Hydrocortisone + Fusidic Acid

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020 . 1 menit baca
Bagikan sekarang

Hydrocortisone + Fusidic Acid Obat Apa?

Untuk apa hydrocortisone + fusidic acid?

Hydrocortisone + Fusidic Acid umumnya digunakan untuk mengobati penyakit kulit tertentu (dermatitis atopik/eksim). Obat ini bekerja dengan menghentikan pertumbuhan bakteri tertentu, mengurangi kemerahan, gatal dan pembengkakan di kulit yang radang. Obat ini adalah kombinasi dari antibiotik dan kortikosteroid. Obat ini hanya merawat infeksi oleh bakteri tertentu. Tidak akan bekerja untuk infeksi lain yang disebabkan virus atau jamur. Penggunaaan antibiotik yang tidak semestinya atau berlebihan dapat mengurangi efektivitasnya.

Bagaimana cara penggunaan Hydrocortisone + Asam Fusidat?

Krim Fucidin H harus dioleskan tipis di kulit yang radang satu atau dua kali sehari sesuai yang diarahkan dokter Anda. Jika dokter Anda menyarankan untuk menggunakan obat ini bersama perban, kulit harus dibersihkan sebelum mengoleskan krim di dalam perban yang baru. Cuci tangan Anda sampai bersih setelah memakai obat ini, kecuali tangan merupakan area yang akan diobati.

Karena obat ini juga mengandung anti-mikroba, tidak disarankan untuk digunakan lebih dari dua minggu, karena semakin lama akan meningkatkan kemungkinan organisme mikro menjadi kebal terhadap obat. Jika infeksi tidak berkurang dalam waktu tujuh hari setelah penggunaan obat ini, Anda harus hubungi dokter.

Jangan gunakan obat ini lebih sering atau lebih lama daripada yang disarankan dokter. Anda tidak boleh mencairkan obat ini dengan krim pelembap atau produk krim lainnya. Jika Anda menggunakan obat atau krim pelembap lain di area kulit yang sama, disarankan untuk menunda sekurang-kurangnya 30 menit di antara pemakaian tiap produk. Hal ini untuk memberi waktu tiap produk diserap kulit, dan mencegah produk-produk tersebut bercampur di kulit.

Bagaimana cara penyimpanan Hydrocortisone + Asam Fusidat?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis Hydrocortisone + Fusidic Acid

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis hydrocortisone + fusidic acid untuk orang dewasa?

Topikal/pemakaian langsung di kulit

Dermatitis atopik ringan sampai sedang dengan infeksi bakteri sekunder

Dewasa: Sebagai krim/salep mengandung 1% Hydrocortisone dan 2% asam fusidat: Oleskan pada area yang radang, gunakan sampai membaik. Durasi lazim perawatan: 2 minggu.

Bagaimana dosis Hydrocortisone + Fusidic Acid untuk anak-anak?

Topikal/pemakaian langsung di kulit

Dermatitis atopik ringan sampai sedang dengan infeksi bakteri sekunder

Anak-anak di atas 3 tahun: Sebagai krim/salep mengandung 1% Hydrocortisone dan 2% asam fusidat: Oleskan pada area yang radang, gunakan sampai membaik. Durasi lazim perawatan: 2 minggu.

Dalam dosis apakah Hydrocortisone + Fusidic Acid tersedia?

Krim: 30 g, 60 g

Efek samping Hydrocortisone + Fusidic Acid

Efek samping apa yang dapat dialami karena hydrocortisone + fusidic acid?

Beberapa efek samping ini mungkin terjadi:

  • iritasi kulit, seperti kemerahan, ruam, gatal atau rasa panas saat dioleskan, atau inflamasi karena reaksi alergi (infeksi karena sentuhan). Hentikan pemakaian dan konsultasikan kepada dokter anda jika Anda menduga tubuh Anda bereaksi melawan atau kondisi kulit anda semakin memburuk.
  • penipisan kulit
  • penurunan pigmentasi kulit
  • stretch mark (striae)
  • pelebaran pembuluh darah kecil (telangiectasia)
  • pertumbuhan rambut berlebihan (hypertrichosis).
  • radang folikel rambut (folikulitis)

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Peringatan dan Perhatian Obat Hydrocortisone + Fusidic Acid

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan hydrocortisone + fusidic acid?

Sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki:

  • hipersensitif terhadap Fusidic Acid dan bentuk garamnya.
  • infeksi bakteri yang disebabkan oleh organisme yang tidak rentan, infeksi jamur, manifestasi kulit karena tuberkulosis, sifilis, dermatitis sekitar mulut dan rosasea.

Apakah Hydrocortisone+ Fusidic Acid aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Jangan gunakan obat ini selama menyusui kecuali diperlukan menurut pertimbangan dokter Anda. Jika diresepkan oleh dokter Anda, jangan digunakan pada area yang besar di kulit, di bawah perban kedap udara, atau dalam periode yang berkepanjangan. Jika digunakan di payudara, cuci dengan hati-hati sebelum menyusui kemudian oleskan lagi setelahnya.

Interaksi Obat Hydrocortisone + Fusidic Acid

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan hydrocortisone + fusidic acid?

Interaksi dengan obat lain dapat memengaruhi cara kerja obat dan meningkatkan risiko efek samping yang berbahaya. Artikel ini tidak memuat semua kemungkinan interaksi obat. Catatlah semua produk obat yang Anda gunakan (termasuk obat resep, nonresep, dan herbal) dan perlihatkan kepada dokter serta apoteker Anda. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apapun tanpa seizin dokter.

Jika Anda menggunakan obat topikal atau krim pelembap lain di area kulit yang sama, disarankan untuk menunda beberapa menit di antara pemakaian tiap produk. Hal ini untuk memberi waktu tiap produk untuk diserap dan mencegah produk-produk tersebut bercampur di kulit.   Jika Anda menggunakan krim pelembap segera sebelum atau sesudah mengoleskan obat ini, hal ini akan melemahkan kortikosteroid dan kemungkinan membuat obat ini kurang efektif. Usahakan untuk menggunakan krim pelembap Anda di waktu yang berbeda dalam sehari atau sekurang-kurangnya 30 menit sebelum atau sesudah obat ini.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Hydrocortisone + Asam Fusidat?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Hydrocortisone + Asam Fusidat?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • infeksi bukan sekunder di kulit karena bakteri terhadap eksim atau radang, (infeksi utama contohnya seperti impetigo)
  • infeksi kulit karena jamur, seperti kutu air, kadas, infeksi kulit karena jamur candida
  • infeksi kulit karena virus, seperti cacar air, cacar api, cold sores atau herpes
  • tuberkulosis yang menyerang kulit
  • ruam kulit yang disebabkan oleh sifilis
  • jerawat
  • rosasea.
  • ruam yang menyebabkan inflamasi di sekitar mulut (dermatitis di sekitar mulut)
  • gatal di sekitar alat kelamin atau anus.

Overdosis Hydrocortisone + Fusidic Acid

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Drunkorexia, Fenomena Rela Tak Makan Demi Minum Alkohol

    Kebiasaan konsumsi alkohol berlebihan mungkin sudah biasa. Lantas, bagaimana dengan rela tidak makan karena ingin minum alkohol atau disebut drunkorexia?

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Nabila Azmi
    Hidup Sehat, Fakta Unik 04/07/2020 . 6 menit baca

    Para ‘Pria Tangguh’ Lebih Berisiko Bunuh Diri, Mengapa Begitu?

    Laki-laki sering dikaitkan dengan image tangguh. Padahal, tuntutan untuk menjadi pria tangguh berdampak negatif dan bisa meningkatkan risiko bunuh diri.

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Diah Ayu
    Hidup Sehat, Psikologi 04/07/2020 . 4 menit baca

    Mengenal Seluk Beluk Laser Lipolysis untuk Menyingkirkan Lemak

    Laser lipolysis dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin menghilangkan lemak dengan cepat. Seperti apa prosedurnya?

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha
    Berat Badan Ideal, Hidup Sehat 04/07/2020 . 5 menit baca

    Teledermatologi, Layanan Konsultasi Masalah Kulit Online di Tengah Pandemi

    Banyak orang yang cukup was-was saat hendak pergi ke rumah sakit di tengah pandemi. Untungnya, teledermatologi hadir saat pandemi COVID-19. Apa itu?

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Nabila Azmi
    Coronavirus, COVID-19 04/07/2020 . 6 menit baca

    Direkomendasikan untuk Anda

    pasangan borderline personality disorder

    Tips Awet Bersama Pasangan dengan Borderline Personality Disorder

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Nabila Azmi
    Dipublikasikan tanggal: 05/07/2020 . 7 menit baca
    diet eliminasi

    Mengenal Diet Eliminasi (Elimination Diet) untuk Tahu Intoleransi Makanan

    Ditulis oleh: Winona Katyusha
    Dipublikasikan tanggal: 05/07/2020 . 5 menit baca
    time blocking

    Mengenal Time Blocking yang Bisa Jadi Alternatif Atasi Stres

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha
    Dipublikasikan tanggal: 05/07/2020 . 5 menit baca
    meditasi jalan walking meditation

    Mengenal Walking Meditation, Meditasi Sambil Jalan yang Bikin Pikiran Tenang

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Nabila Azmi
    Dipublikasikan tanggal: 05/07/2020 . 6 menit baca