Nama Generik: Quinidine Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa quinidine?

Quinidine adalah obat yang digunakan untuk mengobati atau mencegah berbagai jenis denyut jantung tidak teratur (aritmia jantung seperti fibrilasi atrium). Quinidine dapat sangat meningkatkan kemampuan Anda untuk melakukan aktivitas normal dengan mengurangi jumlah denyut jantung tidak teratur yang Anda miliki. Namun, Quinidine mungkin tidak menghentikan semua denyut jantung tidak teratur Anda sepenuhnya. Obat ini bekerja dengan menghalangi sinyal detak jantung yang abnormal.

Sebelum dan saat Anda menggunakan quinidine, dokter mungkin meresepkan obat lain (misalnya, “pengencer darah”/antikoagulan seperti warfarin, beta blocker seperti metoprolol) untuk menyusutkan setiap pembekuan darah di jantung dan memperlambat denyut nadi Anda.

PENGGUNAAN LAINNYA: Bagian ini berisi penggunaan dari obat ini yang tidak tercantum dalam label profesional yang disetujui, tetapi mungkin diresepkan oleh ahli kesehatan Anda. Gunakan obat ini untuk kondisi yang tercantum dalam bagian ini hanya jika sudah diresepkan demikian oleh ahli kesehatan Anda.

Quinidine juga dapat digunakan untuk mengobati malaria.

Bagaimana cara penggunaan quinidine?

Sebelum Anda mulai menggunakan obat ini, produsen obat merekomendasikan Anda untuk mengambil dosis tes (biasanya jumlah yang lebih kecil dari dosis biasa) untuk menentukan apakah Anda alergi terhadap obat ini atau tidak. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk rinciannya.

Konsumsi obat ini dengan mulut dengan atau tanpa makanan dengan segelas penuh cairan (8 ons/240 mililiter) seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Obat ini dikonsumsi paling baik saat perut kosong, tetapi mengkonsumsinya dengan makanan dapat membantu mengurangi sakit perut. Jangan berbaring selama 10 menit setelah minum obat ini.

Jangan menghancurkan atau mengunyah tablet extended release. Melakukan hal tersebut dapat melepaskan semua obat sekaligus, dan hal ini dapat meningkatkan risiko efek samping. Jangan pula membagi tablet kecuali obat memiliki garis pemisah dan dokter atau apoteker memberitahu Anda untuk melakukannya. Telanlah seluruh atau tablet perpecahan tanpa menghancurkan atau mengunyah.

Ada berbagai merek dan bentuk yang tersedia untuk obat ini. Tidak semua obat Quinidine memiliki efek yang sama. Jangan mengubah produk quinidine tanpa berbicara dengan dokter atau apoteker.

Dosis didasarkan pada kondisi medis Anda dan respon terhadap pengobatan. Jika Anda mengkonsumsi obat regular-release dari quinidine untuk denyut jantung yang tidak teratur, produsen merekomendasikan Anda untuk mengonumsi tidak lebih dari 4 gram sehari.

Hindari makan grapefruit atau minum jus grapefruit saat dalam pengobatan dengan obat ini kecuali dokter Anda menginstruksikan Anda sebaliknya. Jus grapefruit dapat mengubah jumlah obat tertentu dalam aliran darah Anda. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk lebih jelasnya.

Hindari perubahan besar dalam asupan garam diet Anda saat dirawat dengan obat ini kecuali dokter Anda menginstruksikan Anda sebaliknya. Jumlah garam dalam diet Anda dapat mempengaruhi jumlah quinidine yang diserap oleh sistem Anda. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk lebih jelasnya.

Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat terbaik. Untuk membantu Anda ingat, konsumsi obat ini pada waktu yang sama setiap harinya.

Bagaimana cara penyimpanan quinidine?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda.Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. 

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis quinidine untuk orang dewasa?

Dosis Dewasa biasa untuk Aritmia

Tablet (sulfat): 100 sampai 600 mg/dosis oral setiap 4 sampai 6 jam; mulai dari 200 mg/dosis dan titrasi untuk efek yang diinginkan (dosis harian maksimum: 3 sampai 4 g).

Pelepasan Perpanjangan: 324-648 mg (glukonat) per oral setiap 8 sampai 12 jam atau 300 sampai 600 mg (sulfat) per oral setiap 8 sampai 12 jam.

Infus: 800 mg quinidine glukonat diencerkan dengan 50 mL dan diberikan pada tingkat tidak melebihi 1 mL/menit.

