Tolnaftate

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Tolnaftate Obat Apa?

Untuk apa obat Tolnaftate digunakan?

Tolnaftate adalah obat untuk mengobati infeksi kulit seperti kaki atlet, infeksi jamur selangkangan, dan kurap. Obat ini adalah obat antijamur yang bekerja dengan mencegah pertumbuhan jamur.

Bagaimana aturan pakai obat Tolnaftate?

Gunakan obat ini hanya pada kulit. Bersihkan dan keringkan area yang akan diobati secara menyeluruh. Oleskan obat ini ke kulit yang terpengaruh, biasanya dua kali sehari atau sesuai dengan petunjuk pada kemasan produk atau oleh dokter. Dosis dan lama pengobatan tergantung jenis infeksi yang sedang diobati.

Beberapa bentuk tolnaftate (misalnya bedak) harus dikocok sebelum penggunaan. Periksa kemasan produk untuk melihat apakah bentuk obat ini harus dikocok. Oleskan obat secukupnya untuk menutupi area yang terpengaruh dan kulit di sekitarnya. Setelah mengoleskan obat ini, tangan harus dicuci. Jangan membungkus, menutupi, atau membalut area kalau tidak disuruh oleh dokter. Jangan menggunakan obat ini pada mata, hidung, mulut, atau vagina.

Gunakan obat ini secara teratur agar mendapatkan manfaat maksimal. Ingatlah untuk menggunakannya dalam waktu yang sama setiap hari.

Lanjutkan penggunaan obat ini sampai habis, sekalipun gejala hilang setelah memulai tolnaftate. Menghentikan obat terlalu dini mungkin membuat jamur terus tumbuh, yang mungkin berakibat kambuhnya infeksi.

Beritahu dokter apabila kondisi tidak kunjung membaik setelah 2 minggu pengobatan infeksi jamur selangkangan, setelah 4 minggu pengobatan kaki atlet atau kurap, atau jika kondisi memburuk.

Bagaimana cara menyimpan Tolnaftate?

Simpan obat pada suhu ruangan jauh dari cahaya dan kelembaban. Jangan simpan di dalam kamar mandi dan membekukan obat. Obat dengan merek yang berbeda-beda mungkin mempunyai cara menyimpan yang berbeda. Periksa kotak produk untuk mencari tahu instruksi bagaimana cara menyimpannya, atau menanyakan apoteker. Jauhi obat dari anak-anak dan binatang peliharaan.

Dilarang mengguyur obat di dalam toilet atau membuangnya ke dalam saluran pembuangan jika tidak disuruh. Buang produk ini dengan benar jika sudah melewati batas waktu atau tidak dibutuhkan lagi. Konsultasi dengan apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal untuk detail lebih mendalam tentang bagaimana membuang produk dengan aman.

Dosis Tolnaftate

Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Tolnaftate?

Dalam keputusan untuk menggunakan obat, risiko obat harus dipertimbangkan melawan manfaatnya. Ini adalah keputusan Anda dan dokter yang akan buat. Untuk obat ini, hal-hal di bawah ini harus dipertimbangkan:

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda pernah mengalami reaksi tidak biasa atau alergi terhadap obat ini atau obat-obatan lain. Selain itu, beri tahu penyedia layanan kesehatan profesional bila Anda memiliki jenis alergi lainnya, misalnya makanan, pewarna, pengawet, atau hewan. Untuk produk tanpa resep, bacalah label atau bahan kemasan dengan hati-hati.

Anak-anak

Tolnaftate tidak boleh digunakan pada anak-anak berumur sampai 2 tahun, kalau tidak disuruh sebaliknya oleh dokter. Walaupun tidak ada informasi khusus yang membandingkan manfaat tolnaftate pada anak 2 tahun dan lebih dengan manfaat pada kelompok umur lainnya, obat ini tidak dianggap menyebabkan efek samping atau masalah yang berbeda pada anak 2 tahun dan lebih daripada orang dewasa.

Lansia

Banyak obat belum dipelajari khususnya pada lansia. Karena itulah, mungkin tidak diketahui apakah mereka bekerja dengan cara yang serupa pada orang dewasa muda atau apakah mereka menyebabkan efek samping atau masalah yang berbeda pada lansia. Tidak ada informasi khusus yang membandingkan manfaat tolnaftate pada lansia dengan manfaat pada kelompok umur lainnya.

Apakah obat Tolnaftate aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Kehamilan dan menyusui: Tidak ada informasi memadai tentang keamanan penggunaan obat ini selama hamil dan menyusui.

Efek samping Tolnaftate

Apa efek samping Tolnaftate yang mungkin terjadi?

Iritasi pada kulit yang diobati mungkin terjadi. Jika efek ini tidak kunjung membaik atau semakin memburuk, beritahu dokter atau apoteker secepatnya.

