home
health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Ditinjau oleh dr. Thomas Chayadi, Sp.OG pada Apr 02, 2021

Metode kalkulasi

Durasi siklus haid

28 hari

Info

Haid Terakhir

Pada umumnya, kehamilan berlangsung sekitar 40 minggu (atau 38 minggu sejak terjadinya pembuahan). Jadi, cara terbaik untuk memperkirakan tanggal persalinan Anda adalah dengan menghitung 40 minggu atau 280 hari dari hari pertama haid terakhir Anda. Cara lain adalah dengan mengambil hari pertama haid terakhir Anda, kurangi tiga bulan dan tambahkan 7 hari.Jika menstruasi terakhir Anda dimulai tanggal 11 April 2020, Anda tinggal kurangi tiga bulan menjadi 11 Januari 2020, lalu menambahkan 7 hari, maka persalinan Anda diperikirakan pada tanggal 18 Januari 2021. Cara ini biasa digunakan oleh dokter untuk memperkirakan tanggal persalinan. Perlu dicatat, kondisi Anda masih disebut normal meskipun Anda melahirkan seminggu lebih awal atau lebih lambat dari tanggal yang sudah diperkirakan.

Tanggal Pembuahan

Menghitung usia kehamilan juga bisa dilakukan dari tanggal berhubungan badan, tapi hanya berlaku untuk pasangan yang mengingat secara pasti tanggal berhubungan, wanita yang memiliki siklus haid teratur dan tanggal ovulasi yang sudah terjadwal. Sebab sel telur hanya memiliki satu hari untuk hidup setelah terjadinya ovulasi, sedangkan sperma dapat hidup dalam tubuh wanita hingga 5 hari. Hanya pada periode ini sperma dapat membuahi sel telur.Menurut perhitungan ini, hari pertama usia kehamilan akan dihitung dari hari berhubungan seks dan ditambah 36 minggu atau 266 hari (jika ada ovulasi).

Program Bayi Tabung

Menghitung usia kehamilan dan hari perkiraan lahir untuk bayi inseminasi buatan jauh lebih akurat bila dibandingkan dengan proses normal. Ini terjadi karena Anda sudah mengetahui tanggal pasti terjadinya proses ovulasi atau proses penanaman embrio.Bila Anda bagian dari kelompok ibu yang menjalani program bayi tabung, tanggal persalinan dihitung dengan menambahkan 38 minggu (sekitar 266 hari) sejak sel telur dibuahi. Perhitungan lainnya adalah menambahkan 38 minggu tetapi dikurangi jumlah hari saat embrio ditanamkan. Misalnya, dibutuhkan 3 hari untuk transfer, maka akan dikurangi 3 hari dan begitu untuk transfer 5 hari akan dikurangi 5 hari.