Dosis Dewasa biasa untuk Malaria
Uji Dosis: 200 mg quinidine sulfat tablet atau quinidine glukonat injeksi IM untuk menentukan kemungkinan reaksi idiosinkratik.

Dosis rejimen 1:
Dosis: 24 mg/kg quinidine glukonat diencerkan dalam 250 mL diinfuskan selama 4 jam.
Dosis pemeliharaan: Mulai dalam 24 jam, 12 mg/kg quinidine glukonat diencerkan dalam 250 mL lebih dari 4 jam setiap 8 jam selama 7 hari atau sampai terapi oral.

Dosis rejimen 2:
Dosis: 10 mg/kg quinidine glukonat diencerkan dalam 250 mL selama 1 sampai 2 jam.
Dosis pemeliharaan: 0,02 mg/kg/menit dari quinidine glukonat hingga 72 jam.

Abaikan dosis quinidine jika pasien menerima lebih dari 40 mg/kg quinine di sebelumnya 48 jam atau meflokuin dalam sebelumnya 12 jam.

Ubah ke quinine oral saat kepadatan parasit kurang dari 1% dan pasien dapat menerima obat oral untuk menyelesaikan pengobatan; total durasi pengobatan (kuinidin/quinine): 3 hari di Afrika atau Amerika Selatan; 7 hari di Asia Tenggara; digunakan dalam kombinasi dengan doxycycline, tetrasiklin, atau klindamisin.

Bagaimana dosis quinidine untuk anak-anak?

Dosis Percobaan: 200 mg quinidine sulfat tablet atau quinidine glukonat injeksi IM untuk menentukan kemungkinan reaksi idiosinkratik.

Dosis rejimen 1:
Dosis: 24 mg/kg quinidine glukonat diencerkan dalam 250 mL diinfuskan selama 4 jam.
Dosis pemeliharaan: Mulai dalam 24 jam, 12 mg/kg quinidine glukonat diencerkan dalam 250 mL lebih dari 4 jam setiap 8 jam selama 7 hari atau sampai terapi oral.

Dosis rejimen 2:
Dosis: 10 mg/kg quinidine glukonat diencerkan dalam 250 mL selama 1 sampai 2 jam.
Dosis pemeliharaan: 0,02 mg/kg/menit dari quinidine glukonat hingga 72 jam.

Abaikan dosis quinidine jika pasien menerima lebih dari 40 mg/kg kina di sebelumnya 48 jam atau meflokuin dalam sebelumnya 12 jam.

Ubah ke quinine oral saat kepadatan parasit kurang dari 1% dan pasien dapat menerima obat oral untuk menyelesaikan kursus pengobatan; total durasi pengobatan (kuinidin/quinine): 3 hari di Afrika atau Amerika Selatan; 7 hari di Asia Tenggara; digunakan dalam kombinasi dengan doxycycline, tetrasiklin, atau klindamisin.

Dalam dosis apakah quinidine tersedia?

Tablet 300 mg

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena quinidine?

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hubungi dokter Anda jika ada memiliki efek samping serius termasuk:

  • muntah dan diare
  • dengung di telinga, gangguan pendengaran, pusing berat
  • perasaan seperti Anda akan pingsan
  • perubahan pada penglihatan, sakit di belakang mata Anda, meningkatnya sensitivitas mata Anda terhadap cahaya
  • bercak putih pada mata Anda
  • kekeruhan pada pupil atau iris mata Anda
  • pola denyut jantung yang baru atau tidak teratur yang memburuk
  • pucat atau kuning pada kulit, urin berwarna gelap, demam, kebingungan atau kelemahan
  • mual, sakit perut, demam, kehilangan nafsu makan, tinja berwarna tanah liat
  • kejang
  • mudah memar, tidak biasa perdarahan (hidung, mulut, vagina, atau dubur), bintik-bintik ungu atau merah di bawah kulit Anda
  • bronkospasme (mengi, sesak dada, kesulitan bernapas).

Efek samping yang lebih ringan dapat termasuk:

  • mulas
  • mual ringan, muntah, atau diare
  • perasaan depresi
  • otot atau nyeri sendi
  • sakit kepala, pusing
  • ruam kulit ringan
  • kulit kering, mengelupas
  • flushing (wajah menghangat, kemerahan, atau kesemutan).

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan quinidine?

Sebelum menggunakan obat tertentu, pertimbangkan risiko dan manfaatnya terlebih dahulu.Ini adalah keputusan yang harus dibuat Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, perhatikan hal berikut:

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda mengalami reaksi tak biasa atau alergi pada obat ini atau obat lain. Beri tahu dokter juga jika Anda memiliki alergi tipe lain seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau alergi hewan. Untuk produk tanpa resep, baca label pada kemasan secara saksama.