Apabila dokter telah menyuruh Anda menggunakan obat ini, ingatlah bahwa dokter telah menilai bahwa manfaat bagi Anda lebih besar daripada risiko efek samping. Banyak pengguna obat ini tidak mengalami efek samping serius.

Reaksi alergi obat yang sangat serius sangat jarang, tapi carilah pertolongan medis segera bila memang muncul. Gejala reaksi alergi serius mungkin meliputi: ruam, gatal/bengkak (terutama pada wajah/lidah/tenggorokan), pusing berat, sulit bernapas.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda mengalami kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Peringatan dan Perhatian Obat Tolnaftate

Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Tolnaftate?

Walaupun obat-obatan tertentu sama sekali tidak boleh digunakan secara bersamaan, dalam kasus lain dua obat berbeda boleh digunakan bersama sekalipun interaksi mungkin terjadi. Dalam kasus ini, dokter mungkin ingin mengubah dosis, atau peringatan lain mungkin penting. Beritahu penyedia layanan kesehatan profesional jika Anda sedang menggunakan obat resep atau tanpa resep.

Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Tolnaftate?

Obat-obatan tertentu tidak bisa digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan dengan penyedia layanan kesehatan profesional mengenai penggunaan obat dengan makanan, alkohol, atau tembakau.

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Tolnaftate?

Adanya gangguan medis lain mungkin mempengaruhi penggunaan obat ini.

Interaksi Obat Tolnaftate

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis obat Tolnaftate untuk dewasa?

Dosis biasa orang dewasa untuk tinea corporis: Oleskan di area yang terkena sekali atau 2 kali sehari selama 2-4 minggu.

Dosis biasa orang dewasa untuk tinea cruris: Oleskan di area yang terkena sekali atau 2 kali sehari selama 2-4 minggu.

Dosis biasa orang dewasa untuk tinea pedisOleskan di area yang terkena sekali atau 2 kali sehari selama 2-4 minggu.

Dosis biasa orang dewasa untuk tinea versicolor: Oleskan di area yang terkena sekali atau 2 kali sehari selama 2-4 minggu.

Berapa dosis obat Tolnaftate untuk anak-anak?

Dosis biasa anak-anak untuk tinea corporis: Oleskan di area yang terkena sekali atau 2 kali sehari selama 2-4 minggu.

Dosis biasa anak-anak untuk tinea cruris: Oleskan di area yang terkena sekali atau 2 kali sehari selama 2-4 minggu.

Dosis biasa anak-anak untuk tinea pedis: Oleskan di area yang terkena sekali atau 2 kali sehari selama 2-4 minggu.

Dosis biasa anak-anak untuk tinea versicolor: Oleskan di area yang terkena sekali atau 2 kali sehari selama 2-4 minggu.

Dalam dosis dan sediaan apa Tolnaftate tersedia?

Gel 1%, bubuk spray 1%, cairan spray 1%, krim 1%

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118/119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun, bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Penyebab Utama Penyakit Kulit, Plus Hal-Hal yang Meningkatkan Risiko Anda

Tiap penyakit kulit punya penyebab yang berbeda-beda. Untuk itu, penting mengetahui penyebab pastinya agar Anda bisa mendapatkan pengobatan yang tepat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Penyakit Kulit, Health Centers 08/05/2019 . Waktu baca 10 menit

Penyakit Kulit

Penyakit kulit adalah kondisi yang banyak menyerang masyarakat Indonesia. Cari tahu gejala, penyebab, pengobatan serta cara mencegahnya di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Penyakit Kulit, Health Centers 16/04/2019 . Waktu baca 13 menit

Hati-hati, 5 Infeksi Kulit Ini Rentan Terjadi di Tempat Gym

Olahraga di pusat kebugaran memang mengasyikan. Namun, membuat Anda rentan dengan infeksi kulit. Mengapa hal tersebut bisa terjadi dan apa saja penyakitnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Penyakit Kulit, Health Centers 14/04/2019 . Waktu baca 6 menit

Berbagai Cara Mengatasi Infeksi Kulit Kepala Sesuai Penyebabnya

Infeksi kulit kepala disebabkan oleh berbagai penyebab dan akan bertambah parah jika tidak segera diatasi. Lantas, bagaimana caranya mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Penyakit Kulit, Health Centers 22/03/2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

obat anyang-anyangan

Ragam Obat dan Pengobatan untuk Mengatasi Anyang-anyangan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 8 menit
Konten Bersponsor
obat untuk infeksi jamur kulit

Cara Memilih Obat untuk Kulit yang Gatal Karena Infeksi Jamur Kulit

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 26/05/2020 . Waktu baca 6 menit
Penyebab penyakit scabies atau penyebab kudis

Kenali Penyebab Scabies dan Faktor Risiko Kudis yang Perlu Diwaspadai

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 16/05/2020 . Waktu baca 7 menit
ciri-ciri penyakit kulit

8 Ciri Penyakit Kulit yang Paling Gampang Dikenali

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 10/05/2019 . Waktu baca 10 menit