home
health-tool-icon

Kalkulator Hari Perkiraan Lahir-Hello Sehat

Gunakan kalkulator ini untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Ini hanyalah prediksi, bukan sebuah jaminan pasti. Pada umumnya, hari melahirkan sebenarnya akan maju atau mundur seminggu dari HPL.

Metode kalkulasi

Durasi siklus haid

28 days

Info

Haid Terakhir

Penelitian mengemukakan beberapa cara menghitung hari perkiraan lahir bayi Anda.

Pada umumnya, kehamilan berlangsung sekitar 40 minggu (atau 38 minggu sejak terjadinya pembuahan). Jadi, cara terbaik untuk memperkirakan tanggal persalinan Anda adalah dengan menghitung 40 minggu atau 280 hari dari hari pertama haid terakhir Anda.

Cara lain adalah dengan mengambil hari pertama haid terakhir Anda, kurangi tiga bulan dan tambahkan 7 hari. Jika menstruasi terakhir Anda dimulai tanggal 11 April 2020, Anda tinggal kurangi tiga bulan menjadi 11 Januari 2020, lalu menambahkan 7 hari, maka persalinan Anda diperkirakan pada tanggal 18 Januari 2021.

Cara ini biasa digunakan oleh dokter untuk memperkirakan tanggal persalinan. Perlu dicatat, kondisi Anda masih disebut normal meskipun Anda melahirkan seminggu lebih awal atau lebih lambat dari tanggal yang sudah diperkirakan.

Tanggal Pembuahan

Berbeda dengan usia kehamilan, usia janin (usia konsepsi) dapat dihitung dari tanggal berhubungan intim. Hal ini dapat dilakukan jika Anda mengingat pasti tanggal berhubungan seks.

Dari usia janin ini, Anda dapat mengetahui usia kehamilan dengan cara menambahkan 2 minggu (atau dari hari pertama haid sampai ovulasi). Perhitungan ini juga biasanya lebih akurat untuk wanita yang punya jadwal haid rutin dan masa suburnya sudah terjadwal.

Sementara untuk wanita yang siklus haidnya tidak teratur, metode ini kurang akurat. Usia kehamilan untuk wanita yang haidnya tidak teratur bisa diketahui dengan melakukan pemeriksaan USG.

Program Bayi Tabung

Perhitungan usia kehamilan dan hari perkiraan lahir akan lebih akurat bagi Anda yang menjalani program bayi tabung dan inseminasi. Ini karena Anda sudah mengetahui tanggal pasti terjadinya proses ovulasi atau proses penanaman embrio.

Bila Anda bagian dari kelompok ibu yang menjalani program bayi tabung, tanggal persalinan dihitung dengan menambahkan 38 minggu (sekitar 266 hari) sejak sel telur dibuahi.

Para ahli menemukan perhitungan lainnya adalah menambahkan 38 minggu tetapi dikurangi jumlah hari saat embrio ditanamkan. Misalnya, dibutuhkan 3 hari untuk transfer, maka akan dikurangi 3 hari dan begitu untuk transfer 5 hari akan dikurangi 5 hari.

Apakah kalkulator hari perkiraan lahir akurat?

Kalkulator hari perkiraan lahir memperkirakan seberapa jauh Anda dalam kehamilan, dan waktu Anda melahirkan. Meskipun didasarkan pada perhitungan hari pertama menstruasi terakhir Anda dan rata-rata durasi siklus menstruasi Anda atau waktu Anda hamil, perlu diingat bahwa kalkulator ini tidak menjamin 100% keakuratan.

Apakah kalkulator HPL lebih akurat hasilnya untuk kehamilan IVF?

Dalam beberapa kasus, kalkulator ini lebih akurat untuk wanita yang hamil melalui IVF atau in vitro fertilization. Namun, hari perkiraan lahir dapat berubah akibat sejumlah faktor. Maka dari itu, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki kekhawatiran.

Bagaimana saya bisa memastikan kehamilan cukup bulan dan kehamilan yang sehat?

Meskipun kelahiran prematur tak dapat dihindari, ada beberapa cara untuk mencegah kelahiran sebelum hari perkiraan lahir. Merasa tetap bahagia dan sehat selama kehamilan dapat memastikan kelahiran normal.

Oleh sebab itu, penting untuk mencari perawatan prenatal demi mengurangi risiko komplikasi kehamilan. Mulai berhentilah merokok dan minum alkohol. Jika Anda merasa tidak sehat, segera hubungi tenaga medis agar mereka dapat segera mendiagnosis kondisi Anda.

Referensi dan Sumber

Su, H. et al. (2017). Detection of ovulation, a review of currently available methods, Bioengineering and Translational Medicine. Diakses pada 8 Juni 2021 dari https://aiche.onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1002/btm2.10058

Boyle J., and Teede, H. (2014). Irregular menstrual cycles in a young woman, CMAJ. Diakses pada 8 Juni 2021 dari https://www.cmaj.ca/content/186/11/850

Stirnemann, J. et al. (2013). Day-specific probabilities of conception in fertile cycles resulting in spontaneous pregnancies, Human Reproduction. Diakses pada 8 Juni 2021 dari https://doi.org/10.1093/humrep/des449

What is the rhythm method? Cleveland Clinic. Diakses pada 8 Juni 2021 dari https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/17900-rhythm-method#:~:text=The%20rhythm%20method%20is%20a,percent%20effective%20at%20preventing%20pregnancy.

Wilcox, A., Baird, D., and Dunson, D. (2001). The timing of the “fertile window” in the menstrual cycle: day-specific estimates from a prospective study. BMJ. Diakses pada 8 Juni 2021 dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC27529/

National Health Services UK. Irregular periods. Diakses pada 8 Juni 2021 dari https://www.nhs.uk/conditions/irregular-periods/

Gestational age. MedlinePlus US National Institute of Health. Diakses pada 8 Juni 2021 dari https://medlineplus.gov/ency/article/002367.htm

Why is 40 weeks so Important? New York Department of Health. Diakses pada 8 Juni 2021 dari https://www.health.ny.gov/community/pregnancy/why_is_40_weeks_so_important.htm#:~:text=Pregnancy%20lasts%20for%20about%20280,between%2029%20and%2033%20weeks.

Baby due date. Better Health Channel Victoria Department of Health. Diakses pada 8 Juni 2021 dari https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/baby-due-date

Know Your Terms – Full Term Pregnancy. US National Institute of Child and Health Development. Diakses pada 8 Juni 2021 dari https://www.nichd.nih.gov/ncmhep/initiatives/know-your-terms/moms

ACOG Committee Opinion No. 764: Medically Indicated Late-Preterm and Early-Term Deliveries. US National Institute of Health National Library of Medicine. Diakses pada 8 Juni 2021 dari https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/30681545/