Anak-anak

Quinidine belum dipelajari secara luas pada anak-anak Namun, obat ini digunakan pada anak-anak untuk mengatasi irama jantung abnormal dan untuk mengobati malaria. Anak-anak mungkin dapat mengambil dosis yang lebih tinggi daripada orang dewasa dan mungkin memiliki efek samping yang lebih sedikit (seperti muntah, kehilangan nafsu makan, dan diare) daripada orang dewasa.

Lansia

Banyak obat-obatan belum diteliti secara khusus pada orang tua. Oleh karena itu, mungkin tidak diketahui apakah obat ini bekerja dengan cara yang sama seperti pada orang dewasa muda. Meskipun tidak ada informasi spesifik membandingkan penggunaan quinidine pada orang tua dengan digunakan dalam kelompok usia lainnya, obat ini tidak diharapkan untuk menimbulkan efek samping yang berbeda atau masalah pada orang tua daripada yang dilakukannya pada orang dewasa muda. Namun, quinidine mungkin akan tersisa dalam tubuh orang dewasa yang lebih tua lagi daripada yang dilakukannya pada orang dewasa yang lebih muda, yang dapat meningkatkan risiko efek samping dan yang mungkin memerlukan dosis yang lebih rendah.

Apakah quinidine aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  • A= Tidak berisiko,
  • B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  • C=Mungkin berisiko,
  • D=Ada bukti positif dari risiko,
  • X=Kontraindikasi,
  • N=Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan quinidine?

Mengonsumsi obat ini dengan obat-obatan berikut tidak direkomendasikan. Dokter Anda mungkin tak akan meresepkan obat ini kepada Anda atau akan mengganti beberapa obat yang sudah Anda konsumsi.

  • Amifampridine
  • Aurothioglucose
  • Bepridil
  • Cisapride
  • Colchicine
  • Dronedarone
  • Fingolimod
  • Fluconazole
  • Grepafloxacin
  • Itraconazole
  • Ketoconazole
  • Levomethadyl
  • Mesoridazine
  • Mifepristone
  • Nelfinavir
  • Pimozide
  • Piperaquine
  • Posaconazole
  • Ritonavir
  • Saquinavir
  • Sparfloxacin
  • Terfenadine
  • Thioridazine
  • Tipranavir
  • Voriconazole
  • Ziprasidone

Menggunakan obat ini dengan beberapa obat-obatan di bawah ini biasanya tidak direkomendasikan, tapi pada beberapa kasus mungkin dibutuhkan. Jika kedua obat ini diresepkan untuk Anda, dokter biasanya akan mengubah dosisnya atau menentukan seberapa sering Anda harus mengonsumsi obat-obatan tersebut.

