Carglumic Acid obat apa?

Oleh

Nama Generik: Asam Carglumic Merek: asam carglumic.

Penggunaan

Untuk apa carglumic acid?

Carglumic Acid atau asam carglumic adalah bentuk enzim buatan manusia yang terjadi secara alami di dalam hati. Enzim ini diperlukan untuk memproses kelebihan nitrogen yang diproduksi ketika tubuh memetabolisme protein. Tanpa enzim ini, nitrogen menumpuk dalam bentuk amonia dan tidak dikeluarkan dari tubuh. Amonia sangat beracun ketika beredar dalam darah dan jaringan dan dapat menyebabkan kerusakan otak permanen, koma, atau kematian.

Asam carcglumic  adalah enzim yang digunakan untuk mengobati hiperamonemia. Kondisi ini terjadi disebabkan karena gangguan siklus urea yang disebabkan oleh kurangnya enzim hati tertentu. Carglumic Acid biasanya diberikan dengan obat lain untuk mengobati gangguan seumur hidup ini.

Carglumic Acid juga dapat digunakan untuk tujuan yang tidak tercantum dalam panduan pengobatan.

Bagaimana cara menggunakan Carglumic Acid?

Asam carglumic adalah obat yang bisa diminum sesuai ketentuan dokter. Jangan gunakan dalam jumlah lebih besar atau lebih kecil atau lebih lama dari yang direkomendasikan. Ikuti petunjuk pada label resep Anda.

Dokter Anda mungkin sesekali mengubah dosis Anda untuk memastikan Anda mendapatkan hasil optimal. Penyesuaian dosis sangat penting bagi pertumbuhan anak Anda.

  • Dengan cara dilarutkan dan diminum

Asam carglumic adalah obat yang biasanya diminum 2 sampai 4 kali setiap hari, tepat sebelum makan. Ikuti petunjuk dokter untuk aturan minum lebih lengkapnya.

Perlu diperhatikan juga jangan mengunyah, menghancurkan, atau menelan tablet asam carglumic secara keseluruhan. Umumnya asam carglumic ini digunakan dengan cara ditempatkan ke dalam segelas air hingga tablet larut dalam air.

Tablet asam carglumic biasanya  tidak akan larut sempurna. Maka dari itu, dianjurkan untuk minum larutan ini dengan segera. Untuk memastikan Anda mendapatkan seluruh dosis, tambahkan lebih sedikit cairan ke gelas yang sama, aduk sedikit dan minum segera jika masih ada sisa tablet yang tertinggal di dalam gelas.

  • Lewat suntikan

Asam carglumic dapat digunakan dengan jarum suntik sebagai berikut: Tempatkan 200 miligram tablet pada jarum suntik dan ambil 2,5 mililiter air ke jarum suntik. Kocok sampai tablet ini tersebar dan kemudian tuangkan jarum suntik ke dalam mulut Anda. Isi ulang jarum suntik dengan air, kocok lembut, dan tuangkan ke mulut Anda.

  • Lewat selang medis

Tablet carglumic acid juga dapat diberikan melalui (NG) tabung pengisi nasogastrik sebagai berikut: Larutkan tablet dalam jarum suntik seperti yang diarahkan di atas. Tempatkan  jarum suntik ke tabung NG dan dorong plunger ke bawah untuk menuangkan jarum suntik ke dalam tabung. Kemudian siram tabung dengan air yang lebih untuk mencuci isi di bagian bawah.

Untuk memastikan obat ini membantu kondisi Anda dan tidak menyebabkan efek berbahaya, darah Anda perlu diuji lebih sering. Sebuah penumpukan amonia dalam darah dapat dengan cepat menyebabkan cedera otak atau kematian. Jangan lewatkan setiap penindaklanjutan kunjungan ke dokter Anda untuk tes darah. Setiap orang dengan gangguan siklus urea harus tetap di bawah perawatan dokter.

Bagaimana cara menyimpan Carglumic Acid?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis carglumic acid untuk orang dewasa?

Dosis Normal untuk Orang Dewasa Penderita Hiperamonemia:

Dosis harian total harus dibagi menjadi 2 sampai 4 dosis dan dibulatkan ke dosis terdekat 100 mg.

Dosis awal bisa dikondumsi 100 sampai 250 mg/kg yang  diminum langsung per hari terbagi dalam 2 sampai 4 dosis minum segera sebelum makan. Penggunaan seiring terapi penurunan amonia lainnya juga dianjurkan. Dosis harus dikonsumsi berdasarkan kadar amonia plasma individu pasien dan gejala klinis.

Dosis pemeliharaan biasanya digunakan kurang dari 100 mg/kg dengan cara diminum langsung per hari terbagi dalam 2 sampai 4 dosis segera sebelum makan. Dosis pemeliharaan yang direkomendasikan harus dikonsumsi untuk menargetkan tingkat normal amonia plasma untuk usia tertentu.

Bagaimana dosis Carglumic Acid untuk anak?

Dosis Normal untuk Anak-Anak Penderita  Hiperamonemia:

Dosis awal: 100 sampai 250 mg dan dimunum langsung per hari, dalam 2 sampai 4 dosis segera sebelum makan atau anak menyusui.

Penggunaan seiring terapi penurunan amonia lainnya dianjurkan. Dosis harus di konsumsi berdasarkan kadar amonia plasma individu pasien dan gejala klinis.

Untuk Dosis pemeliharaan: Biasanya kurang dari 100 mg/kg diminum langsung per hari dalam 2 sampai 4 dosis segera sebelum makan atau menyusui.

Dalam bentuk dosis apa Carglumic Acid tersedia?

Sediaan asam carglumic bisa tersedia dalam bentuk tablet.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena carglumic acid?

Dapatkan bantuan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda dari reaksi alergi berikut: gatal-gatal, sulit bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hubungi dokter Anda segera jika Anda memiliki efek samping yang serius seperti:

  • demam, menggigil, nyeri tubuh, gejala flu, luka di mulut dan tenggorokan
  • kulit pucat, merasa kesulitan pusing atau sesak napas, denyut jantung cepat, sulit berkonsentrasi
  • rasa sakit atau penuh pada telinga Anda, masalah pendengaran.

Efek samping yang kurang serius mungkin termasuk:

  • muntah, diare, sakit perut
  • sakit kepala
  • hidung tersumbat dan sakit tenggorokan

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping, silakan berkonsultasi dengan dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan carglumic acid?

Beri tahu dokter tentang semua kondisi medis Andas sebelum menggunakan asam carglumic. Pasalnya obat ini hanya bagian dari program lengkap perawatan yang juga mungkin termasuk diet khusus dan obat lain. Sangat penting untuk mengikuti rencana diet yang diciptakan untuk Anda dengan dokter atau konselor gizi. Anda harus mengikuti daftar makanan yang harus Anda makan atau menghindari makanan tertentu untuk membantu mengontrol kondisi Anda.

Apakah Carglumic Acid aman untuk ibu hamil atau menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori B (menurut US Food and Drugs Administration (FDA)

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA:

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan carglumic acid?

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan  asam carglumic?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Dalam keadaan darurat atau overdosis, memanggil layanan darurat lokal Anda (112) atau pergi ke ruang gawat darurat terdekat Anda. Gejala overdosis mungkin meliputi:

  • demam
  • berkeringat berat
  • denyut jantung yang cepat
  • batuk berdahak
  • perasaan gelisah

Apa yang harus saya lakukan jika saya melewatkan dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Februari 26, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan