Tigecycline

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020
Bagikan sekarang

Tigecycline Obat Apa?

Untuk apa Tigecycline?

Tigecycline adalah obat yang digunakan untuk mengobati infeksi-infeksi bakteri tertentu yang serius dan mungkin kebal terhadap antibiotik lain. Obat ini dikenal sebagain antibiotik glycycline.

Berada dalam kelas antibiotik tetracycline. Bekerja dengan menghentikan pertumbuhan bakteri.

Bagaimana cara penggunaan Tigecycline?

Obat ini diberikan dengan injeksi ke dalam nadi dalam 30-60 menit oleh penyedia layanan kesehatan. Dosis biasanya diulang tiap 12 jam atau seperti anjuran dokter Anda. Dosis dan lama pengobatan tergantung pada kondisi dan respons Anda pada terapi.

Apabila Anda menggunakan obat ini sendiri di rumah. Pelajari segala persiapan dan instruksi penggunaan dari penyedia layanan kesehatan Anda. Aduk obat perlahan ke dalam campuran. Jangan dikocok. Campuran obat seharusnya berwarna kuning hingga oranya. Sebelum digunakan, periksa produk ini secara visual untuk partikel atau perubahan warna hijau/hitam. Apabila ada salah satu dari keduanya, jangan gunakan cairan tersebut. Pelajari bagaimana cara penyimpanan dan pembuangan perlengkapan medis dengan aman.

Antibiotik bekerja paling baik saat jumlah obat pada tubuh terjaga pada tingkat yang konstan. Maka, gunakan obat ini pada interval waktu yang merata.

Lanjutkan penggunaan obat ini hingga jumlah yang diresepkan habis meskipun gejala-gejala telah hilang dalam beberapa hari. Menghentikan penggunaan obat terlalu cepat memungkinkan bakteri untuk terus berkembang, yang berujung pada kembalinya infeksi.

Beri tahu dokter apabila kondisi Anda menjadi lebih parah atau tidak membaik dalam 14 hari.

Bagaimana cara penyimpanan Tigecycline?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.     

                       

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis Tigecycline

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Tigecycline untuk orang dewasa?

Dosis untuk infeksi intraabdominal pada orang dewasa:

Dosis awal 100mg intravena, diikuti dengan 50 mg intravena tiap 12 jam

Durasi terapi: 5 hingga 14 hari

Indikasi yang telah disetujui: untuk pengobatan komplikasi infeksi intraabdominal karena kekebalan Citrobacter freundii, Enterobacter cloacae, Escherichia coli, Klebsiella oxytoca, K pneumoniae, Enterococcus faecalis (vancomycin-rentan kebal), Staphylococcus aureus (methicillin-susceptible dan –rentan kebal), grup Streptococcus anginosus (termasuk S anginosus, S intermedius, dan S constellatus), Bacteroides fragilis, B thetaiotaomicron, B uniformis, B vulgatus, Clostridium perfringens, dan Peptostreptococcus micros

Dosis untuk infeksi kulit dan jaringan lunak pada orang dewasa:

Dosis awal 100mg intravena, diikuti dengan 50 mg intravena tiap 12 jam

Durasi terapi: 5 hingga 14 hari

Dosis untuk infeksi kulit dan struktur pada orang dewasa:

Dosis awal 100mg intravena, diikuti dengan 50 mg intravena tiap 12 jam

Durasi terapi: 5 hingga 14 hari

Dosis untuk infeksi pneumonia pada orang dewasa:

Dosis awal 100mg intravena, diikuti dengan 50 mg intravena tiap 12 jam

Durasi terapi: 7 hingga 14 hari

Bagaimana dosis Tigecycline untuk anak-anak?

Dosis untuk infeksi intraabdominal pada anak-anak:

Untuk komplikasi infeksi:

Usia 8 hingga 11 tahun: 1.2 mg/kg intravena tiap 12 jam

dosis maksimal 50 mg/dosis

Usia 12 hingga 17 tahun: 50 mg intravena tiap 12 jam

Dosis untuk infeksi kulit dan struktur pada anak-anak:

Untuk komplikasi infeksi:

Usia 8 hingga 11 tahun: 1.2 mg/kg intravena tiap 12 jam

dosis maksimal 50 mg/dosis

Usia 12 hingga 17 tahun: 50 mg intravena tiap 12 jam

Dosis untuk infeksi pneumonia pada anak-anak:

Untuk pneumonia karena bakteri yang ditularkan:

Usia 8 hingga 11 tahun: 1.2 mg/kg intravena tiap 12 jam

dosis maksimal 50 mg/dosis

Usia 12 hingga 17 tahun: 50 mg intravena tiap 12 jam

Dalam dosis apakah Tigecycline tersedia?

Injeksi 5 ml; 10 ml.

Efek samping Tigecycline

Efek samping apa yang dapat dialami karena Tigecycline?

Apabila Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi pada obat ini, segera cari pertolongan medis: gatal-gatal; kesulitan bernapas; pembengkakan pada wajah,bBibir, lidah, atau tenggorokan.

Hentikan penggunaan tigecycline dan hubungi dokter apabila Anda mengalami efek samping serius seperti:

  • Diare yang berair atau berdarah;
  • Sakit kepala berat, pengang pada telinga, pusing, mual, masalah penglihatan, dan sakit pada belakang mata;
  • Mual, sakit perut bagian atas, gatal, kehilangan nafsu makan, urin berwarna gelap, feses berwarna pucat, kuning pada kulit atau mata); atau
  • Rasa sakit yang hebat pada perut bagian atas yang menjalar ke punggung, mual dan muntah, denyut jantung yang cepat.  

Efek samping ringan termasuk:

  • Pusing, masalah tidur (insomnia);
  • Sakit kepala; atau
  • Gatal atau keluarnya cairan dari vagina.

Tidak semua orang mengalami efek samping di atas. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Peringatan dan Perhatian Obat Tigecycline

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Tigecycline?

Pada saat memutuskan untuk menggunakan obat, risiko dan manfaat dari obat harus dipertimbangkan. Ini adalah keputusan bersama dari Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, hal-hal berikut harus dipertimbangkan:

Alergi

Beri tahu dokter apabila Anda pernah mengalami reaksi tidak biasa atau reaksi alergi terhadap obat ini atau obat lain. Beri tahu penyedia layanan kesehatan Anda apabila Anda memiliki alergi lain seperti alergi makanan, pewarna makanan, pengawet, atau hewan. Untuk produk non-resep, baca komposisi pada label atau kemasan dengan baik.

Anak-anak

Penggunaan injeksi tigecycline pada anak-anak tidak disarankan. Keamanan dan kemanjuran belum diketahui.

Tigecycline dapat menyebabkan perubahan warna gigi secara permanen dan memperlambat pertumbuhan tulang. Obat ini tidak boleh diberikan untuk anak-anak dengan usia 8 tahun atau kurang, kecuali dengan anjuran dokter anak.

Lansia

Penelitian yang telah dilakukan hingga hari ini belum menunjukkan masalah spesifik yang membatasi kegunaan phenol pada lansia.

Apakah Tigecycline aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori D menurut US Food and Drugs Administration (FDA)

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Interaksi Obat Tigecycline

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Tigecycline?

Meskipun beberapa obat tertentu tidak direkomendasikan untuk digunakan bersamaan, pada kasus lain dua obat-obatan yang berbeda dapat digunakan bersamaan meskipun interaksi obat mungkin terjadi. Pada kasus-kasus seperti ini, dokter Anda mungkin akan mengganti dosis, atau pencegahan lain yang perlu dilakukan. Beri tahu penyedia layanan kesehatan Anda apabila Anda menggunakan obat-obatan resep atau non-resep lain.

Penggunaan obat ini dengan obat-obatan di bawah dapat meningkatkan risiko dari beberapa efek samping tertentu, namun penggunaan kedua obat dapat menjadi pengobatan terbaik untuk Anda. Apabila kedua obat diresepkan bersamaan, dokter Anda mungkin akan mengganti dosis atau seberapa sering penggunaan salah satu atau kedua obat-obatan.

  • Tacrolimus
  • Warfarin

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Tigecycline?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Tigecycline?

Adanya masalah kesehatan lain dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beri tahu dokter apabila Anda memiliki masalah kesehatan lain, khususnya:

  • Diare atau
  • Penyakit hati atau
  • Pankreatitis (peradangan pancreas)—gunakan dengan hati-hati. Dapat memperparah kondisi tersebut.
  • Penyakit hati berat—gunakan dengan hati-hati. Efek dapat meningkat karena pembuangan obat dari tubuh yang lebih lambat

Overdosis Tigecycline

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Gejala overdosis dapat berupa:

  • Mual
  • muntah

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Ometaphobia, Ketika Seseorang Takut Berlebihan pada Mata

Seseorang yang memiliki fobia ini selalu merasa khawatir, terancam, dan ketakutan akan bahaya yang dapat menimpa mata mereka. Apa itu ommetaphobia?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha

Punya Psoriasis? Waspada, 5 Obat Ini Bisa Jadi Pemicu Gejalanya Makin Parah

Berbagai hal bisa memicu kambuhnya psoriasis, salah satunya adalah penggunaan obat. Oleh sebab itu, hindarilah konsumsi obat-obatan pemicu psoriasis ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala

Berbagai Macam Upaya Pencegahan agar Terhindar dari Pneumonia

Pencegahan pneumonia bisa dimulai dari hal kecil, seperti menjalani pola hidup sehat dan melakukan vaksinasi. Simak cara-cara mencegah pneumonia berikut ini

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin

Liburan Cuma di Rumah? Usir Rasa Bosan dengan 5 Kegiatan Seru Ini

Dengan aktivitas yang tepat, liburan hanya di rumah sekalipun bisa tetap terasa menyenangkan. Apa saja kegiatan yang bisa Anda lakukan?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu

Direkomendasikan untuk Anda

penyebab anda masih melajang

Jomblo Bukan Nasib Tapi Pilihan, Ini Penyebab Anda Masih Saja Melajang

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 26/05/2020
obat untuk infeksi jamur kulit

Cara Memilih Obat untuk Kulit yang Gatal Karena Infeksi Jamur Kulit

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 26/05/2020
pantangan makanan divertikulitis

Pantangan Makanan bagi Penderita Divertikulitis (Radang Kantung Usus Besar)

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 26/05/2020
diagnosis hiv

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 26/05/2020