Nama Generik: Urea Merek: Soft U Derm Intensive Hydro Protection, Carmed, Moisderm dan Urederm.

Penggunaan

Untuk apa Urea?

Urea adalah obat dengan fungsi untuk mengobati kondisi kulit yang kering dan kasar (contoh, eczema, psoriasis, corns, callus) dan masalah pada kuku (contoh, kuku tumbuh ke dalam atau ingrown nail). Juga dapat membantu menghilangkan jaringan yang mati pada beberapa luka untuk membantu penyembuhan luka.

Urea dikenal sebagai keratolitik. Yang meningkatkan kelembapan pada kulit dengan menghaluskan/menghancurkan zat keratin pada lapisan kulit teratas. Berpengaruh dalam membantu menghilangkan sel kulit mati dan membantu kulit menyimpan lebih banyak air di dalamnya.

Dosis urea dan efek samping urea akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Bagaimana cara penggunaan Urea?

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Gunakan produk ini sesuai seperti yang diperintahkan. Ikuti semua petunjuk pada kemasan produk dan resep. Jika Anda merasa tidak yakin terhadap informasi yang diberikan, konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda.

Beberapa produk perlu dikocok terlebih dahulu sebelum digunakan. Periksa label untuk mengetahui apakah botol perlu dikocok terlebih dahulu atau tidak. Aplikasikan pada bagian kulit/kuku yang membutuhkan perhatian, biasanya 1 sampai 3 kali sehari atau sesuai arahan dokter. Oleskan hingga menyerap kedalam kulit. Cuci tangan Anda setelahnya kecuali jika tangan Anda sedang diobati. Seberapa sering Anda menggunakan obat ini bergantung pada produk dan kondisi kulit Anda.

Aplikasikan pada kulit/kuku saja. Hindari bagian sensitif seperti mata, bibir, bagian dalam mulut/hidung, dan area vagina/selangkangan, kecuali bila dokter menyarankan sebaliknya. Tanyakan pada dokter atau periksa label untuk petunjuk terkait bagian atau jenikskulit tertentu yang tidak boleh terkena produk (wajah, kulit pecah-pecah/luka/iritasi/tergores, atau bagian kulit di mana Anda baru saja bercukur). Tanyakan pada dokter Anda bila kulit yang bermasalah perlu ditutupi perban atau tidak. Konsultasikan dengan dokter dan apoteker Anda untuk lebih rinci.

Gunakan obat ini secara teratur agar mendapatkan khasiat yang maksimal.

Beri tahu dokter jika kondisi Anda tidak mengalami perubahan atau memburuk.

Bagaimana cara penyimpanan Urea?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Urea untuk orang dewasa?

Urea 30% foam:

Urea 35% foam:

Urea 35% lotion:

Urea 39% cream:

Urea 40% foam:

Urea 42% foam:

Urea 45% emulsion:

Urea 45% solution:

Urea 50% emulsion:

Urea 50% salep:

Urea 50% suspension:

Aplikasikan pada kulit bermasalah sehari dua kali.

Urea 40% emulsion:

Urea 40% suspension:

Urea 42% pad:

Urea 45% gel:

Urea 50% cream:

Urea 50% gel:

Aplikasikan pada jaringan kuku atau kulit yang bermasalah sehari dua kali.

Urea 50% stick:

Aplikasikan pada jaringan kuku dua kali sehari.

Bagaimana dosis Urea untuk anak-anak?

Keamanan dan efektivitas obat ini bagi pasien pediatrik (kurang dari 18 tahun) belum ditetapkan.

Dalam dosis apakah Urea tersedia?

Powder for solution

Foam

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena Urea?

Bersamaan dengan hasil yang diharapkan, sebuah obat dapat mengakibatkan efek samping yang tidak diinginkan. Walaupun tidak semua efek samping ini bisa terjadi, namun jika itu terjadi perlu mendapat perhatian medis segera.

Periksa ke dokter Anda segera jika salah satu dari efek samping berikut terjadi:

Periksa secepatnya ke dokter jika salah satu dari efek samping berikut terjadi:

  • Kebingungan
  • Detak jantung tidak teratur
  • Kram pada otot atau nyeri
  • Mati rasa, kesemutan, nyeri, atau tangan atau kaki terasa lemah
  • Rasa lelah yang tidak biasanya
  • Kaki terasa lemas atau berat

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah kepada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Urea?

Dalam memutuskan menggunakan obat ini, risiko dari penggunaan obat harus dipertimbangkan baik-baik dengan manfaat yang diperoleh nantinya. Ini adalah keputusan yang Anda dan dokter akan ambil. Untuk obat ini, berikut yang perlu Anda pertimbangkan:

Alergi

Beritahu dokter Anda jika Anda pernah memiliki reaksi berbeda atau alergi terhadap obat ini atau obat lainnya. Serta beritahu dokter jika Anda punya alergi tertentu, seperti terhadap makanan, pewarna, pengawet, atau binatang. Untuk produk tanpa resep, baca label atau bahan pada kemasan secara teliti.

Pediatrik

Walau tidak ada informasi khusus yang membandingkan antara penggunaan urea pada remaja dengan kelompok usia lain, obat ini diharapkan tidak menimbulkan efek samping yang berbeda antara remaja dan orang dewasa.

Apakah Urea aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori B menurut US Food and Drugs Administration (FDA)

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •  A= Tidak berisiko
  •  B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  •  C=Mungkin berisiko
  •  D=Ada bukti positif dari risiko
  •  X=Kontraindikasi
  •  N=Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Urea?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Walaupun beberapa obat tidak boleh digunakan secara bersamaan, pada kasus lain dua obat berbeda mungkin dapat digunakan secara bersamaan bahkan jika interaksi mungkin terjadi. Dalam kasus ini, dokter Anda mungkin akan mengubah dosis, atau tindakan pencegahan lain mungkin diperlukan. Beritahu dokter jika Anda sedang menggunakan obat resep lain atau obat nonresep (over-the-counter [OTC]).

Menggunakan obat ini dengan salah satu obat berikut biasanya tidak dianjurkan, tetapi mungkin diperlukan pada beberapa kasus. Jika kedua obat terdapat bersamaan dalam resep, dokter Anda mungkin akan mengubah dosis atau frekuensi Anda menggunakan salah satu atau kedua obat tersebut.

  • Arsenic Trioxide
  • Droperidol
  • Levomethadyl

Menggunakan obat ini dengan salah satu obat berikut akan meningkatkan risiko pada efek samping tertentu, tetapi menggunakan kedua obat secara bersamaan mungkin merupakan pengobatan terbaik bagi Anda. Jika kedua obat terdapat bersamaan dalam resep, dokter Anda mungkin akan mengubah dosis atau seberapa sering Anda menggunakan salah satu atau kedua obat tersebut.

  • Licorice

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Urea?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Urea?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beritahukan dokter bila Anda memiliki masalah kesehatan lain, khususnya:

  • Diabetes mellitus (diabetes gula)
  • Tumor fibroid uterus
  • Penyakit ginjal
  • Penyakit hati
  • Penyakit sel sabit

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun, bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan