Cyanocobalamin obat apa?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: Risky Candra Swari

Nama Generik: Cyanocobalamin Merek: Arcored, Cyanamin TRC, Vitamin B12 IPI, Vitamin B12 Kimia Farma, Vitamin B12 Soho/Ethica dan Cyanocobalamin adalah.

Penggunaan

Untuk apa Cyanocobalamin?

Cynacobalamin adalah vitamin B12 buatan. Vitamin ini dibuat untuk mencegah kekurangan vitamin B12 pada manusia. Sebagian orang memperoleh vitamin B12 dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Vitamin ini sangat penting untuk menjaga metabolisme tubuh Anda serta sel-sel darah dan saraf.  Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan berkurangnya jumlah sel darah merah (anemia), gangguan pencernaan, dan kerusakan saraf permanen.

Kekurangan vitamin B12 dapat disebabkan oleh kondisi tertentu seperti gangguan perut/usus, gizi buruk, kanker, infeksi HIV, kehamilan, lanjut usia, dan alkohol. Kekurangan vitamin ini juga dapat dipengaruhi oleh pola diet yang sangat ketat misalnya vegan.

Bagaimana cara penggunaan Cyanocobalamin?

Vitamin ini diminum secara langsung, biasanya sekali sehari dengan atau tanpa makan sesuai petunjuk dokter Anda atau aturan pemakaian pada kemasan. Minum vitamin ini secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya yang optimal. Untuk membantu Anda mengingat, minumlah vitamin ini di waktu yang sama setiap hari. Dosis yang dianjurkan tergantung kondisi kesehatan, respon tubuh dan hasil tes laboratorium Anda.  Untuk informasi lebih lanjut, konsultasikan dengan dokter dan apoteker.

Terdapat beragam jenis Cyanocobalamin (B12) yang tersedia. Baca petunjuk penggunaan dengan cermat karena setipa produk memiliki dosis yang berbeda-beda.

Jika Anda mengonsumsi obat cair, gunakan takaran yang disediakan dalam kemasan. Jangan gunakan sendok biasa karena dosisnya bisa jadi tidak tepat. Beberapa merek menganjurkan Anda untuk mengocok obat terlebih dahulu sebelum diminum.

Jika Anda mengonsumsi vitamin dalam bentuk tablet, jangan hancurkan terlebih dahulu. Jika Anda melakukannya, bisa jadi efek samping tertentu akan terjadi. Jangan membagi tablet kecuali jika ada petunjuk yang tepat dari dokter atau apoteker Anda. Telan keseluruhan tablet tanpa menghancurkan atau mengunyahnya.

Jika Anda mengonsumsi vitamin yang dikunyah, kunyahlah seluruh tablet sebelum menelannya.

Jika Anda mengonsumsi tablet yang cepat larut,  taruhlah tablet dalam mulut atau di bawah lidah sebelum menelannya, dengan atau tanpa air sesuai petunjuk dokter atau petunjuk pemakaian.

Vitamin C dapat mengurangi jumlah vitamin B12 yang diserap. Jangan mengonsumsi vitamin C satu jam sebelum atau setelah mengonsumsi vitamin B12.

Jika kondisi Anda memburuk segera cari pertolongan medis.

Bagaimana cara penyimpanan Cyanocobalamin?

Cyanocobalamin adalah salah satu obat yang baiknya disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Cyanocobalamin untuk orang dewasa?

Untuk manula, dosis awal cyanocobalamin adalah:

  • Dosis awal 100 mcg melalui suntikan ke dalam otot sekali sehari selama 7 hari. Beberapa pasien dianjurkan menyuntikkan 100 sampai 1000 mcg dalam otot.
  • Vitamin B12 yang berbentuk spray atau gel biasanya berdosis 500 mcg, digunakan melalui hidung seminggu sekali. 

Untuk mengatasi gizi buruk, dosis cyanocobalamin adalah:

  • Oral: 25 sampai 250 mgc per hari
  • Nasal spray atau gel: (Nascobal) 500 mcg intranasal sekali seminggu dan (CaloMist) 25 mcg sekali sehari (dosis dapat ditingkatkan sampai 50 mgc).

Bagaimana dosis Cyanocobalamin untuk anak-anak?

Untuk bayi dengan anemia, dosis cyanocobalamin adalah:

  • Dosis awal: suntikkan ke dalam otot 0.2 mcg/kg selama 2 hari pertama, kemudian dilanjutkan dengan pemberian dosis 100 mcg/kg selama 2 sampai 7 hari.

Untuk anak dengan anemia, dosis cyanocobalamin adalah:

  • Dosis awal: suntikkan ke dalam otot 20 sampai 50  mcg per hari selama 2 minggu pertama atau lebih (total dosis yang diberikan maksimal hingga 1000 mcg), kemudian dilanjutkan dengan pemberian dosis sebanyak 100 mcg/ bulan.

Untuk Anak yang kekurangan vit B12, dosis cyanocobalamin adalah:

  • Dosis awal 0.2 mgc/kg selama 2 hari, kemudian dilanjutkan dengan pemberian dosis 1000 mcg/hari selama 2 sampai 7 hari, lalu dilanjutkan dengan dosis 100 mcg/minggu selama sebulan atau 100 mcg/hari selama 10 sampai 15 hari (dosis maksimal 1 sampai 15 mcg), kemudian sekali atau dua kali seminggu hingga beberapa bulan berikutnya. 

Dalam dosis apakah Cyanocobalamin tersedia?

Sediaan dosis cyanocobalamin adalah:

  • Injeksi 1000 mcg/mL
  • Tablet 100 mcg, 200 mcg, 1000 mcg

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena Cyanocobalamin?

Efek samping paling umum dari cyanocobalamin adalah:

  • Sakit kepala
  • Lemas, letih, tidak bertenaga
  • Mual
  • Muntah
  • Sakit perut
  • Diare
  • Demam
  • Nyeri sendi
  • Gatal-gatal
  • Lidah membengkak

Tidak semua orang mengalami efek samping tersebut. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Cyanocobalamin?

Jangan konsumsi vitamin ini jika Anda alergi terhadap Cobalt, atau jika Anda mengidap penyakit Leber. Obat ini dapat merusak pembuluh darah (dapat menyebabkan kebutaan) pada penderita Leber.

Apakah Cyanocobalamin aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori  C menurut US Food and Drugs Administration (FDA) di Amerika Serikat, atau setara dengan Badan POM di Indonesia.

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  • A = Tidak berisiko
  • B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  • C = Mungkin berisiko
  • D = Ada bukti positif dari risiko
  • X = Kontraindikasi

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Cyanocobalamin?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Cyanocobalamin?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Cyanocobalamin?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Beberapa kondisi kesehatan yang mungkin dapat berinteraksi dengan obat cyanocobalamin adalah:

  • Semua jenis infeksi
  • Defisiensi zat besi atau asam
  • Sakit ginjal atau liver
  • Jika Anda melakukan pengobatan lain yang mempengaruhi sumsum tulang belakang Anda

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

BACA JUGA:

Sumber

Direview tanggal: September 26, 2018 | Terakhir Diedit: September 26, 2018

Yang juga perlu Anda baca