin, suplemen gizi, dan produk herbal yang Anda gunakan atau yang akan Anda gunakan. Pastikan untuk menyebutkan hal berikut: dronedarone (Multaq), ketoconazole (Nizoral), dan rifampisin (Rifadin, Rimactane, di Rifamate, di Rifater). Dokter Anda mungkin perlu mengubah dosis obat Anda atau monitor Anda dengan hati-hati untuk efek samping. Dokter Anda mungkin perlu mengubah dosis obat Anda atau memantau Anda dengan hati-hati untuk adanya efek samping
  • beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki katup di dalam jantung  Anda yang diganti atau jika baru saja  terjadi memar atau perdarahan yang tidak biasa. Dokter Anda mungkin akan memberitahu Anda untuk tidak menggunakan dabigatran
  • hubungi dokter Anda jika Anda berusia 75 tahun atau lebih tua; jika Anda memiliki atau pernah memiliki masalah perdarahan, perdarahan atau tukak di lambung atau usus atau penyakit ginjal.
  • hubungi dokter Anda jika Anda sedang atau berencana untuk hamil, atau menyusui. Jika Anda hamil saat mengonsumsi dabigatran, hubungi dokter Anda. Penggunaan dabigatran dapat meningkatkan risiko Anda mengalami perdarahan hebat selama persalinan
  • beri tahu dokter jika Anda menjalani operasi, termasuk operasi gigi, beri tahu dokter atau dokter gigi tentang pemakaian dabigatran.

Apakah dabigatran aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori  C menurut US Food and Drugs Administration (FDA)

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  A= Tidak berisiko,

  B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,

  C=Mungkin berisiko,

  D=Ada bukti positif dari risiko,

  X=Kontraindikasi,

 N=Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan dabigatran?

Meskipun obat-obat tertentu tidak boleh digunakan bersamaan, dalam kasus lain dua obat yang berbeda dapat digunakan bersama-sama bahkan jika interaksi mungkin terjadi. Dalam kasus ini, dokter Anda mungkin ingin mengubah dosis, atau melakukan tindakan pencegahan lainnya yang mungkin diperlukan. Ketika Anda menggunakan obat ini, penting bagi ahli kesehatan Anda tahu jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan yang tercantum di bawah. Interaksi berikut ini dipilih atas dasar signifikansi potensi mereka dan bukan berarti semuanya termasuk.

Menggunakan obat ini dengan salah satu obat-obatan berikut ini tidak dianjurkan. Dokter Anda mungkin memutuskan untuk tidak memperlakukan Anda dengan obat ini atau mengubah beberapa obat lain yang Anda ambil.

  • Itraconazole

Menggunakan obat ini dengan salah satu obat-obatan berikut biasanya tidak dianjurkan, tapi mungkin diperlukan dalam beberapa kasus. Jika kedua obat yang diresepkan bersamaan, dokter Anda dapat mengubah dosis atau seberapa sering Anda menggunakan salah satu atau kedua obat.

  • Abciximab
  • Abiraterone Acetate
  • Aceclofenac
  • Acemetacin
  • Acenocoumarol
  • Alipogene Tiparvovec
  • Alteplase, Recombinant
  • Amiodarone
  • Amtolmetin Guacil
  • Anagrelide
  • Anistreplase
  • Apixaban
  • Argatroban
  • Aspirin
  • Azithromycin
  • Bivalirudin
  • Bosutinib
  • Bromfenac
  • Bufexamac
  • Captopril
  • Carbamazepine
  • Carvedilol
  • Celecoxib
  • Choline Salicylate
  • Cilostazol
  • Clarithromycin
  • Clonixin
  • Clopidogrel
  • Cobicistat
  • Collagenase, Clostridium histolyticum
  • Conivaptan
  • Cyclosporine
  • Daclatasvir
  • Dalteparin
  • Danaparoid
  • Desirudin
  • Dexibuprofen
  • Dexketoprofen
  • Diclofenac
  • Diflunisal
  • Diltiazem
  • Dipyridamole
  • Dipyrone
  • Doxorubicin
  • Doxorubicin Hydrochloride Liposome
  • Dronedarone
  • Drotrecogin Alfa
  • Eliglustat
  • Enoxaparin
  • Eptifibatide
  • Erythromycin
  • Etodolac
  • Etofenamate
  • Etoricoxib
  • Felbinac
  • Felodipine
  • Fenofibrate
  • Fenoprofen
  • Fepradinol
  • Feprazone
  • Floctafenine
  • Flufenamic Acid
  • Fluoxetine
  • Flurbiprofen
  • Fondaparinux
  • Fosphenytoin
  • Dabigatran
  • Ibuprofen
  • Ibuprofen Lysine
  • Indomethacin
  • Ivacaftor
  • Ketoconazole
  • Ketoprofen
  • Ketorolac
  • Lepirudin
  • Levomilnacipran
  • Lomitapide
  • Lopinavir
  • Lornoxicam
  • Loxoprofen
  • Lumiracoxib
  • Meclofenamate
  • Mefenamic Acid
  • Meloxicam
  • Morniflumate
  • Nabumetone
  • Naproxen
  • Nepafenac
  • Niflumic Acid
  • Nilotinib
  • Nimesulide
  • Nintedanib
  • Oxaprozin
  • Oxyphenbutazone
  • Parecoxib
  • Pentosan Polysulfate Sodium
  • Phenindione
  • Phenobarbital
  • Phenprocoumon
  • Phenylbutazone
  • Phenytoin
  • Piketoprofen
  • Piroxicam
  • Pranoprofen
  • Prasugrel
  • Primidone
  • Proglumetacin
  • Propyphenazone
  • Proquazone
  • Protein C, Human
  • Quercetin
  • Quinidine
  • Ranolazine
  • Reteplase, Recombinant
  • Rifampin
  • Ritonavir
  • Rivaroxaban
  • Rofecoxib
  • Salicylic Acid
  • Salsalate
  • Simeprevir
  • Sodium Salicylate
  • St John’s Wort
  • Streptokinase
  • Sulfinpyrazone
  • Sulindac
  • Sunitinib
  • Telaprevir
  • Tenecteplase
  • Tenoxicam
  • Tiaprofenic Acid
  • Ticagrelor
  • Ticlopidine
  • Tinzaparin
  • Tipranavir
  • Tirofiban
  • Tocophersolan
  • Tolfenamic Acid
  • Tolmetin
  • Ulipristal
  • Urokinase
  • Valdecoxib
  • Verapamil
  • Vorapaxar
  • Vortioxetine
  • Warfarin

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan dabigatran?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan dabigatran?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beri tahu dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain.:

    • perdarahan, aktif
    • katup prostetik mekanik jantung (buatan) –  dabigatran tidak boleh digunakan pada pasien dengan kondisi ini
    • masalah perdarahan, riwayat
    • masalah ginjal
    • perdarahan lambung atau luka atau baru saja mengalami-dapat memiliki risiko peningkatan perdarahan
    • penyakit ginjal – penggunaan perlu diawasi karena pembersihan yang lambat dari tubuh

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Gejala overdosis termasuk:

  • memar yang tidak biasa atau perdarahan
  • urin berwarna merah muda atau coklat
  • feses berwarna merah atau hitam,
  • muntahan yang berdarah atau terlihat seperti bubuk kopi
  • batuk darah

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

 

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016