  • Acetazolamide
  • Afatinib
  • Ajmaline
  • Alefacept
  • Alfuzosin
  • Amiodarone
  • Amitriptyline
  • Amoxapine
  • Amprenavir
  • Anagrelide
  • Apomorphine
  • Aprindine
  • Arbutamine
  • Aripiprazole
  • Arsenic Trioxide
  • Artemether
  • Asenapine
  • Astemizole
  • Atazanavir
  • Atracurium
  • Azithromycin
  • Bedaquiline
  • Boceprevir
  • Buserelin
  • Carbamazepine
  • Ceritinib
  • Chloral Hydrate
  • Chloroquine
  • Ciprofloxacin
  • Citalopram
  • Clarithromycin
  • Clomipramine
  • Clozapine
  • Cobicistat
  • Crizotinib
  • Cyclobenzaprine
  • DabigatranEtexilate
  • Dabrafenib
  • Darunavir
  • Dasatinib
  • Decamethonium
  • Delamanid
  • Delavirdine
  • Desipramine
  • Deslorelin
  • Digitoxin
  • Digoxin
  • Disopyramide
  • Dofetilide
  • Dolasetron
  • Domperidone
  • Doxepin
  • Doxorubicin
  • Doxorubicin Hydrochloride Liposome
  • Droperidol
  • Eliglustat
  • Enflurane
  • Enzalutamide
  • Erythromycin
  • Escitalopram
  • Eslicarbazepine Acetate
  • Etravirine
  • Everolimus
  • Flecainide
  • Formoterol
  • Fosamprenavir
  • Foscarnet
  • Gatifloxacin
  • Gemifloxacin
  • Gonadorelin
  • Goserelin
  • Granisetron
  • Halofantrine
  • Haloperidol
  • Halothane
  • Histrelin
  • Hydroquinidine
  • Ibutilide
  • Idelalisib
  • Imipramine
  • Infliximab
  • Isoflurane
  • Isradipine
  • Ivabradine
  • Lanreotide
  • Lapatinib
  • Leuprolide
  • Levofloxacin
  • Lidocaine
  • Lidoflazine
  • Lomitapide
  • Lopinavir
  • Lorcainide
  • Lumefantrine
  • Mefloquine
  • Methadone
  • Metronidazole
  • Mexiletine
  • Mitotane
  • Morphine
  • Morphine Sulfate Liposome
  • Moxifloxacin
  • Nafarelin
  • Nalidixic Acid
  • Nilotinib
  • Norfloxacin
  • Nortriptyline
  • Octreotide
  • Ofloxacin
  • Ondansetron
  • Paliperidone
  • Pancuronium
  • Pasireotide
  • Pazopanib
  • Pentamidine
  • Perflutren Lipid Microsphere
  • Pirmenol
  • Pixantrone
  • Pomalidomide
  • Prajmaline
  • Prilocaine
  • Primidone
  • Probucol
  • Procainamide
  • Prochlorperazine
  • Propafenone
  • Protriptyline
  • Quetiapine
  • Quinidine
  • Quinine
  • Ranolazine
  • Romidepsin
  • Salmeterol
  • Sevoflurane
  • Siltuximab
  • Simeprevir
  • Sodium Phosphate
  • Sodium Phosphate, Dibasic
  • Sodium Phosphate, Monobasic
  • Solifenacin
  • Sorafenib
  • Sotalol
  • Spiramycin
  • Succinylcholine
  • Sulfamethoxazole
  • Sunitinib
  • Telaprevir
  • Telavancin
  • Telithromycin
  • Tetrabenazine
  • Tizanidine
  • Tocophersolan
  • Topotecan
  • Toremifene
  • Trabectedin
  • Trazodone
  • Trifluoperazine
  • Trimethoprim
  • Trimipramine
  • Triptorelin
  • Tubocurarine
  • Ulipristal
  • Vandetanib
  • Vardenafil
  • Vasopressin
  • Vecuronium
  • Vemurafenib
  • Vilanterol
  • Vincristine
  • Vincristine Sulfate Liposome
  • Vinflunine
  • Vortioxetine
  • Zolmitriptan

Mengonsumsi obat ini dengan obat di bawah ini dapat meningkatkan risiko efek sampingnya, namun pada beberapa kasus, kombinasi dua obat ini mungkin merupakan pengobatan terbaik. Jika kedua obat ini diresepkan untuk Anda, dokter biasanya akan mengubah dosisnya atau menentukan seberapa sering Anda harus mengonsumsi obat-obatan tersebut.

  • Abarelix
  • Amiloride
  • Atenolol
  • Cimetidine
  • Dalfopristin
  • Dextromethorphan
  • Dicumarol
  • Fosphenytoin
  • Galantamine
  • Magaldrate
  • Magnesium Carbonate
  • Magnesium Hydroxide
  • Magnesium Oxide
  • Magnesium Trisilicate
  • Nifedipine
  • Nisoldipine
  • Paroxetine
  • Phenobarbital
  • Phenytoin
  • Propranolol
  • Quinupristin
  • Rifapentine
  • Timolol
  • Tolterodine
  • Tramadol
  • Verapamil

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan quinidine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi.. Menggunakan alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi obat terjadi. Interaksi berikut ini dipilih atas dasar signifikansi potensi obat dan bukan berarti semua-inklusif.

Menggunakan obat ini dengan salah satu dari berikut dapat menyebabkan peningkatan risiko efek samping tertentu, tetapi mungkin tidak dapat dihindari dalam beberapa kasus. Jika digunakan bersama-sama, dokter Anda dapat mengubah dosis atau seberapa sering Anda menggunakan obat ini, atau memberikan instruksi khusus tentang penggunaan makanan, alkohol, atau tembakau. Hindari jus grapefruit saat Anda mengonsumsi obat ini.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan quinidine?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • gangguan elektrolit – Quinidine dapat memperburuk masalah irama jantung
  • penyakit jantung
  • myasthenia gravis – Quinidine mungkin membuat kondisi lebih buruk
  • penyakit ginjal
  • penyakit liver – efek samping mungkin dapat meningkat karena penlenyapan obat quinidine di tubuh mnjadi lebih lambat

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

 

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan